Pesona pesisir barat Sumatera Barat #2


Sejauh apapun kaki ini melangkah, jika memang sudah waktunya pastinya akan kembali dan kembali lagi disini, meskipun kita mengira bahwa perjalanan telah selesai pada sesungguhnya perjalanan ini tetap tak pernah berakhir, akan selalu ada awal baru yang akan kita mulai, seperti juga perjalanku kali ini, kembali aku disini dikotamu nan gadang.

Apa yang terlintas dibenak ketika disebutkan Sumatera Barat ? Padang, Minangkabau, Buttinggi, Malin Kundang, rendang dan tentu akan bermacam macam jawabannya, namun kota Padang, akan lebih dominan sebagai Ibukota Propinsi Sumatera Barat, selanjutnya adalah Minangkabau yang merujuk pada etnik kultural. Adapula yang menyebutkan Malin Kundang !! Semua pasti pernah mendengar dongeng, tentang durhakanya seorang anak manusia yang karena sudah mempunyai harta berlimpah tidak mau mengenal Ibunya yang miskin, dan akhir cerita si anak durhaka dikutuk menjadi patung.

Dan bicara Padang kita tak akan lepas pula dengan segala masakannya yang rancak bana, bukan hanya kulinernya tapi alamnya pun mampu membuat kita tersihir pada keelokannya. Setelah menempuh perjalanan  yang sangat panjang untuk sampai di kota Padang, rasa letih dan lelah akan terbayarkan dengan panorama indah yang menyambut begitu memasuki perbatasan Sumatera Barat. Rasanya terlalu banyak potensi wisata alam yang ada di Sumatera Barat ini, Kali ini saya akan mencoba berbagi destinasi yang bisa kita jelajahi saat kita berada di pesisir barat padang.

pamutusan

Hamparan laut biru dan gugusan pulau pesisir barat

Melintasi pesisir barat Padang kita akan disuguhi pantai dan deburan ombak Samudera Hindia dan pemandangan bukit bukit yang melengkapi keindahan wilayah pesisir, yang bisa dicapai dari kota Padang kurang lebih 30 – 60 menit dengan kendaraan pribadi. Setelah melewati Pelabuhan Teluk Bayur yang penuh kenangan, kita akan memasuki Teluk Bungus. Sepanjang perjalanan melewati teluk bungus akan dijumpai cotage yang menawarkan paket paket wisata pulau yang memukau dengan harga yang terjangkau. Iya, jika tidak mau ribet dan punya waktu yang terbatas untuk bisa menjelajah, mengambil paket oneday tour bisa menjadi pilhan, namun jika anda adalah seorang yang suka akan kejutan kejutan dari lokasi yang anda kunjungi ada alternatif lain bisa anda lakukan nantinya.

Umumnya paket oneday tour yang ditawarkan disepajang teluk bungus adalah mengunjungi 3 Pulau dalam sehari, jika beruntung sebetulnya akan ditambahin 1 Pulau oleh pemandunya, tapi ga usah khawatir pulau yang dikunjungi ini sudah cukup mewakili dari banyaknya pulau dan keindahan yang ada di pesisir ini.

  1. Pulau Pasumpahan

     

    pulau-pasumpahan-padang

    Panorama puncak bukit Pulau Pasumpahan

    Cerita durhakanya seorang anak manusia malin kundang sangat erat kaitanya dengan kota padang, dan salah satu pulau yang konon berkaitan adalah Pulau Pasumpahan selain juga Pantai air manis. Terletak kurang lebih 30 menit perjalanan dari teluk bungus dengan menggunakan perahu boat 35ps Pulau Pasumpahan menjadi destinasi pertama yang kita singgahi, begitu  boat mencapa bibir pantai kita akan langsung melihat hamparan pasir putih dan beningnya air laut.

    pantai-pasumpahan

    Bibir Pantai Pulau pasumpahan

    Pulau Pasumpahan ini menjadi destinasi favorite para backpaker lokal menghabiskan akhir pekan, setiap sabtu minggu pulau ini disesaki dengan tenda tenda sepanjang pantai. Tentu menjadi favorite karena pulau inii menawarkan banyak hal, dari wisata tracking, snorkeling dan bersantai di pinggir pantai yang berpasir putih. Pulau Pasumpahan selain dicapai dengan menggunakan perahu boat dari teluk bungus juga bisa dicapai dari Pulau Sungai Pisang, dari pulau ini cukup singkat hanya sekitar 10 menit perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan yang tarifnya sekitar Rp 35.000,- / orang

