Cara praktis belanja sambil berwisata


Siang itu langit Jakarta terasa sangat panas, namun seorang  anak dengan gitar kecilnya masih dengan semangat berlari kecil mengejar Kopaja yang ngetem di persimpanga jalan, seakan enggan membelah jalanan Ibukota yang terlihat macet disana sini. Pengamen kecil dengan sigap melompat ke dalam Kopaja dan mulai memainkan jemari lentiknya dan menyanyikan sebuah lagu dalam suara sember, “Ado kasian ya mama, jauh jauh merantau mancari hidup mama nasib tidak beruntung, Siang dan malam ye mama jalan kesana kemari sanak saudara mama semua tidak peduli, sapa suruh datang Jakarta …. ”

Jakarta bagi sebagian orang ada yang mengangggap kota yang kejam, penuh dengan kekerasan, serba materialistik, untuk mendapatkan sesuatu harus diperjuangkan meskipun nyawa adalaha taruhannya seperti pengamen dengan gitar kecilnya, yang harus berlari di sela sela lalu lalang kendaraan mengejar buskota hanya untuk mendapatkan recehan seribuan.

Namun bagi sebagian lain juga menganggap Jakarta adalah kota yang semua serba ada, segala apa yang kita citakan bisa diraih di kota ini, dengan banyaknya Universitas semua orang bisa belajar ke jenjang perguruan tinggi, banyaknya perkantoran dan pusat bisnis lainnya, menjadikan Jakarta kota penuh dengan lapangan pekerjaan, terlepas dari kurangnya penyerapan tenaga kerja. Bukan hanya perguruan tinggi dan pusat bisnis, di Jakarta juga banyak arena rekreasi hingga museum museum yang bisa menambah pengetahuan kita pada sejarah perjuangan hingga budaya bangsa.

Museum tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta

Sebagai Ibukota propinsi, keberadaan museum bisa menjadi penyeimbang kebutuhan akan pengetahuan sejarah dan budaya bangsa, termasuk juga pengetahuan akan pertekstilan di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa menenun merupakan kerajinan tangan paling tua yang bertahan sejak jaman neolitihikum atau sekitar 12.000 tahun yang lalu, prinsip menenun sudah digunakan manusia untuk membuat gubug atau tempat  berteduh. Menenun juga digunakan dalam membuat benda sehari hari, seperti keranjang bambu. Pengggunaan bahan alami inilah yang kemudian menjadi pemikiran dalam membuat pakaian, dan bukan kebetulan jika istilah tekstil berasal dari bahasa latin “texere” yang artinya menenun.

Keberagaman Tekstil Indonesia

Sebagai orang yang suka akan sejarah, rasanya tidak lengkap jika saya hanya mengunjungi museum sejarah kerajaan nusantara saja atau museum perjuangan. Untuk melengkapi kebutuhan akan pengetahuan sejarah, saya mendatangi museum tekstil Jakarta yang berada di Jalan KS Tubun Tanah Abang, keberadaan museum tekstil di Tanah Abang sebagai pusat grosir terbesar pertekstilan se asia tentunya sangat tepat karena dari sanalah kita  semakin yakin bahwa begitu beragamnya produk pertekstilan yang ada.

Tekun mendengarkan panduan guide museum

Tekun mendengarkan panduan guide museum

Keberagaman tekstil juga bisa saya saksikan pada tema yang diusung oleh museum tekstil kali ini, yang mengambil batik pesisir sebagai tema pameran batik nusantara. Bahwa bangsa kita terdiri dari banyak pulau, sehingga daerah pesisir juga mempunyai karya budaya tersendiri, dengan corak  mengikuti kebiasaan ataupun ciri khas wilayah tersebut.

  1. Batik Pekalongan, sebagai wilayah yang berada di Jawa Tengah mayoritas lebih bermotifkan flora, dengan warna yang lebih banyak dan variatif.
  2. Batik Cirebon sebagai daerah kesultanan dan pesisir lebih banyak menampilkan ornamen keraton dan warna cenderung pada warna sogan dan babar mas, sebagai daerah pesisir corak flora dan fauna juga tidak terlepas dari corak batik namun warna terang lebih mendominasi seperti biru dan merah.
  3. Sedangkan untuk batik Indramayu umumnya lebih menonjolkan pada hasil bumi wilayah tersebut yang merupakan nelayan dengan bermotifkan pada produk laut seperti ikan, udang dan sebagian binatang darat.

