Kebiasaan bermotor di negara timur tengah

Ketika wanita Palestina dilarang naik motor


Pernah merasa kesal saat mengendarai kendaraan di jalan raya dengan adanya pengemudi  yang pakai lampu sein kiri ternyata beloknya ke kanan atau juga sebaliknya ? Ini bukan menyindir soal gender, namun sering kali kita melihat hal demikian, terutama dilakukan oleh Ibu ibu bahkan terkadang mereka malah ngotot tidak mau dipersalahkan makanya sering kita sebut “The power of emak emak“.

Wanita dan kebiasaanya dalam bermotor

Wanita dan kebiasaanya dalam bermotor

Seiring dengan mobilitas yang semakin tinggi, wanita pun butuh alat transportasi yang cepat dan efisien, salah satunya adalah sepeda motor. Namun mengendarai sepeda motor dijalan raya tidak lah bisa dilakukan tanpa skill memadai dalam safety ridding, terutama bagi kaum wanita. 

Faktor keselamatan inilah yang akhirnya mendorong Negara di timur tengah mengeluarkan sebuah peraturan yang melarang wanita  menggunakan kendaraan sepeda motor. Belum lama ini, pemerintahan Palestina telah melarang wanita mengendarai  atau bahkan membonceng sepeda motor, setelah seorang wanita meninggal dalam kecelakaan sepeda motor di Gaza. Bahkan organisasi Hamas kemudian juga mengeluarkan larangan wanita dilarang naik bahkan menjadi pembonceng, jika ketahuan maka pengendara akan dikenakan denda yang tinggi.

Motor Palestina

Keluarga Palestina yang menggunakan sepeda motor di Jalur Gaza. Sekarang bakal kena tilang kalau ada wanita di sepeda motor | frontline.in

Kementerian dalam negeri menyatakan, “bahwa sepeda motor telah menjadi penyebab utama setidaknya setengah kecelakaan di Jalur Gaza dalam tiga tahun terakhir,” seperti dikutip oleh hegulfnews.com. “Juga tidak sesuai dengan peraturan Muslim, karena penggunaan sepeda motor oleh perempuan dapat dengan mudah mengungkapkan bagian sensitif mereka,”

Dalam mengendarai kendaraan bermotor, seseorang tidak hanya dituntut mampu mengendarai kendaraan saja tapi juga tahu fungsi elemen yang ada di kendaraan. Pengendara juga harus mematuhi lalau lintas sebagai salah satu faktor keamanan lain disamping penggunaan safety gear seperti helm sesuai standar yang ada.

 

 

Iklan

3 thoughts on “Ketika wanita Palestina dilarang naik motor

  1. endang cippy berkata:

    Lebaran tahun lalu, silaturahmi ke Jonggol. Aku naik motor bonceng 4. Dari Jonggol sampai Cilangkap, JakTim. Alhamdulillah..Ajibbbb polisinya merem semua 😁😂 taraaaa besoknya kena tattoo di punggung (bengek) 😁😂😂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s