Pantai Perawan Pulau Pari

Pantai cantik buat camping asyk di Kepulauan Seribu


Kepulauan seribu menjadi daerah wisata yang menarik untuk dijelajahi. Bagi travelling atau backpacker jalan jalan ke lokasi ini menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas kerja. Tentunya karena lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, juga tentunya budget yang tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Juga banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi wisata kepulauan seribu, seperti berenang dipantai, memancing, snorkeling bahkan diving atau jika ingin merasakan keheningan suasanadan bisa camping di pulau pulau yang tidak banyak penghuninya.

Baca :  Camping murah anak Pantai

Menentukan kemana tujuan untuk camping, ini penting untuk kita mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa. Dilokasi camping nantinya ada MCK atau tidak, disana asa air tawar apa tidak. Bisa runyam urusannya jika kita tanpa persiapan, yang tadinya ingin menenangkan diri malah jadi sengsarakan diri. Di pulau seribu memang sudah ada beberapa pulau yang tersedia air tawar, tapi selebihnya kita perlu membawa bekal sendiri baik untuk minum ataupun untuk bebersih. Lalu pulau apa saja yang bisa di jadikan lokasi asyk camping cantik, yuk simak ulasan berikut :

1. Semak Daun,

IMG_5632
Suasana Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun cukup familiar dari dulu bagi fotografer sebagai spot favorite untuk mengambil foto. Pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga cocok untuk kita melakukan camping, meskipun pulau ini tidal terlalu besar namun fasilitas disini terbilang sudah cukup komplit dari mck, warung, sampai kebutuhan untuk charger handphone. Untuk mencapai pulau ini terlebih dahulu kita harus transit di Pulau Pramuka, selanjutnya bisa sewa perahu kecil. Akan lebih murah jika kita kesini berombongan agar biayanya bisa dibagi rata. Lalu jika kita cuma berdua bagaiamana ? Gampang, tunggu saja di dermaga karena akan banyak rombongan lain yang datang. Membaurlah dengan mereka spek speak sook akrab agar bisa ikut dalam rombongan ke Pulau Semak Daun. Biaya sewa disini sudah untuk pergi pulang, tinggal janjian saja sama nelayannya mau dijemput jam berapa esoknya.

2. Pulau Karya.

Pulau Karya
Pulau Karya

Pulau Karya ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Pramuka, sehingga tidak susah untuk ke pulau ini, cukup dengan menumpang perahu antar pulau kita sudah diantar ke lokasi. Tidak banyak yang tahu, sebetulnya Pulau Karya ini bisa dijadikan lokasi camping. Pulau ini sudah mempunyai fasilitas komplit, disini juga ada pos polisi sehingga keamanan kita terjaga, mck dan air tawar juga tersedia. Untuk lokasi camping kita bisa mengambil di posisi sebelah timur karena posisi sebelah barat pulau dijadikan TPU. Memang disini tidak banyak yang camping, mungkin karena terlalu dekat dengan pulau Pramuka yang ramai dan dekat dengan Pulau Pagang, namun sepinya orang yang camping ini menjadikan sensasi yang berbeda.

3. Pulau Pari.

Pantai Perawan Pulau pari
Pantai Perawan Pulau pari

Pulau Pari merupakan pulau favorite untuk berlibur bersama keluarga, terutama bagi yang tidak ingin repot membawa banyak perlengkapan karena di pulau ini sudah banyak homestay yang bisa disewa. Namun bagi yang ingin merasakan suasana yang berbeda disini juga kita bisa mendirikan tenda (camping). Lokasi camping yang biasa digunakan adalah di pantai pasir perawan, disini kita dikenakan biaya mendirikan tenda sebesar Rp 10.000,- untuk fasilitas tidak perlu khawatir cukup tersedia termasuk warung bahkan masjid.

