Tips Jitu Untuk Memulai Bisnis Travel yang Sukses


Pada saat jenuh menghadapi aktifitas sehari-hari yang padat dan melelahkan, setiap individu tentunya selalu berharap ada hari-hari menyenangkan untuk menyegarkan kembali pikiran mereka. Salah satu solusi yang tepat adalah pergi liburan. Liburan yang paling menyenangkan adalah pergi melakukan perjalanan jarak jauh dengan menuju sebuah tempat wisata. Untuk liburan semacam ini biasanya yang dicari adalah agen travel yang dapat memberikan pelayanan terbaik, bisa mengantarkan mereka ke tempat wisata yang mereka tuju.

Tanah Lot Bali
Tanah Lot Bali

Pada era sekarang ini, istilah travelling dan backpacker tentu sudah tak asing lagi didengar oleh kita sebagai khalayak umum. Berwisata hanya dengan membawa tas punggung untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lain adalah solusi bagi kita yang menginginkan kepraktisan dalam bepergian. Namun, tak jarang bagi orang awam yang menginginkan gaya berwisata seperti ini dirundung kecemasan untuk memulai dikarenakan sisi safety yang sangat kurang. Dengan adanya masalah-masalah tersebut, maka usaha tours and travel yang berkualitas, biaya terjangkau dan menawarkan ide berwisata dengan paket tour murah menjadi peluang usaha yang bisa menjanjikan.

Baca : Peluang Usaha Tour Travel tanpa Ribet

Travelling dan Pesatnya Technologi Digital

Internet telah mengubah banyak hal. Cara kita melakukan sesuatu saat ini sangat berbeda dengan saat internet velum memasyarakat. Cara kita berkomunikasi, cara kita menikmati hiburan, cara kita mencari informasi, cara kita berbelanja, termasuk cara kita mempersiapkan liburan seperti membeli tiket dan memesan akomodasi.

Candi Borobudur masih menjadi favorite wisatawan
Candi Borobudur masih menjadi favorite wisatawan

Semakin hari semakin jarang orang yang pergi ke biro perjalanan wisata alias travel agent untuk memilih paket wisata. Sekarang kebanyakan orang lebih memilih untuk mencari dan memesan sendiri serta membayar langsung dari berbagai sumber. Dengan cara ini selain mereka bisa mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan selera pribadinnya, biaya juga bisa ditekan.

Baca : Peluang Usaha Tour Travel Modal 0 Rupiah

Tidak berarti celah bisnis untuk travel agent tertutup sama sekali, hanya saja memang sekarang konsumen semakin cerdas karena mereka bisa mendapatkan informasi tentang apa saja, kapan saja, dengan mudah dan cepat. Mereka lebih tahu apa yang meraka inginkan dan bagaimana cara memenuhinya dengan efektif, alias cepat dan murah. Dalam kondisi ini kalau travel agent masih ingin bertahan mereka harus ikut berubah.

Di sisi lain, para penyedia jasa dan fasilitas bisa dengan mudah terhubung langsung dengan konsumennya tanpa melalui perantaraan travel agent. Hotel, penerbangan, penyewaan mobil, dan lain-lain tentu harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Tanpa “didikte” travel agent mereka bisa menikmati situasi dimana iklim pemasaran dan penjualan lebih sehat dan menguntungkan.

peluang usaha
Peluang usaha Tour Travel

Melihat fenomena ini, tentu bisnis travel pun memiliki peluang yang cerah untuk dijalankan. Bagi Anda yang sedang memikirkan sebuah usaha untuk dijalankan, maka pilihan bisnis travel online adalah pilihan yang baik. Besarnya permintaan dari pasar akan membuat Bisnis ini cukup menguntungkan.

Bisnis travel online ini sendiri sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Sebab dengan sistem online Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan elektronik yaitu komputer dan jaringan internet serta printer. Meski demikian, bukan berarti Anda juga mudah untuk mencapai sukses dalam menjalankannya. Lalu bagaimana cara untuk bisa sukses dalam bisnis travel online ini?

Lalu hal apa saja yang harus dilakukan jika kita ingin membuka usaha Travel ini? Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus tahu bahwa untuk membuka Travel Agen ada dua cara;
1. Travel Agen yang didukung dengan Badan Usaha, BPW, ASITA dan IATA jelas yang ini membutuhkan waktu proses dan modal yang sangat besar;
2. Travel Agent yang berstatus sebagai Sub Agen dari sebuah Travel Agen yang sudah mapan, nah kalau yang ini bisa berjalan secara instant dengan biaya sangat kecil, anda langsung jadi bos travel sendiri.

Adapun jasa-jasa Travel Agent untuk saat ini mencakup:
1. Ticketing Engine Domestik
2. Ticketing Engine Internatrional
3. Hotel Voucher
4. Tour Domestik
5. Tour Internasional
6. Haji/Umrah
7. Pulsa Elektrik
8. Valas
9. dll..

Dari kesemua jasa diatas kita bisa mengadopsi 3 jasa saja sudah sangat lumayan, malah kalau serius dan sungguh-sungguh kita bisa membantu org lain untuk bekerja.

(Adv : gamaloka)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s