Wordpress

WordPress Untuk Startup?


WordPress ada yang belum tahu? Bagi blogger kita mengenal beberapa platform untuk menuangkan kreasi dalam menulis di blog. Dan salah satunya kita mengenal WordPress yang merupakan CMS (Content Management System) terbesar didunia saat ini. Tercatat lebih dari 30% website di dunia saat ini menggunakan WordPress. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa WordPress ini tidak secure, jadi bisakah WordPress ini dijadikan platform untuk website bagi Startup?

Mengenal Startup dan WordPress

Nah sebelum saya nulis lebih lanjut tentang wordPress untuk startup, sebetulnya startup ini apa ya, akhir-akhir ini banyak sekali orang mengatakan jenis kata itu. Menurut sumber informasi wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan yang belum lama dirintis (rintisan), umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

wordpress untuk startup
What some people are saying….

Perusahaan ini lebih banyak merupakan perusahaan yang baru didirikan dan masih dalam masa pengembangan untuk menemukan pangsa pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada era digital sekarang ini, di mana mulai banyak perusahaan dot-com didirikan. Jadi dengan kata lain, bisnis startup ini adalah usaha yang baru dikembangkan dan berumur kurang dari tiga tahun dan belum mempunyai banyak karyawan. Karena berkembang pada era digital, bisnis startup lebih dikenal sebagai usaha yang berbasis technologi, dengan berbasis web dan internet.

Perkembangan startup di Indonesia sangat signifikan, setiap tahun kita mendengar berita tentang founder-founder muda bermunculan, tentunya ini seiring dengan semakin berkembangnya penggguna internet di Indonesia, sehingga ini menjadi pangsa pasar yang sangat potensial untuk mendirikan startup. Untuk Indonesia sendiri, bisnis startup terbagi dalam tiga golongan berdasarkan jenis usahanya, yaitu startup pembuat game, startup aplikasi edukasi dan startup berbasis informasi dan perdagangan (e-commerce).

Apa yang dibutuhkan dari bisnis startup ini?
Apa yang dibutuhkan dari bisnis startup ini?

Tentunya dengan berkembangnya bisnis startup ini, yang tidak bisa lepas dari keberadaan website, tentunya membutuhkan software atau script yang bisa menunjang eksistensi perkembangan usaha startup. Terutama startup e-commerce yang tentunya tidak semua mempunyai keahlian dalam mendevelope websitenya, perlu adanya platform yang mudah  digunakan, murah dan pasttinya secure.

Lalu apa itu WordPress, cukup amankah untuk digunakan para pelaku bisnis starup dan tentunya apakah familiar bagi pelaku bisnis startup yang gagap tehnologi? Mas Ivan Kristianto, selaku perwakilan dari Yayasan WordPress Indonesia sekaligus juga Lead Organiser WordCamp  Jakarta 2017, dalam acara Jakarta  WordPress Meetup #12 yang diselenggarakan bekerjasama dengan Code Management dengan gamblang menjelaskan bahwa WOrdPress adalah platform yang yang dapat di instal di hosting/ server untuk membuat blog atau website.

Bisnis startup membutuhkan tehnplogi yang besar
Bisnis startup membutuhkan tehnplogi canggih dan kuat

Kenapa WordPress ?

Karena saat ini platform yang paling banyak digunakan untuk membuat blog atau website adalah WordPress dan cukup familiar, mudah di customize dan tentunya gratis serta menjadi platform terbaik untuk saat ini.

  • WordPress sangat mudah dipelajari, bahkan untuk yang baru belajar untuk blogging
  • WordPress sangat ekstensif, mudah dikembangkan dengan menambahkan berbagai plugin yang sesuai dengan website yang kita inginkan
  • Design atau themes yang mudah di cucomisasi dan tersedia ribuan themes gratis dan premium, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kita
  • WordPress saat ini menguasai 30% pengguna internet aktif market software CMS
  • Bebas menentukan pilihan apakah akan menggunakan hosting dari wordpress atau menggunakan hosting sendiri

Di WordPress sudah disediakan direktori themes dan plugin yang gratis 100% serta ada juga yang bisa menunjang untuk “lite version” dari produkyang berbayar. Keunikan WorPress tentunya pada produk mereka yang gratis namun mampu membentuk sistem ekonomi bagi mereka yang berkecimpung didalamnya.

Bisnis startup dengan berbasis WordPress kita dibuat untuk tidak pusing memikirkan tehnologi, karena segala sudah disediakan dari themes premium, layanan web development atau jika memang usaha ini membutuhkan sesuatu yang lebih bisa dikombinasikan dengan mengggunakan WPEngine dan tentunya semua akan disesuaikan dengan kondisi bisnis tersebut. Jika ada ayang mudah kenapa harus dipersulit, jika ada yang gratis dan aman kenapa harus berbayar mahal . “Pikirkan saja strategi memasarkan usahanya, dan biarkan WordPress yang memikirkan tehnologi yang ada” begitu pesan pegiat dari WordPress meetup Jakarta ini.

Mengenai Jakarta WordPress Meetup sendiri, Ivan Kristianto menceritakan, bahwa kegiatan ini sudah berlangsung selama 10 tahun, dengan agenda diskusi perkembangan tehnologi berbasis internet serta pengembangan WordPress itu sendiri. Salah satu kegiatan besar yang akan dilaksanakan komunitas wordPress dalam waktu dekat ini akan dilaksanakanya wordcamp yang kali ini akan dilaksanakan di Jakarta, jangan lupa untuk bisa bergabung dan berdiskusi langsung dengan para ahli disini.

 

 

 

Iklan

One thought on “WordPress Untuk Startup?”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s