Semua Tentang Pantai Sawarna


” Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan” — Anies Baswedan

Jumat sore, tiba tiba ada notif messenger di medsos facebook, namun karena handphoneku sangat jadul, tidak bisa lihat langsung isi message yang dikirim oleh seorang teman  yang saya kenal di sebuah event touring Jakarta – Padang dalam Road Warrior 2014. Seorang teman yang akhirnya kita menjadi akrab meskipun event sudah berakhir, seperti tagline Road Warriors “Brothers to the end” namun saya menebak apa isi messagenya, pasti memberikan kabar seorang sahabat baru pulang dari Negeri Paman Sam, iyah Uni Sari yang seorang guru dan saya kenal dari kota Padang beberapa bulan ini mendapatkan kesempatan berkunjung ke Amerika.

Screen_Shot_2014-11-28_at_5.05_.14_PM_ (2)
Kenangan team Road Warrior Jakarta – Padang 2014

Tebakanku ga salah, setelah saya kirimkan pesan di wall facebooknya untuk mengirimkan whatsapp, akhirnya temanku mengajak untuk touring ke Pantai Sawarna Banten menemani uni sari yang ternyata kangen dengan keindahan laut Indonesia. Pucuk dicita ulampun tiba, saya yang memang berencana juga survey ke Pantai Sawarna tanpa berpikir dua kali langsung iyakan saja ajakannya.

10983432_760474854033712_3682678249332131322_n
Melenggang keluar dari Bandara Soekarno Hatta, pas bener yah lagi sepi jarang dapat moment begini ….

Dari diskusi pendidikan hingga……..

Minggu malam akhirnya kita sepakat ketemu di sekitar Lotte Avenue Kuningan jam 24.00. Sambil menunggu Uni sari dan bro Fauzi  saya tidak lupa makan malam Ayam Taliwang khas Lombok yang lokasinya ada di seberang Lotte Avenue, lumayan bagi yang kangen masakan khas Lombok tidak perlu terbang jauh, cukup lah mampir ke bilangan Kuningan, disitu jelas tertulis ” Ayam taliwang Khas Lombok”.meski sebetulnya bukan satu satunya di Jakarta karena masih ada beberapa lokasi yang menjual Ayam taliwang seperti sekitaran Tebet dan Kelapa gading.

Detik berlalu akhirnya, Uni Sari dan Bro Fauzi datang juga ketika saya masih asyk bermain main dengan kata  membuat catatan perjalanan ke Pantai sawarna ini, iyah makssudnya sih Pre – Touringnya akan dibuat sebuah cerita dulu tapi rupanya dua sejoli ini  sudah keburu mereka datang. Tak apalah, karena akhirnya cerita hangat tentang Negeri Paman sam pun mengalir, begitu juga tentang perbedaan dunia pendidikan di Indonesia dan Amerika yang sangat jauh berbeda. yang kita maklumin meski tidak harus dijadikan alasan, kita merdeka baru 71 tahun.

Pendidikan harus dipandang sebagai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan untuk mencapai banyak tujuan mulai dari memutus rantai kemiskinan sampai urusan bangsa dan negara mau dibawa ke mana masa depannya. Semua tergantung kualitas SDM. Kunci masa depan sebuah negara bukan lagi berdasar kekayaan alam namun pada kualitas warga negaranya.

Pengennya sih diskusi sama Uni sari ini saya tulis di catatan ini tapi bisa panjang dan lebar yang akhirnya cerita perjalanan ke Pantai Sawarnanya ilang bak ditelan bumi 😦 Nih foto foto nya Uni Sari yang saya comot dari Medsosnya, ah rasanya bangga juga punya teman bisa mewujudkan mimpinya bisa ke negeri Amerika, …. Ayo semua pasti bisa

10398660_761763797238151_3388334509897540738_n
Nah klo yang ini bukan di Amerika tapi Indonesia, keliatan hijau kan ?