Ciri khas motif yang menonjol dari batik batik nusantara tentunya karena masing masing daerah mempunyai komponen berbeda.

Kemajuan technologi dan kemudahan hidup

Keberagaman dan indahnya motif motif batik akan bisa melenakan kita dan enggan untuk beranjak dari museum, namun sebagai pekerja yang kesehariannya lebih banyak menghabiskan waktu dikantor tentunya pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari dengan berbelanja ke pasar tradisional ataupun pasar modern menjadi tidak bisa dilakukan setiap waktu. Bahwa hidup akan selalu berubah seiring dengan berubahnya technologi, jika dulu untuk berkomunikasi pada awalnya manusia terbiasa mengirimkan lewat burung merpati, kemudian pemikiran berkembang dengan adanya telegram dan hinggga akhirnya untuk berkirim kabar kita cukuplah dengan, mengggunakan technologi digital berupa email.

Perubahan perubahan akan terus mengikuti pola pemikiran termasuk juga dalam pola pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari yang tentunya semakin membuat mudah dan tidak menyita banyak waktu kita. Seperti saya yang terlena saat mengunjungi museum tekstil, dalam memenuhi kebutuhan sehari hari memanfaatkan kemajuan tehnologi menggunakan aplikasi belanja modern Honestbee. Cukup dengan menggunakan handphone dan membuka aplikasi honestbee, saya  bisa langsung bertransaksi pada mitra  yang sudah bekerja sama, seperti Transmart carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia.

Mudahnya belanja di Honetbee

Mudahnya belanja di Honetbee

Dalam pemilihan produk juga sangat simpel tinggal menambahkan jumlah yang ingin kita belanjakan, dan yang lebih menguntungkan adalah belanja lewat honestbee ini harga yang tertera di aplikasi sama dengan harga di mitra tersebut termasuk juga jika ada promosi. Bisa dikatakan honestbee ini adalah asisten kita dalam membelanjakan kebutuhan yang kita perlukan, karena kita tinggal memesan apa apa yang diperlukan dan kemudian waktu pengantarannya juga bisa disesuaikan kapan kita ada di rumah. Jika ingin cepat kita cukup menunggu dalam waktu 1 jam saja dari waktu order, karena honestbee menerima order dari konsumen dan berbelanja di 17 outlet Transmart  terdekat dengan pengiriman.

Keprofesionalan dari asisten honestbee ini juga terlihat saat barang yang kita butuhkan kosong, kita akan dihubungi untuk diberitahukan dan bisa diberikan alternatif terbaik, karena honestbee melatih asisten untuk membelanjakan yang terbaik. Kemudahan lainnya disini juga kita bisa minta pengirimannya hingga tujuh hari kedepan, bayangkan ketika kita sedang tugas diluar kota dan ingin saat kita kembali ke jakarta dan kebutuhan kita ternyata sudah ada yang membelanjakan, tentunya ini adalah berkah akan sebuah perubahan dari technologi dan kecanggihan honestbee.

Ke museumpun bisa sambil belanja

Ke museumpun bisa sambil belanja

Bercapai capai menuju ke tempat belanja tidak akan kita rasakan lagi atau harus mengantri di kasir yang biasanya saat awal bulan dan akhir pekan, antrian sangat panjang dan melelahkan dan waktu jjuga terbuang. Cukup dengan honestbee, waktu kita menjadi semakin banyak untuk bisa menuliskan kembali keanekaragaman budaya bangsa

 

Iklan

6 thoughts on “Cara praktis belanja sambil berwisata

  1. swwmutiara berkata:

    Mitra honestbee so far 17 transmart ini ato ada hypermart lainnya yg bergabung Mas MT? Terima kasih untuk infonya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s