    Dari puncak bukit Pulau Pasumpahan kita bisa melihat panorama laut yang indah, namun tracknya cukup menantang perlu hati hati, sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan sandal jepit karena lerengnya yang terjal.

    camping-pasumpahan

    Aktivitas camping di pantai Pulau Pasumpahan

    jalur-puncak-pasumpahan

    Jalur ke puncak Bukit Psumpahan

    20160918_093451

    Puncak bukit Pasumpahan

    2. Pulau Pagang

    Pulau Pagang terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Pulau Pasumpahan, setelah melewati beberapa Pulau sekitar seperti Pulau Ular, Pulau Sikuai dan lainnya, kita akan mencapai sebuah Pulau yang lusnya mencapai 10 hektar, dengan Pasir putih yang menghampar dan lambaian pohon kelapa disepanjang pantai, Pulau Pagang. Pulau Pagang merupakan salah satu pulau yang wajib dikunjungi, karena disini kita bisa melakukan aktivitas bawah laut snorkeling yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Di Pulau ini juga tersedia cotttage jika ingin bermalam di pulau.

    pulau-pagang

    Menikmati birunya langit Pulau Pagang

    pulau-pagang-2

    Pulau Pagang

    3. Pulau Pamutusan

    Pulau Pamutusan terletak bersebrangan dengan Pulau Pagang, kurang lebih 5 menit perjalanan dengan perahu boat. Pulau ini diberi nama Pamutusan karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir putih ketika air laut surut. Untuk masuk ke Pulau ini ada retribusi yang harus dibayarkan sebesar Rp 15.000,- / orang untuk menjaga kebersihan dan keasrian pulau ini.

    pulau-pamutusan

    Pulau Pamutusan dan dermaga di garis pantai

    Pulau ini cocok bagi penggemar landscape atau fotografer karena banyak terdapat spot-spot cantik dengan hamparan pemandangan nan asri dan indah, meskipun perlu perjuangan dengan sedikit tracking untuk mencapai puncak bukitnya.

    Disini kita juga bias melakukan aktivitas bawah laut snorkeling dengan terumbu karang an biota laut yang cukup beragam, dan untuk melepas lelah setelah tracking keatas bukit, terdapat sebuah cottage yang bisa disinggahi dan bersantai menikmati pemandangan alam pulau-pulau kecil yang menghampar di depannya.

    pamutusan

    Spot menarik Pulau Pamutusan

    4. Pulau Suwarnadwipa

    Suwarnadwipa adalah julukan bagi pulau Sumatera, berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Pulau Emas atau Suwarnabhumi atau tanah yang bersinar (dikutip dari Wikipedia). Lalu apakah Pulau Suwarnadwipa yang disini adalah mininya Pulau Sumatera ? Saya tidak tahu jawabannya, namun keindahan pulau ini bisa mewakili dari pulau pulau yang ada di Sumatera.

     

    suwarnadwipa

    Duduk santai di dermaga Pulau Suwarnadwipa

    Di Pulau ini mempunyai fasilitas cottage yang cukup wow, menurut info yang saya dapatkan dari pedagang minuman yang ada disini, untuk paket semalam berdua all include seharga Rp 1.800.000,- / pasangan. cukup fantastis bagi sekelas saya 😦 untuk bisa menginap di pulau ini. Namun jangan khawatir, meski kita tidak punya uang untuk menginap kita masih bisa menikmati keindahannya, dengan membayar retribusi masuk ke pulau ini sebesar Rp 35.000,- / orang. Cukup mahal dari pulau pulau lainnya namun sebanding dengan apa yang bisa kita nikmati disini, karena di pulau ini dijadikan sebagai lokasi transplantasi terumbu karang, dan biota ikannya yang beraneka ragam, termasuk ikan nemo yang cantik. 

    suwarnadwipa-1

    Tinggal pilih liburanmu selanjutnya !

    Nah itu baru sebagian kecil pulau pulau yang ada di daerah pesisir dan tentunya setiap pulau mempunyai keistimewaanya masing masing, namun untuk kali ini cukup lah saya menjelajahi pulau ini dulu,  dan  perjalanan ini belum berakhir.

Iklan

2 thoughts on “Pesona pesisir barat Sumatera Barat #2

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s