Segala hal untuk perjalanan ke Pantai Sawarna

Sawarna, yang pertama dibenakku adalah lokasinya dimana ? Karena ada beberapa orang yang bilang di daerah Banten, bilangnya kok Banten sih kan itu deket dengan Pelabuhan Ratu. Ya akhirnya nanya mbah google dan banyak sudah yang posting tentang Pantai sawarna dan yang pasti lokasinya di pantai selatan, tepatnya di daerah Bayah, bisa dilalui lewat Pelabuhan Ratu Sukabumi, masih beberapa  jam ke arah barat, menuju provinsi Banten.

Untuk asal usul Pantai Sawarna, konon  diambil dari nama kepala desa pertama di tempat itu. Kepala desa itu bernama Swarna dan merupakan tokoh kampung yang hidup di tahun 1900an. Menurut ceritanya , sebagai salah satu alasan desa berpantai indah itu dinamakan Sawarna untuk menandakan bahwa penduduk di lokasi itu satu warna yakni masyarakat Sunda. Lantas mengapa Swarna menjadi Sawarna? Karena satu warna dalam bahasa Sunda adalah Sawarna.

Maps sawarna
Maps Pantai Sawarna dengan beberapa destinasi yang menarik

Di Sawarna sendiri ada sembilan titik lokasi wisata yang dapat dikunjungi, lokasi itu : Karang Taraje, Legon Pari, Karang Bereum, Tanjung Layar, Pasir Putih, Goa Lalay, Goa Langir, Karang Bokor, dan Pulo Manuk.

Sebelum lebih jauh tentang Pantai Sawarna, terlebih dulu saya akan membuat catatan awal untuk perjalanan ini. Sebagai Petouring, kendaraan roda dua menjadi andalan saya untuk explore pantai Sawarna, disamping akan lebih praktis dan tentunya lebih bisa mobile kemana mana, jika pada akhirnya banyak lokasi yang harus dikunjungi.

Perjalanan dari Jakarta 

Yang Efektif menurut saya memang memakai kendaraan motor roda dua, namun dengan memakai sepeda motor tentunya bukan cuma mempersiapkan fisik saja namun kondisi motor juga fit, mengingat perjalanan yang memakan waktu ber jam jam dan juga akses jalan yang berliku liku hingga naik dan turun lintasan, terlebih lagi perlengkapan safety ridding juga harus digunakan. Lalu apa saja yang mesti disiapkan ?

sawarna peta
Jalur yang dilalui dari Jakarta – Bogor – Sukabumi – Pantai sawarna

Beberapa yang perlu disiapkan

  • Bahan bakar tentunya, jarak Jakarta – Panta Sawarna sekitar 200 km dengan melalui Kota Sukabumi saya menghabiskan dana sekitar 70ribu dengan menggunakan Pertamax
  • Helm, udah hal wajib yang musti dibawa
  • Jaket Motor, sebaiknya jaket terbuat dari bahan waterproof (tahan air) dan windproof (tahan angin) karena kondisi bisa saja hujan dan angin cukup membuat dingin
  • Rompi Motor,  sebenernnya sama dengan memakai  jaket tapi bedanya rompi hanya sebagai alas dada penahan angin.
  • Sarung tangan, Gunakanlah sarung tangan agar tangan terlindung dari terik matahari atau udara dingin.
  • Jas Hujan
  • Balaclava (masker)
  • Decker (pelindung Lutut)
  • Sepatu Touring para ikhwan/laki-laki wajib beli sepatu ini, karena sepatu toring lambang petouring sejati

Akses ke dan di Pantai Sawarna

Sebelumnya saya sudah baca baca segala hal yang membahas Pantai Sawarna dari yang cerita akss jalan yang sangat jelek, bahkan harus adu sama truk truk yang bermuatan batu hitam hingga harus melewati jembatan goyang menuju lokasi. Bisa jadi informasi itu benar sebelum saya menuju ke sini, karena pada apa yang saya lihat dan saya alami jauh dari gambaran cerita cerita tersebut.

