Menikmati sunset di Pantai Gunung Kidul

Wisata Baru Yang Harus di Kunjungi Saat Ke Yogyakarta


Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgia
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja

Yogyakarta, Kla Project

Tidak heran jika Katon Bagaskara mampu menciptakan lagu melankolis ini untuk menggambarkan Kota Yogyakarta, rasanya memang benar bahwa Kota Yogyakarta itu candu, yang akan membuat kita selalu merindu. Bahkan seorang penyair, Joko Pinurbo  pernah berucap bahwa Yogya itu terbuat dari Rindu, Pulang dan Angkringan, tapi bagi saya bukan hanya itu, karena Ygya itu juga adalah keindahan. 

Panorama Gunung Merapi
Gunung Merapi dan Keindahannya

Saya tidak membicarakan keindahan kenangan yang ada di kota ini, karena ini bisa jadi baper. Keindahan Yogyakarta hingga saat ini masih mencuri perhatian para traveller, karena di kota yang juga disebut kota pelajar ini banyak menyuguhkan atraksi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Banyak hal-hal baru selalu terlahir dari kota ini, dari wisata kuliner, budaya, belanja hingga wisata alam selalu ada disini. Lalu wisata baru apa saja sih yang bisa kita nikmati dan tentunya agar liburan kita makin seru.

Baca juga : Menyusuri jejak Purba di Nglangeran Gunung Kidul

Tebing Breksi : Tak Selamanya Luka itu Menyakitkan

Ketika kita terluka, yang timbul adalah rasa sakit, tapi apakah rasa sakit itu harus kita rasakan terus dan dibiarkan luka itu merusaka tubuh kita? Tebing Breksi ini bisa jadi juga sebuah luka pada alam, namun masyakarat sekitar tidak mau membiarkan luka itu merusak dan menggerogoti mereka, maka ereka menjadikan luka itu menjadi sebuah keindahan.

Panorama Tebing Breksi
Panorama Tebing Breksi

Tebing Breksi, ini awalnya merupakan areal penambangan batu kapur yag dikelola oleh masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian sejak 1980an. Bekas galian yang tertinggal ini berupa tebing-tebing dengan sisa pahatan yang khas menyisakan pemandangan unik tersendiri, perpaduan warna coklat, hitam, dan putih tampak artistik dan eksotis.

Meskipun tergolong baru sebagai lokasi wisata, namun pengelola sangat serius membenahi fasilitas untuk pengunjung, disini sudah terdapat Mushola untuk ibadah bagi umat islam, toilet juga pusat jajanan bagi pengunjung yang merasakan lapar ataupun kehausan. Prospek wisata Tebing breksi ini akan makin banyak menarik pengunjung, seandainya pengelola benar benar serius memadukan geowisata dengan budaya lokal.

Baca selengkapnya disini ya : Tak Selamanya Luka itu Menyakitkan

The Lost World Castle, Kastil di Lereng Merapi

Saat saya berkunjung ke lokasi ini, saya jadi teringat pada sebuah acara televisi di stasiun swasta, entah tahun berapa itu saya lupa. Acara reality show ini dengan format game sebenarnya sangat sederhana, yaitu para peserta harus menghadapi rintangan demi rintangan untuk menyeleksi peserta yang pada akhirnya akan berperang melawan raja Takeshi. Bukan acara gamenya yang saya maksud tapi lokasi acara itu yang disebut Benteng Takeshi sangat mirip dengan The Lost World Castle ini, mungkinkah ada korelasinya?

The Lost World castle
The Lost World Cstle, Benteng dilereng Gung Merapi

The Lost World Castle sendiri merupakan bangunan yang dibentuk dari susunan batuan magma. Bentuk bangunan ini menyerupai benteng kuno. Berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektare, merupakan lokasi yang pernah hangus dilalap letusan gunung Merapi. Dinamakan The Lost World Castle seakan ingin mengingatkan pada kita pada sebuah kota yang hilang karena musibah letusan gunung merapi. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan wisata baru, terutama wisatawan yang datang menggunakan jasa jeep lava tour Merapi atau kita juga bisa menggunakan kendaraan sepeda motor kesini.

Baca juga : Menikmati malam di Pantai Siung

The Lost World casrle terletak kawasan wisata sleman Desa Kepuharjo yang sempat habis dilalap erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, tepatnya di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota dan berada tepat di lereng Gunung Merapi. Tetapi sebenarnya, tempatnya tidak jauh dari lokasi wisata Kaliadem yang tidak kalah populernya dan Merapi Golf. Yang mengejutkan lagi, The Lost World Castle ternyata sudah terdeteksi di Google Map, jadi tidak susah menemukan rute ke sana.

Stonehenge, Kembalinya Jaman Neolitikum di Yogya

Siapa yang tidak tahu monumen Stonehenge yang sangat terkenal di Ingggris, menurut wikipedia Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Namun saat ini kita tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk bisa melihat monumen yang cantik itu, karena saat ini Stonehenge versi Sleman sudah ada di Indonesia.

Stonehenge ala Sleman
Stonehenge ala Sleman

Berada tidak jauh dari lokasi wisata Benteng Takeshi atau The Lost World Castle, Stonehenge menempati area seluas 200 meter persegi, gugusan batu raksasa Stonehenge bisa menjadi latar foto yang apik. Apalagi jika cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi sekitar 4 meter ini sangat memanjakan mata. 

Letaknya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stonehenge kini menjadi tujuan wisata alternatif selain menikmati panorama Gunung Merapi.

Maka wajarlah jika kamu pernah dan berlibur di Yogyakarta, rasa nyeri akan kamu rasakan ketika orang menyebutkan kata Yogyakarta. Rindu untuk kembali, dan menjadikan Yogyakarta kota untuk Pulang melepas rindu pada kesederhaaan, pada keramahtamahan dan pada kenangan yang tak akan pernah terlupakan.

Iklan

24 thoughts on “Wisata Baru Yang Harus di Kunjungi Saat Ke Yogyakarta”

  1. Jadi kangen Jogja, setahun lebih tinggal di sana nggak bikin aku bosen, malah selalu rindu kalo meninggalkan jogja, pengen balik lagiiiii… tapi yang disayangkan sekarang jogja udah padat dengan turis lokal maupun mancanegara… hiks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s