Opor Ayam Kapuan selicin minyak cepu


Jalan jalan tanpa makan pastinya ga bakal kuat jalan, salah kegiatan saat jalan jalan yang biasanya paling digemari tentunya adalah berburu makanan khas yang murah dan enak, tidak lengkap rasanya kalau  ke kota Blora Jawa Tengah tidak mencicipi makanan khas Blora, Bisa jadi makanan ini di beberapa wilayah sama, tetapi dengan menyebutkan nama daerah pada jenis menu itu, hanya saja ada variasi yang berbeda, paling tidak pada sayur atau kelengkapan lainnya. 

kuda jingkrak
Kuda Jingkrak, konon patung kuda ini melambangkan kuda jingkrak panembahan aryo penangsang adipati Jipang Panolan 

Salah satunya adalah  ‘Lontong Tahu Blora’. Kata yang disebut terakhir ini untuk menunjukkan, seolah, lontong tahu tersebut berasal dari Blora. Komposisi utama seporsi lontong tahu yakni lontong nasi ditambah potongan tahu goreng yang lembut dan telur dadar. Sebagai toping, diatasnya ditambah dengan irisan kol mentah, tauge, kacang tanah goring ditaburi cacahan daun seledri dan bawang goreng kemudian di siram dengan bumbu kacang yang telah ditumbuk halus dicampur dengan air kecap manis dan bumbu lainnya seperti jeruk nipis, kencur, garam, bawang putih dan juga cabe yang diulek halus.

bu sabar
Bu Sabar sedang meracik lontong tahu khas blora
Lontong tahu Blora memiliki cita rasa yang berbeda dengan daerah lain, hal ini karena kecap yang dipakai merupakan asli produk home industry. Sebagian besar penjual kuliner ini tidak mau beralih pada kecap produk pabrik yang memiliki merk terkenal. Selain itu makanan ini dijamin kemurnian bahan-bahan yang digunakan dan bebas dari bahan pengawet. Sebagai pelengkap hidangan, disediakan tempe goreng dan krupuk ikan agar sewaktu menyantapnya terasa gurih di lidah.
Lontong Tahu Blora1
Makanan ini memang tidak jauh beda dengan kethoprak dari Jakarta maupun kupat tahu dari daerah lain. Bedanya pada kuliner ini banyak menggunakan kacang tanah yang digoreng. Hal ini menjadikan sambal tidak terlalu pedas dan lebih sedap. Perbedaan lain, lontong di Blora masih dibungkus dengan daun pisang yang alami yang menambah cita rasa tersendiri. Makanan ini juga banyak dijumpai di pinggir jalan maupun pusat jajanan di Blora sehingga jika berkunjung ke Blora, kuliner ini patut untuk dicoba.
opor kapuan 1
Selain  Lontong kupat tahu, ada makanan yang cukup laris manis di wilayah Cepu Blora, saking larisnya kita harus memesan saat baru sarapn pagi untuk makan siang, atau sehari sebelumnya sudah harus memesan, kenapa ? coba bayangkan saja ya, warung ini baru buka jam 10.000 dan saat kita datang (tanpa memesan) jam 11.00 pasti tidak akan kebagian meski cuma sepotong.
Waw pastinya enak yahhh ?    Opor Ayam Kampung Kapuan” tempatnya  di desa Ngloran, Kapuan Cepu – Blora Jawa tengah. Mungkin opor ayam sudah biasa kita makan, tapi opor ayam kapuan punya ciri khas tersendiri dengan rasa pas bumbunya pedes ditambah cabe ijo utuh dan bawang gorengnya. Untuk makan disini harus telpon dulu sehari sebelumnya kalo pengen dapat makan si opor, karena bakalan tidak kebagian itu opor, harga opornya juga tidak menguras isi dompet meskipun yang makan disini kebanyak adalah orang orang pengeboran minyak. 

Lalu apa yang membuat opor ini sangat laris, kalau menurut saya adalah proses dalam memasak opornya ini masih tradisional dengan memakai kayu bakar sehingga kualitas rasa dari bumbu bumbunya benar benar menyerap di setiap opor yang ada, dan hati hati warna kuahnya yang berminyak merah itu membuat licin di mulut, nah mau coba opor licin selicin minyak cepu ?
Iklan

One thought on “Opor Ayam Kapuan selicin minyak cepu”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s