Prestasi putra bangsa Wawan Tembong


 Ketika di dalam negeri ramai orang bergunjing tentang ditangkapnya anggota Dewan yang selalu teriak tentang korupsi malah tertangkap tangan (diduga) terima suap, Wakil Rakyat yang semestinya  di dalam negeri menjaga martabat malah menggerogoti derajat bangsa, namun di tingkat Asia seorang putra Bangsa mengukir prestasi gemilang. Keberhasilan Wawan Tembong menjuarai Motor Show Motor Stunt Grand Prix 2016 yang diadakan bersamaan dengan Bangkok Motor Show pekan lalu di Thailand, mengharumkan nama Indonesia. Freestyler kawakan Indonesia itu pun turut menaikkan pamor Yamaha YZF-R3 di negara Gajah Putih itu.

 Wawan menggunakan YZF-R3, motor sport produksi Yamaha Indonesia yang merupakan global model dan diekspor ke berbagai negara termasuk Thailand. Dia memenangi kelas Rolling Stoppie (Open) dan Big Bike Pro Stunt (250 cc – 600 cc). Kemenangannya itu membuat penasaran freestyler peserta kompetisi itu dan juga para penonton. Pria asal Salatiga, Jawa Tengah, itu menyempatkan memberikan coaching clinic karena banyak yang bertanya mengenai motor Yamaha.

 ”Mereka ingin tahu banyak jadi saya sempat memberikan coaching clinic. Ketertarikan mereka awalnya karena saya orang Indonesia dan pakai motor buatan Indonesia. Tanya-tanya konsultasi R3 saya set up seperti apa, kelebihan motor itu apa, juga motor sport Yamaha Indonesia lainnya yang 150 cc dan 250 cc bagaimana. Mereka mau undang saya lagi untuk memberikan coaching clinic,” cerita Wawan. ”Dengan engine standar, tidak merubah konstruksi dari pabrikan dan hanya mengganti penunjang sparepart, mereka jadi penasaran dengan R3 yang saya gunakan. Saya pun sebenarnya cukup “shock” karena sebelumnya lebih terbiasa dengan motor 250 cc tapi ternyata R3 motornya enak, tenaga besar dan tidak perlu setting rpm tinggi, akselerasi responsif,” beber pria kelahiran 1 Juli 1989 itu.

 Cukup 3 jam buat Wawan dan timnya untuk set up R3 dan hanya latihan sedikit di lokasi kejuaraan di Bangkok karena waktu yang mepet sebelum kompetisi berlangsung. Skill luar biasanya sangat membantu kemenangan Wawan kendati menggunakan motor standar, ketimbang peserta lainnya yang lebih banyak memodifikasi motornya. Dengan partisipasinya di Bangkok itu, Wawan mendapatkan pengalaman berharga karena baru pertama kali ikut kompetisi taraf internasional di area indoor.

 Ekspor YZF-R3 ke Thailand

Yamaha Indonesia sendiri sudah mengekspor YZF-R3 ke Thailand sejak satu setengah tahun terakhir. Sudah lebih dari 5 ribu unit YZF-R3 yang diekspor ke sana sejak pertama kali dieskpor ke sana sejak November 2014 hingga April 2016. Jadi rata-rata ada lebih dari 300 unit motor itu yang diekspor ke Thailand per bulannya.

 ”Selamat untuk Wawan Tembong, terimakasih kami ucapkan kepadanya untuk kontribusi luar biasa ini bagi Yamaha. Dengan kemenangannya itu dan antusias besar masyarakat di sana bahkan freestyler Thailand juga ingin konsultasi lebih jauh, merupakan efek positif bagi Wawan Tembong dan juga mendongkrak imej R3. Motor itu sekarang dikenal sebagai motor sang juara di Thailand,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Siapa Wawan Tembong ?

Namanya sangat Jawa, Wawan Jarwanto alias Wawan Tembong, freestyler asal Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Wawan adalah jawara freestyle asli Indonesia dengan status Best of the Best Freestyle.

Awalnya Wawan berkecimpung di dunia balap roadrace dan grasstrack. Sayang, olahraga kebut mengebut ini terlampau mahal untuk terus ditekuni. Belakangan, aksi para penari di atas roda dua menggodanya.

Tekun berlatih, menjaga pola hidup sehat dan memperhatikan keamanan diri, Wawan dikenal sebagai freestyler andalan Tanah Air yang mahir memainkan semua jenis motor. Mulai dari matic, bebek hingga motorsport. Gemulai Wawan beraksi memainkan atraksi khas para freestyler seperti wheelie dan stoppie makin terasah. Wheelie adalah manuver mengangkat roda depan sementara stoppie mengangkat roda belakang. Dari kedua gaya tersebut lahir beragam gaya ekstrem. Berputar, lepas tangan, atau stoppie dengan duduk di atas tangki bensin, dan lainnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s