Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016


Wayang bagi masyakat kita indonesia bukan cuma sebuah kesenian tapi  sudah menjadi Budaya, dan masing masing daerah mempunyai ciri dan bentuk wayang yang berbeda. Wayang bisa dikatakan suatu seni berupa drama asli indonesia. Seni pertunjukan ini meliputi, seni suara, seni musik, seni sastra, seni rupa, seni tutur, dll. Di  wilayah Tanah pasundan wayang yang sangat populer terbuat dari boneka kayu, dengan penyebaran mulai dari  dari Cirebon di sebelah timur sampai wilayah banten  di sebelah barat. Ada beberapa pihak mengungkapkan, bahwa pertunjukan wayang bukan sekedar kesenian,  karena mengandung lambang-lambang keramat.

Indonesia sendiri mengenal tiga jenis wayang, yaitu: wayang kulit, wayang golek dan wayang wong (wayang yang diperankan manusia). Wayang golek sangat berbeda dengan wayang kulit, bahan pembuatannya adalah kayu yang diukir sehingga membentuk benda tiga dimensi. Akan tetapi, tokoh-tokoh yang diambil tetap berasal dari cerita Ramayana dan Mahabrata.

Semarak-Wayang-Pesona-Indonesia

Di era modern perkembangan wayang  juga semakin mengikuti perkembangan Jaman, bukan hanya mengambil cerita cerita Ramayana atau Mahabarata tetapi juga bisa dengan lakon dalam kehidupan sehari hari.

Kementerian Pariwisata pun punya pendekatan baru untuk menghebohkan wayang. Sebuah pertunjukan wayang siap  dikemas dengan konsep modern. Bahasanya gampang dicerna dengan level intelektual terendah sekalipun. Apresiasi kekayaan budaya Nusantara tersebut dengan menyaksikan beragam jenis wayang sekaligus pentasnya pada acara Semarak Wayang Pesona Indonesia. Acara langka tersebut akan diselenggarakan pada 26 Maret 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Pertunjukan-wayang

Wayang Ajen yang dikomandoi oleh dalang Wawan Gunawan, dalam pentasnya merepresentasikan bentuk pergelaran eksperimen kreatif wayang golek Sunda yang digarap secara akademis, dengan memanfaatkan kolaborasi dengan berbagai media seni yang saling Ngajenan atau menghargai dan saling melengkapi. Wayang Ajen bisa dibilang merupakan pertunjukan wayang golek gaya baru yang menitik beratkan pada pilihan cerita berdasarkan sebuah naskah lakon tertulis.

Jangan lewatkan pertunjukan wayang spektakuler, Wayang Ajen yang didalangi oleh Ki Dalang Wawan Ajen (pukul 20.30-22.30), Wayang Kulit Indramayu yang didalangi oleh Ki Dalang H Anom Rusdi (pukul 22.30-00.30) dan Wayang Kulit Tuton yang didalangi oleh Ki Dalang Bambang Asmoro (pukul 00.30-02.30).




page view counter

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s