Hari Kebangkitan Nasional

Makna tema Hari Kebangkitan Nasional 2017


Setiap 20 mei, oleh bangsa Indonesia diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) hari dimana menjadi momentum perjuangan rakyat Indonesia dengan lahirnya organisasi kerakyatan Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan semangat nasionalisme, persatuan, Kesatuan dan kesadaran pada sebuah bangsa yang selama ini belum tertanam,. Organisasi yang bisa memajukan diri melalui gerakan pemikiran, social yang bertujuan untuk mencapai Kemerdekaan Indonesia.

Kebangkitan Nasional menjadi tonggak bangsa Indonesia, yang harus dipelajari, dipahami, dan dijadikan inspirasi dalam perjalanan bangsa untuk mewujudkan cita-cita berbangsa. Rasa nasionalisme didorong agar bangsa ini tetap eksis, mandiri,  dan berkembang sejajar dengan martabat bangsa-bangsa lain yang sudah maju maupun yang sedang menggapai kemajuan.

Patriotisme

Patriotisme

Nasionalisme seringkali diharapkan sebagai energi yang dapat membangkitkan suatu bangsa, masyarakat dan negara agar negara tersebut dapat mengetahui potensi kekuatan nasionalnya untuk dikembangkan menuju cita-cita yang diharapkan yaitu masyarakat yang aman, damai, adil, makmur dan sentosa.

Satu abad lebih sudah bangsa ini dalam kebangkitan. Sebuah usia yang tak lagi muda serta perjalanan panjang bangsa Indonesia untuk terus menjadi sebuah negera yang benar- benar merdeka baik secara moral dan spiritual. Kebangkitan nasional yang diperingati dengan berbagai ritual ini bukan hanya sebuah ritual kosong tanpa arti. Karena, dalam setiap peringatan tentunya mengandung nilai-nilai afektif dan edukatif yang dapat dijadikan teladan untuk generasi masa kini dan yang akan datang.

Semangat Persatuan menjaga NKRI

Semangat Persatuan menjaga NKRI

Kebangkitan Nasional adalah menghidupkan kembali semangat nasionalisme. Problematik Indonesia sebagai sebuah bangsa modern pada dasarnya tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang identitas nasional yang dilakukan oleh para elit masa pergerakan nasional.

Kini 2017, Bangsa Indonesia kembali memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke 109, pada penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2017, tema yang diusung adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”.

Berikut adalah Logo dan Tema resmi yang dirilis oleh pemerintah untuk memperingati hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional

Sumber : kebangkitan-nasional.com

Iklan

One thought on “Makna tema Hari Kebangkitan Nasional 2017

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s