39Days (Persaudaraan tanpa batasan) #4


“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah (biji atom), niscaya dia akan menerima (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah (biji atom) pun, niscaya dia akan menerima (balasan)nya.” (QS. Al-Zalzalah [99

Pahala dan dosa itu yang sering kita dengar dalam majlis taklim yang disampaikan para kyai, balasan pada amal yang kita kerjakan didunia akan berbalas nantinya, meski sering kali kita bilang kalau mau menyumbang harus ikhlas jangan pamrih, tapi tetap saja kita berharap akan pahala. Saya sendiri percaya bahwa apa yang kita lakukan baik dalam kebaikan atau keburukan akan ada balasan di dunia dan akhirat seperti hukum causa prima (sebab akibat).

Dari bumi majapahit perjalanan saya teruskan menyusuri mojosari menuju kota bangil hingga ke kota probolinggo sebagai titik rest point berikutnya. Kota probolinggo ternyata cukup ramai dari beberapa hotel yang saya datangi disini hampir semua penuh terisi, akhirnya saya menelusuri lagi ke arah besuki dan baru mendapatkan penginapan alakadarnya pinggir jalan.

Menelusuri Jalan Daendels akan banyak melihat panorama pantai yang indah dan ini bisa melenakan, namun waktu teruslah berputar sudah beberapa hari melintasi kota dan propinsi namun tujuan lombok masihlah jauh dimata. Pasir putih situbondo memang menggoda mata, namun hutan taman nasional balura sudah akan nampak didepan mata, cerita seram tentang hutan ini sering saya dengar terutama tentang begal. Seram tapi penasaran dan akhirnya sampai juga saya di Taman Nasional Baluran, cukup sampai di gerbangnya saja dan berpose.

Meninggalkan Taman Nasional  baluran beberapa kilometer lagi akan masuk kota pelabuhan Ketapang Banyuwangi, separo perjalanan telah terlewati dan harapan serta tujuan semakin jelas nampak untuk direngkuh.

Namun percayalah, bahwa Allah maha pembalik hati, yang tadinya rasa bahagia hanya beberapa saja menjadi sebuah kekecewaan. Mendekati lokasi penimbangan mobil, nampaklah disana bapak bapak aparat kepolisian dan jajaran dllaj sedang melakukan razia gabungan, saya dengan percaya diri berhenti ketika di stop dan disuruh menunjukan surat kendaraan. Buka tas, bolak balik dalam tas ternyata STNK tidak terlihat dimana mana, keringat dingin mulai mengalir dan mungkin ini pertanda kalau perjalanan hanya akan berakhir disini 😦

Bingung STNK tidak bisa ditunjukan, dan Bapak Polisi pun menyarankan segera meminggirkan kendaraan untuk diperiksa lebih lanjut, namun saat itu juga Allah menunjukan pula kuasaNya, seorang Bapak DLLAJ menghampiri dan mengambil alih memeriksa saya, dan dialog pun terjadi :

“Mau kemana mas ?  “Mau touring ke lombok pak, tapi saya lupa STNK tidak terbawa padahal saya sudah melintasi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur”.  Lalu saya baru teringat sesaat sebelum saya melakukan perjalanan ini, saya memang ada tugas ke Jakarta motor serta STNK dipinjam.

Akhirnya dengan kebijaksanaan Bapak DLLAJ memberikan saran, saya menghubungi ke Kantor di cepu dan meminta STNK dikirimkan ke surabaya lewat biro Travel dan motor diparkirkan di hotel dekat pelabuhan Ketapang,  saya langsung memesan tiket penerbangan Denpasar – Surabaya dan mendapatkan jadual penerbangan jam 18.15 WITA.

Setelah menyebrang naik Kapal menuju Gilimanuk, perjalanan menggunakan Bus jurusan Denpasar dari obrolan dengan sopir diperkirakan sampai Denpasar jam 17.00 WITA. Rasa lega tidak akan ketinggalan pesawat, dan saya pun duduk manis dipinggir jendela melihat panorama hutan yang dilintasi minibus.

Dan Allah kembali menunjukan KuasaNya, belum lama saya merasakan tenang, namun tiba tiba menjadi gundah gulana karena nampak disana jalanan terlihat macet tidak bergerak, 30 menit berlalu minibus tidak bergerak sama sekali, 45 menit berlalu yang artinya kalaupun bus bergerak sekarang saya tetap akan terlambat mengejar pesawat. Sejampun berlalu namun bus semeterpun tidak bergerak.

Disaat bingung dan sedih, bapak disebelah ku menanyakan kenapa saya gelisah ? saya pun bercerita, kalau harus naik penerbangan jam 18.15 ke surabaya untuk ambil STNK di biro Travel yang tutup jam 21.00. Bapak itu juga bercerita dia naik pesawat  jam 20.00 tujuan Jakarta, dan dia merasa akan terlambat juga tidak bisa mengejar waktu, karena informasi yang ada, didepan terjadi kecelakaan lalu lintas, jalanan tertutup, hanya sepeda motor yang bisa lewat itupun bergantian.

brotherhood

Allahu Akbar, Allah Maha Kuasa,  Allah Maha baik, apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, apa yang mustahil bagi kita, bagi Allah cukup Kun Fa Yakun,  beberapa menit setelah bapak tersebut telephone ada pengendara motor yang datang dan berhenti, kemudian saya dipersilahkan untuk naik motor untuk diantarkan ke bandara.

Benar ternyata, setelah 30 menit menyusuri kemacetan akhirnya saya menemukan sumber dari kemacetan, sebuah truk tronton bermuatan besi patah as dan menutup jalur dua arah, sepeda motorpun harus lewat  pinggiran jalan raya yang berparit, dengan perjuangan akhirnya saya bisa melewati sumber kemacetan, dan terima kasih Ya Allah kamu menunjuka kebesaranMu dengan mengirimkan orang orang baik di sekitarku.

BROTHERHOOD Sebuah kata yang penuh arti bagi kalangan biker Indonesia. Hampir seluruh lapisan klub atau komunitas motor di Indonesia memahami arti dari Brotherhood yg seluas-luasnya. Bagaimana seharusnya kita dapat bersikap dan memperlakukan setiap orang  sama seperti saudara tanpa membedakan status, suku dan agama apalagi club.

Saling tolong saat yang lain sedang dalam keadaan emergensi, bahkan bisa saja melakukan hal kemanusiaan yang tidak cuma dilakukan di jalan. Karena manusia itu makhluk sosial yang memang pada dasarnya butuh satu dan yang lainnya. Dan begitupun juga di jalan raya. Bukan hanya roda dua, empat dan atau lebih, tapi mereka yang berjalan kaki adalah juga pengguna jalan yang punya hak yang sama dalam melintas.

Last, apakah makna brotherhood untukmu????? Salam…..

 

Iklan

One thought on “39Days (Persaudaraan tanpa batasan) #4

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s