Seribu buku anak untuk indonesia

Klub Buku dan peranannya dalam giat membaca


Selamat Hari Buku Nasional

“Yang saya tahu itu cuma hari Buku Internasional” begitulah sekelumit obrolan dalam sebuah group whatsapp ketika saya share tentang hari Buku Nasional, ternyata tanggal 17 Mei tidak banyak masyarakat yang mengetahui telah dijadikan dan diperingati sebagai hari Buku Nasional, mungkin bisa jadi karena waktunya yang tidak terlalu jauh dari peringatan hari buku Internasional, sehingga gaung nasional menjadi tak terdengar.

 

Seperti kita tahu bahwa, tanggal 23 April, Badan UNESCO PBB telah menetapkannya sebagai Hari Buku Internasional, sedangkan Hari Buku Nasional baru di resmikan pada pemerintahan Kabinet Gotong Royong, tepatnya disahkan oleh mantan menteri pendidikan Nasional Bapak Abdul Malik Fadjar, pada 2002 silam. Gagasan diperlukannya peringatan hari Buku Nasional tentunya mengingat sangat rendahnya minat baca masyarakat dan tingkat melek huruf yang rendah di Indonesia.

Selain soal melek huruf yang rendah, ketersediaan bukupun dirasakan sangat jauh mencukupi dengan rata rata hanya 18.000 ribu judul buku diterbitkan pertahunnya,  berdasarkan data dari UNESCO PBB pada tahun 2002, jumlah ini dirasakan sangat kecil dibandingkan di negara lainnya seperti jepang yang mencapai 60.000 ribu judul buku atau China yang mencapai 160.000 judul buku pertahunnya. Harapanya dengan peringatan Hari Buku Nasional gairah minat baca dan melek huruf semakin meningkat dan hal ini juga akan meningkatkan tingkat penerbitan nasional.

Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta

Berawal dari niat ingin berbagi dan sharing buku sesama teman jalan dalam mengeksplor keindahan Indonesia, beberapa orang kemudian mulai berkumpul dan berdiskusi tentang perlunya mempunya wadah untuk menyalurkan hobi yang sama yaitu “Membaca”. Tentunya dengan harapan, bahwa para Backpacker bukan hanya bisa menikmati keindahan alam saja namun juga bagi penghobi buku bisa menyalurkan semangat membacanya dan menginspirasi masyarakat agar giat membaca.

kubbubpj

Maka pada tanggal 15 Desember 2015, dibentuklah Klub Buku dan Blogger atau lebih dikenal KUBBU BPJ, dengan tujuan bisa menampung aspirasi dan inspirasi semua member Backpacker Jakarta yang memiliki hobi yang sama yakni membaca dan juga menulis aktif di dalam blog.

Klub Buku dan Blogger BPJ adalah Klub pecinta buku dan menulis blog yang bukan hanya menggerakan dalam hal minat membaca namun juga giat dalam menulis segala hal di dalam blog, menebarkan virus membaca buku ke masyarakat melalui program programnya lewat program #QTBuku dengan membahas isi buku buku yang dibaca.

Seribu buku anak
Seribu Buku Anak untuk Indonesia

Buku adalah jendela dunia sarana paling murah bagi semua untuk bisa melihat seluruh penjuru dunia, yang mampu membawa terbang angan kita melihat tempat tempat yang belum pernah kita lihat dan kunjungi di seantero alam. Melihat pemenuhan buku yang sangat rendah di masyarakat Klub Buku dan Bloger melalui program #SeribuBukuUntukIndonesia juga melakukan giat mengumpulkan buku  bekas layak baca yang di distribusikan ke seluruh Indonesia. Pendistrbusian yang dilakukan dengan bersamaan trip menjelajah alam Indonesia, menunjukan bahwa Backpacker bukan hanya penikmat keindahan alam namun juga sangat konsen dan peduli pada kehidupan menderdaskan anak bangsa.

Pemenuhan minat baca dan bahan bacaan tentunya ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam  Pembukaan Undang Undang dasar 1945, sehingga merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat bangsa. Tentunya dengan bersama sama, saling bahu membahu, harapan pemenuhan bahan bacaan terutama bagi anak anak Indonesia minimal akan sedikit banyak terpenuhi, sehingga buku sebagai sumber inspirasi , motivasi dan semangat akan bisa dirasakan oleh anak anak bangsa.

 

Iklan

2 thoughts on “Klub Buku dan peranannya dalam giat membaca”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s