Menikmati malam di Pantai Siung


Hallo sobat petouring, pernah ke Kota Djogja ? Yogyakarta atau Djogja sepertinya hampir semua orang  mengenal dan pernah ke Kota yang tidak pernah mati dari aktivitas kesenian apalagi keramaian. Rasanya setiap sudut kota ini akan selalu penuh dengan kenangan bagi orang orang yang pernah berkunjung. Kenangan pada kearifan lokal, kenangan pada budaya dan seni juga pada keramahan warganya yang akan selalu membawa kesan tersendiri. Aksi musisi lokal tradisional yang banyak dijumpai di sepanjang jalan Malioboro dengan nyanyian lokal menambah keindahan sudut kota perjuangan ini.

Panorama Samudera Hindia dan Pantai Siung
Panorama Samudera Hindia dan Pantai Siung

Keindahan Kota Djogya bukan hanya di Malioboro, bergeser sedikit ke pinggiran kita akan menjumpai banyak wisata alam yang sangat indah dari gua, air terjun hingga  pantai – pantai dengan pasir putih dan ombak yang bergulung gulung sangat cocok untuk menikmati akhir pekan baik sekedar bermain pasir ataupun menikmati kesyahduan malam di pinggir pantai.

Jika kita adalah penggemar pantai dengan suasana tenang dan ingin menikmati kualitas waktu tanpa perlu digangggu oleh hal lain seperti gadget maka salah satu pantai yang cocok adalah pantai siung.  Sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama di pinggiran pantai Siung. Pantai Siung bukan hanya memiliki panorama yang indah dengan pasir putihnya dan ombak yang tenang, namun juga mempunyai cerita tersendiri mengenai pantai ini. Konon di Pantai ini pernah ada kisah cinta seperti Siti Nurbaya yang dipaksakan menikah namun tidak mau sehingga bersembunyi di bebatuan pantai ini yang kemudian dalam endingnya sang gadis akhirnya menikah dengan manggolo dari Prabu Brawijoyo.

Pantai Sundak
Pantai dan batu

Untuk menuju ke Pantai Siung itu sama halnya jika kita ingin ke Pantai pantai sekitar Gunung Kidul, karena pantai ini masuk ke dalam wilayah Gunung Kidul.  Akses ke pantai ini lebih banyak pengunjung menggunakan kendaraan pribadi mengingat belum ada angkutan umum yang menuju kesini, angkutan umum dari Wonosari biasanya hanya sampai ke Pantai Baron. Rute Jalur umum dari kota Jogja melalui jalan Piyungan menuju ke kota Wonosari kemudian ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km ada pertigaan  di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), jika lurus ke arah Baron, kurang lebih 1 km sebelum Pantai baron, kita bisa belok  ke kiri ke arah pantai Kukup, sepanjang perjalanan kita juga akan melewati beberapa Pantai Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, pantai Drini, Pantai Krakal dan akhirnya kita akan sampai di Pantai Siung. Jarak perjalanan dari Wonosari ke lokasi Pantai Siung ini kurang lebih 75 km, jalan raya menuju Pantai ini saat ini sudah sangat mulus.

Sesampai di lokasi Pantai, lelah perjalanan akan terbayarkan dengan panorama pantai yang biru dan  hamparan pantai berpasir putih, Pantai Siung ini memiliki pasir putih yang indah sehingga semakin menambah daya tarik wisata. Tidak seperti pantai lainnya yanng cenderung kotor dengan tumpukan sampah, disini lebih terjaga kebersihannya, mungkin karena jarak yang cukup jauh juga karena jalanan yang cukup menantang dengan kelokannya. Pada akhir pekan biasanya akan banyak pengunjung yang camping di lokasi pantai ini, sehingga suasananya cukup meriah, namun jika kita tidak siap dengan perlengkapan tenda tidak perlu khawatir karena di lokasi parkir motor atau toilet umum juga tersedia homestay yang bisa kita sewa permalam, atau jika datang berombongan bisa menggunakan ruangan yang lebih luas untuk sekedar rehat atau meluruskan badan.

Pantai dan panorama tebing karst
Pantai dan panorama tebing karst

Hamparan pasir putih dengan sapuan ombak sepanjang pantai dan bening air laut, siapapun akan tergoda untuk mandi dan berenang di pantai ini, kejernihannya dan ketenangan ombak cukup aman bagi pengunjung untuk berenang. Puas berenang dan ketika senja mulai datang, sedikit bergeser ke arah timur pantai akan terlihat bukit hijau yang menjulang. Dari atas bukit ini kita bisa menikmati panorama pantai dan semilir angin pantai dan tentunya pemandangan Samudera Hindia terhampar luas sejauh mata memandang.

Pada Bukit sebelah barat pantai Siung ini, kita akan menjumpai bukit karang yang menjulang tinggi yang biasanya digunakan sebagai arena panjat tebing oleh berbagai komunitas pecinta alam dari jogya bahkan kota lainnya untuk memacu adrenalin. Tebing tebing di Pantai ini memiliki berbagai jalur pemanjatan dengan berbagai tingkat kesulitan, sehingga menjadi surga bagi para pemanjat tebing.

Saat malam di Pantai Siung ini, bersama teman teman kita akan mendapat quality time karena dilokasi ini tidak ada sinyal handphone, sehingga yang dekat akan semakin dekat dengan curhatan curhatan ataupun senda gurauan bersama. Rasanya tidak lengkap menikmati malam dipantai tanpa sajian ikan bakar menemani. Untuk mendapatkan ikan bakar tidak sulit karena warung sekitar lokasi pantai menjual ikan ikan mentah yang siap kita bakar, atau jika kita hanya ingin menikmati tanpa repot membakar sendiri, juga bisa langsung dipesan dan selanjutnya di masak oleh warung sekitar.

Debur ombak, dan taburan bintang bintang dilangit akan membawa suasana batin tersendiri, suasana malam sangat terasa hingga membawa suasana batin tersendiri, bersenda  gurau dengan permainan ringan akan semakin menambah keakraban dan resah hati pun akan tersapu angin malam.

Keindahan alam ciptaan Allah
Dan Dialah,Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat … nikmat-nikmat Allah, ayat-ayat ini menjelaskan peran gunung dan bumi, …

 

Iklan

43 thoughts on “Menikmati malam di Pantai Siung”

  1. yes. belajar dr dasar, jeprat jepret, dan berani menunjukkan foto hasil jepretan sendiri utk dikomentari tmn yg lbh ahli dlm fotografi 😀

    Suka

  2. Udah lama banget gak ke pantai. Terakhir waktu SMA deh kayaknya. Haha
    Mudah2an moment pulang kampung lebaran nanti bisa ke pantai siung 😍

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s