Technologi Traveling Jaman Now Yang Wajib Anda Tahu


Jaman now siapa yang tidak memiliki gadget, semua orang dari anak kecil hingga orang tua tidak bisa lepas dari barang yang satu ini.  Gadget yang dulunya hanya kebutuhan sekunder, sekarang bahkan bisa dikatakan merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus disiapkan, karena bisa jadi tanpa ada gadget kita bahkan tidak bisa melakukan apa-apa.

Saat ini traveling bukan lagi aktivitas yang rumit dilakukan di era serba digital ini. Tidak seperti beberapa tahun lalu, dimana para travelers harus mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra untuk pergi ke terminal atau stasiun membeli tiket, menelepon beberapa penginapan dan hotel, serta mendatangi pusat informasi tempat-tempat wisata untuk memesan tiket.

Gadget dan Traveller

Gadget dan pemenuhan peta perjalanan

Begitu pula kehadiran gadget saat ini, bagi seorang travelers dan pelaku industri wisata, keberadaan gadget sangat banyak menguntungkan, terutama dengan adanya inovasi teknologi dan ragam aplikasi traveling zaman now seperti:

  1. GPS alias Global Positioning System

Dengan teknologi GPS yang mudah dibawa kemana saja ini, anda tak perlu repot membawa peta lokasi tujuan wisata. Bayangkan, jika anda berlibur ke lima destinasi, maka anda harus punya lima peta berbeda! Tetapi dibantu navigasi perangkat GPS, anda bisa dengan mudah menjelajahi spot-spot menarik di suatu tempat yang belum pernah anda datangi sebelumnya tanpa khawatir tersesat.

  1. E-tiket atau electronic ticket

Tiket elektronik yang bisa dipesan melalui situs transportasi tertentu atau agen wisata online ini membuat para traveler tak lagi perlu datang ke loket-loket di stasiun, terminal dan bandara untuk memesan tiket perjalanan. Aplikasi tiket online bahkan bisa diunduh melalui ponsel pintar. Tiket akan dikirim ke email pemesan, dan bisa ditukar dengan tiket fisik atau tiket kertas pada hari H keberangkatan di stasiun, terminal dan bandara.

  1. Reservasi kamar online

Tidak hanya hotel-hotel mewah, ratusan penginapan di sekitar destinasi wisata saat ini sudah menggunakan reservasi online untuk memudahkan traveler. Cukup dengan mengetikkan nama kota atau tempat wisata yang akan dikunjugi, aplikasi pemesanan online akan memberi anda beragam pilihan tempat menginap.

Anda bahkan bisa memilih berdasarkan:

  1. Jarak penginapan dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi
  2. Jenis penginapan seperti hotel, hostel, guesthouse atau homestay
  3. Budget atau tarif menginap
  4. Fasilitas yang disediakan
Pemenuhan hotel bisa melalui gadget

Pemenuhan hotel bisa melalui gadget

  1. Media sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan sebagainya, juga banyak dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata. Cukup masukkan nama daerah atau tempat yang ingin anda datangi pada kolom pencarian di halaman media sosial, dalam waktu kurang dari semenit anda akan disuguhi aneka gambar, video dan deskripsi mengenai destinasi tersebut.

Media sosial dalam traveling

Media sosial dalam traveling

Melalui media sosial, anda juga menemukan banyak review dan tips-tips tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di suatu destinasi wisata, makanan apa yang harus dicicipi, penginapan mana yang nyaman dan murah, pilihan transportasi lokal untuk menuju tempat-tempat menarik, bahkan juga rincian anggaran yang harus disiapkan.

  1. Konversi mata uang

Yang terakhir, untuk anda yang traveling ke luar negeri, aplikasi konversi mata uang ini akan memudahkan anda membandingkan atau mengkonversi nilai mata uang dengan cepat, misalnya dari Rupiah ke Euro dan sebaliknya.

Kalau kalian sendiri apa yang disiapkan saat mau traveling?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s