Seri pertama Yamaha Cup Race 2017 di Kebumen untuk pertama kalinya(a)

148 Starter ramaikan Yamaha Cup Race 2017 Kebumen


Pergelaran pertama kali Yamaha Cup Race 2017 (YCR 2017) yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Kebumen, Jawa Tengah sukses dengan menghadirkan 148 starter yang mengikuti 9 kelas yang dilombakan. Menjadi spesial karena untuk pertama kalinya YCR 2017 dilangsungkan di Kebumen dan mendapat respon positif. “Ini pertama Yamaha Cup Race masuk Kebumen. Animo lokal terbukti sangat antusias dan ini menjadi prestasi tersendiri bagi Yamaha, ujar Kade Suma Adnyana, Divisi Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir menyaksikan.

Bicara kompetisi atau persaingan, maka yang ambil bagian di YCR 2017 Kebumen tidak hanya tim-tim yang didukung pabrikan seperti Yamaha Bahtera Racing, Yamaha Syafina, Yamaha Putera Anugrah dan lain-lain. Juga para privateer diantaranya Gupita Kresna, Florianus Roy dan Asep Kancil. Mereka bersaing ketat dalam memperebutkan pundi poin yang nantinya akan diakumulasi untuk meraih hadiah juara umum.

Tidak kalah menarik, beberapa petarung senior asal Yogyakarta ataupun Jawa Tengah yang selama ini vakum atau jarang ikutan balap, justru memilih tampil di kelas bebek 2 tak 125 cc (YCR7). Seperti Dedy Fermadi, Jojon Ari Mandiri dan Roni Pinguin. Adapun peserta YCR7 sebanyak 31 starter. Disamping itu, YCR 2017 Kebumen juga melangsungkan coaching-clinic atau pembinaan talenta muda yang melibatkan pebalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Wahyu Aji Trilaksana.

Acara yang diikuti 25 pebalap ini berlangsung sekitar 1 jam dan didesain dengan langkah komunikasi dua arah. Mereka yang ikut coaching-clinic dapat mengajukan pertanyaan dan langsung dijawab Wahyu Aji sebagai pembicara. Perlu dipahami, Wahyu Aji merupakan ide yang siap bertarung di putaran ke-4 Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) kelas Underbone 150 (UB150) di Sikuit Sentul, Minggu depan (12-13 Agustus). Materi edukasi yang diberikan Wahyu Aji sehubungan peningkatan teknik balap dan memberikan motivasi kepada siswa coaching-clinic yang berjumlah 25 orang. Mereka ini diambil dari pelaga kelas YCR5 dan YCR6 atau disebut MP5 dan MP6 atau Pemula B yang berusia 15 tahun kebawah. Saya menjelaskan perlunya sesi pemanasan sebelum balapan, juga riding-style dan posisi berkendara yang baik. Termasuk mengajarkan mereka dalam menentukan racing line yang efektif dan titik pengereman. Tidak kalah penting, soal attitude atau sikap yang harus baik terhadap tim, tutur Wahyu Aji podium juara saat Asia Road Racing Championship 2017 kelas Underbone 150 cc (UB130) seri Jepang.

Untuk schedule acara YCR 2017 Kebumen, Sabtu (5 Agustus), selain babak kualifikasi di semua kelas, juga beberapa kategori dilombakan seperti YCR5, YCR6 dan YCR9. YCR9 adalah bebek 4 Tak Tune-up 125 cc lokal yang dimenangkan racer tuan-rumah Kebumen, Irfan Riyadoh. Keberhasilan dan kesuksesan Yamaha Cup Race 2017 didukung oeh berbagai sponsor yaitu Yamalube, Idemitsu, Kayaba, DID, NGK, IRC.

Sumber : YRC 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s