AWAS !!Hati hati garis kuning bergerigi di jalan


Hai petarung jalanan, Jakarta macet itu sudah hal biasa kita alami dan menjadi sarapan pagi setiap mau berangkat aktivitas. Kesemrawutan di jalan raya hingga menumpuknya kendaraan di perempatan traffic light karena saling serobot dan slonong boy kenapa bukan slonong girl ya  menjadi prilaku biasa yang tidak patut dicontoh.

Nah untuk mengatasi menumpuknya kendaraan di lampu merah sebetulnya sudah ada markanya, yang kita kenal dengan Yellow Box Junction (YBJ). YBJ adalah marka jalan yang bertujuan mencegah kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. Dengan YBJ, diharapkan kepadatan di persimpangan tidak terkunci.

yellow-box-junction-01_20160118_182831

Yellow Box Junction

Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan di tilang, ini sama saja melanggar marka jalan.

Efektifkah YBJ ini ? Kesadaran dari diri kitalah pemakai jalan raya yang bisa menjawab, karena sesungguhnya penting sekali memerhatikan perilaku kita dalam berkendara di jalan raya. Kepatuhan pada tata tertib lalu lintas, harus jadikan sebagai kesadaran hukum dan bukan keterpaksaan.

035245100_1461401658-garis_1

Marka garis kuning bergerigi

Setelah Yellow Box Jucntion, sebagai pengendara juga harus mengetahui marka lainnya yang ada di jalan raya, salah satunya  sekarang pengendara juga harus hati hati dengan garis kuning bergerigi.

Jangan dikira garis kuning bergerigi itu menunjukan sebagai lokasi parkir kendaraan anda, karena malah kendaraan anda akan langsung ditilang, karena ini merupakan Asterik Embargo parkir berbentuk garis.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 34 Tahun 2014 mengenai Marka Jalan, disebutkan bahwa Embargo parkir atau berhenti di jalan sebagaimana dimaksud di Pasal 39 huruf b, dinyatakan dengan garis berbiku-biku (bergerigi) berwarna kuning. Pengendara dilarang parkir ataupun berhenti di atas garis markah berbiku-biku ini.

Dengan Perkataan lain, garis bergerigi berwarna kuning Itu berarti dilarang parkir. Beberapa kota besar sudah Berawal Dari menerapkan markah bergerigi seperti gergaji.

jadi berhati hatilah dan yakini bahwa perilaku kita memiliki korelasi pada karakter kita. Bagaimana perilaku kita di jalan raya dapat membawa pengaruh pada orang lain. Utamakan keselamatan diri dan orang lain. Jadilah pelopor ketertiban di jalan raya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s