Wisata Pantai Pulau Cemara (WPPC)

Pulau Cemara, Keindahan pesisir utara Brebes


Pesisir Utara Jawa atau selama ini kita kenal sebagai wilayah Pantura ( Pantai  Utara)  memang mempunyai deretan pantai yang indah, termasuk juga pantai yang ada di wilayah Brebes. Setelah ramainya pengunjung ke Pantai Randusanga Indah, wisata bahari mulai dikembangkan lagi termasuk diantaranya adalah Kawasana Hutan Mangrove Pandansari Kaliwlingi dengan wisata pulau pasir putihnya dan Kawasan Hutan Mangrove Sigempol yang lebih dikenal sebagai Kawasan Pulau Hantu, wisata bahari yang menggabungkan konsep horor dan kuliner.

Baca juga : Menelusuri jejak Pulau Hantu Brebes

Saat ini kembali hadir sebuah kawasan pulau pasir yang menawarkan keindahan menawan panorama pantai dengan deretan dan sejuknya pohon cemara serta bisa berburu tiram dengan gratis.

Spot foto di kawasan pantai pulau cemara
Spot foto yang menarik di kawasan pulau cemara

Wisata Pantai Pulau Cemara yang terletak di Desa Sawojajar Brebes ini bukan hanya menawarkan keindahan pantai dengan hijaunya pohon cemara, namun juga pengunjung juga bisa menikmati eloknya deretan hutan mangrove dialiran sungai Coban sepanjang menuju ke Pulau Cemara. Kawasan yang mulai banyak dikunjungi wisatawan baik local maupun dari wilayah lainnya, saat ini sudah mulai dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk berselfie ataupun berfoto bersama sama teman perjalanan. Di beberapa spot dilengkapi dengan tema tema untuk kita bisa bergaya di kamera, fasilitas umum lainnya meskipun belum memadai sudah tersedia, seperti toilet, mushola meskipun darurat juga warung warung yang menyajikan makanan sekedar  melepas lapar lengkap dengan sajian khas Kota Brebes.

Menuju kasawan wisata pulau cemara ini sangatlah mudah, sama halnya jika kita ingin mengunjungi kawasan hutan mangrove Pandasari Kaliwlingi atau wisata pulau pasir putih karena lokasinya sejalur, cukup dengan kita mengarah ke Desa Sawojajar. Setelah sampai di Pasar Sawojajar kita akan menjumpai jembatan dan pertigaan jalan, kita ambil belok kiri kearah Perumnas Sawojajar. Disepanjang perjalanan kita akan menjumpai beberapa papan petunjuk yang cukup jelas, sehingga tidak perlu khawatir akan tersasar.

Baca juga : Ekspedisi Bajaj : Rayuan Pulau Cemara

Setelah melewati Perumnas Sawojajar diujung desa, kita akan memasuki kawasan tambak udang windu. Sarana dan prasarana menuju dermaga ini memang belum memadai, masih berupa tanah namun dikanan kirinya sudah dibangun talud penahan air sehingga air tambak tidak menggenangi jalanan tanah. Area parkir  yang tersedia adalah untuk motor, untuk kendaraan roda empat lebih nyaman adalah parkir di pinggir desa dan  selanjutnya jalan kaki menuju dermaga sungai coban.

Demaga penyebrangan menuju Pulau Cemara
Demaga penyebrangan menuju Pulau Cemara

Untuk mencapai lokasi Wisata Pantai Pulau Cemara (WPPC) pengunjung akan diantarkan memakai perahu yang sudah tersedia di dermaga sungai coban, dari sini pengunjung akan menelusuri sungai coban dengan harga tiket Rp 15.000,- sudah termasuk pengantaran menggunakan perahu bermesin pergi dan pulang. Selama perjalanan pemandangan indah akan  kita saksikan, deretan pohon mangrove yang hijau akan melenakan mata, kicau burung laut dan juga pemandangan burung belibis mengepakan sayapnya dan menukik menyambar ikan untuk dijadikan santapannya.

Pulau cemara dengan hamparan pasir dan hijaunya pohon cemara
Pulau cemara dengan hamparan pasir dan hijaunya pohon cemara

Wisata Pantai Pulau cemara ini dulunya adalah hamparan pulau pasir, yang oleh warga sekitar dan beberapa organisasi kemsyarakatan yang peduli pada lingkungan kemudian ditanami pohon cemara. Untuk pengelolaanya masih dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam Wana Lestari. Dukungan pemerintah desa setempat ditunjukan dengan pembangunan talud penahan air sepanjang jalanan tanah menuju dermaga. Untuk saat ini fasilitas sarana dan prasarana memang masih minim, namun kedepannya pengelola sudah mempunyai program berkelanjutan untuk membangun lokasi wisata pantai ini.

andi dilaut bisa dilakukan di PUlau cemara dengan aman
Mandi dilaut bisa dilakukan di Pulau cemara dengan aman

Hamparan pasir yang luas di tengah laut dengan hijaunya pohon cemara menambah elok dan membuat tenang jiwa. Lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping bersama keluarga atau bersama teman teman menghabiskan akhir pekan dan hal yang istimewa dari Pulau cemara ini adalah, saat pagi hari kita bisa melihat langsung gunung ciremai. Majulah Pariwisata Brebes.

Pulau Cemara 2Buanglah mantan pada tempatnyaPulau Cemara 3Aja kapok

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s