4. Pulau Opak

Pulau Opak atau Pulau Bulat
Pulau Opak atau Pulau Bulat

Pulau Opak, saat dengar namanya yang terbayang adalah kerupuk yang terbuat dari bahan singkong, tapi ini tidak ada kaitanya dengan krupuk opak ini. Pulau Opak termasuk pulau yang tidak berpenghuni, sehingga cocok untuk merenung atau menyendiri dari hiruk pikuk. Untuk mencapai Pulau Opak, kita harus singgah di Pulau Harapan selanjutnya kita menyewa perahu untu kepulau tersebut. Sama seperti Pulau Semak Daun, pulau ini tidak ada akses langsung dari Jakarta, sehingga jika ingin budget murah kita harus datang rombongan. Fasilitas disini sangat minim, sehingga kita perlu persiapan lebih termasuk membawa bekal air minum yang banyak. Namun sepinya pulau inilah yang membawa sensasi outdoor tersendiri, seakan berada di pulau pribadi dengan hamparan pantai dan pasir yang bersih. Salah satu yang menarik dari pulau ini adalah kita bisa snorkeling dari bibir pantai. Tentunya kita jadi bebas mau kapanpun untuk berenang dan menikmati panorama dalam laut tanpa perlu ditungguin perahu.

5. Pulau Melinjo

Pulau Melinjo
Pulau Melinjo

Mungkin nama pulau ini sedikit asing dan tidak banyak yang tahu, pulau ini memang tidak populer bagi wisatawan karena belum ada penghuni nya juga cukup jauh perjalanan menuju pulau ini. Untuk menuju pulau ini kita harus transit dan menyewa perahu di Pulau Harapan, tentunya kurang efektif jika rombongan kita tidak terlalu banyak, kecuali Budgets bukan menjadi masalah bagi kalian.

Lamanya perjalanan ini akan terbayarkan Lunas dengan apa yang didapatkan dipulau ini, karena belum banyak yang tahu sehingga pulau ini benar benar sepi dan dalam perjalanan menuju Pulau Melinjo kita akan melewati beberapa pulau seperti Pulau Bira Besar dll. Di pulau ini kita bisa puas untuk snorkeling langsung dari pantai, atau kegiatan memancing bisa dilakukan disini. Untuk fasilitas tentunya masih sangat minim hanya ada sumur terbuka dengan air payau, cukup untuk bebersih. Hal menarik dari pulau ini adalah masih banyak Biawak yang berkeliaran, tentu makin menambah seru liburan kalian.

6. Pulau Perak

Dermaga Pulau Perak
Dermaga Pulau Perak

Sama hal nya dengan Pulau Melinjo, di Pulau Perak ini juga belum berpenghuni dan minim fasilitas. Untuk ke Pulau Perak kita harus transit di Pulau Harapan kemudian menyewa perahu, untuk jarak tempuh nya termasuk lumayan jauh namun dalam perjalanan kita bisa melihat lihat pulau pulau indah lainnya,  seperti Pulau Bira, Pulau Bintang dan Pulau Dolphin. Persiapan logistik harus kita persiapkan dari sebelum kesini, namun jika akhirnya membutuhkan logistik, kita bisa mencari nya di pulau terdekat yaitu Pulau Dolphin.

Cuaca sejuk dengan semilir angin laut membawa suasana tenang akan didapatkan di pulau pulau ini, berbeda dengan pulau pukaulaunnya yang sudah terlalu ramai dengan wisatawan. Sensasi camping di pantai sambil mendengar kan irama reggae dari alunan merdu “Imanez”

Aku rebah di atas pasir, memandang gadis gadis cantik kulit nya merah terbakar

Gairahku memuncak waktu kan Tina, kuambil gitar teriakan isi hati …. Anak pantai 

Iklan

20 thoughts on “Pantai cantik buat camping asyk di Kepulauan Seribu”

  1. Waah banyak pilihan ya buat camping di pulau seribu, btw baru Pulau Pari sama Pulau Semak Daun dari daftar list di atas yang pernah kukunjungi buat camping. Nice info bang

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s