jembatan2
Jembatan yang hanya bisa dilalui sepeda motor

Bagi saya kondisi Pantai Sawarna sangat berbeda dengan pantai pantai umumnya yang sudah pernah saya datangi, dari sepanjang yang saya lalui banyak hal yang saya rasakan berbeda, saat saya melintasi jalur sepanjang pantai dari Pelabuhan Ratu, ada perasaan bahwa saya saat itu berada di Lombok, sepanjang jalur Pantai Senggigi. Jalanan yang berkelok naik turun dengan pemandangan pantai seakan kita berada di replikanya Pantai senggigi yang sama sama indah.

7-pantai-sawarna
Pantai dengan hamparan pasir putih – Pantai Sawarna
FHD0499
Panorama indah sepanjang jalur yang dilintasi – Puncak Habibie

Namun, untuk bisa menikmati Pantai dan wisata lainnya di sekitar Pantai Sawarna ini, harus seksama dalam mencari info, apalagi info info yang sudah lama dan tidak memberikan gambaran secara rinci, karena ekspektasi kita bisa dengan mudah mendatangi 9 (sembilan) lokasi wisata tersebut namun ternyata  tidak mudah karena jarak antar lokasi yang berjauhan sehingga membutuhkan trasnportasi yang memadai, namun disini akses itu belum mudah didapatkan kecuali kita menggunakan jasa ojek yang cukup mahal.

Jadi, sangat disarankan sih sebaiknya memang kalau kesini lebih menggunakan kendaraan motor kenapa ? karena begitu kita masuk melewat jembatan yang ternyata sudah pakai besi, hanya sepeda motor yang bisa lewat, untuk mobil roda empat parkir di Homestay yang letaknya lumayan jauh dari lokasi lokasi wisata.

IMG_9402
Pantai Tanjung Layar

 

Akomodasi

Sesuai prinsip dasar The Jouney not destination, yang penting adalah jouney buat saya sangat cocok disini, tidak perlu memikirkan penginapan karena dilokasi sudah ada saung saung yang bisa digunakan untuk istirahat, tinggal kita makan di warung saungnya bisa kita pakai sebosannya, mau nginap disaung juga boleh tidak ada yang ngelarang, mandinya ? sudah ada kamar mandi dan toilet yang cukup bersih dan airnya juga tawar, jadi semua sudah tersedia, listrikpun bebas dipakai buat ngecharge hape atau buka buka laptop (liburan apa kerja bawa laptop).

Tapi kalau membutukan kenyamanan disini tersedia banyak homestay yang murah dan dekat dengan Pantai

 

kalau yang mau saung seperti ini

IMG_9432
Pesan makan dengan menu seafood ikan goreng dan sambal sedap
FHD0595 (2)
Saungnya nyaman buat istirahat meski terbuka – listrikpun tersedia

Nah apa lagi yang membuat berpikir ulang untuk datang ke Pantai sawarna ? Ombak memang disini sangat besar, namun besarnya ombak merupakan keindahan tersendiri, selagi kita masih bisa hati hati dan waspada tidak bermain arus, tentu kita akan selamat dan menikmati keindahan dan deburan ombak.

Jika tiba tiba kena ombak besar saat di Pantai bagaimana ?

“Jangan takut dengan ombak besar, jangan dilawan, ikutin aja..dan pasti kamu bakal ada di tepi pantai disana! You have to believe with yourself!”.

Seperti sebuah tantangan dalam hidup, hanya satu hal yang bisa  kita lakukan dalam hal ini

“mengalirlah..ikuti ombak ataupun serangan lawan saat menerpa dan Taklukanlah setelahnya with your own power, spirit and your heart”.

 

 

 

 

 

Iklan

2 thoughts on “Semua Tentang Pantai Sawarna”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s