Asyknya Menyelam di Perairan Pulau Cinta (Island of Love)


Love, Cinta itu bukan hanya milik orang yang kasmaran (jatuh cinta), tapi love juga akan keluarga, love juga akan sejarah dan juga tentunya love akan lingkungan disekitar kita,” Begitulah jawaban Bupati Kepulauan Seribu menanggapi pemberian city branding untuk kepulauan seribu sebagai Island of love. 

Keberadaan Kepulauan Seribu dengan wisata baharinya setidaknya mampu untuk mengobati kejenuhan akibat kesibukan kerja masyarakat Jakarta. Tentunya dengan sentuhan love (cinta) menjadikan tempat-tempat bernuansa alam akan semakin menjadi idola bagi masyakarat Jakarta untuk berlibur, meskpun masih banyak juga masyarakat yang tidak menyadari bahwa keindahan di Kepulauan Seribu tidak kalah dengan keindahan wilayah Indonesia timur.

Baca : Menyelam di Perairan Indah Pulau Pelangi Kepulauan Seribu

Kesibukan dermaga Pulau Pramuka

Kesibukan dermaga Pulau Pramuka

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat kita berada di Kepulauan Seribu, memancing, camping, menyelam atau hanya sekedar bersantai-santai bersama teman menikmati hamparan pasir dan bermain-main dengan coral pantai

Kegiatan Snorkeling di Pulau Semak daun

Dicapai dalam 20 menit dengan perahu kayu dari Pulau Pramuka. Pulau Semak Daun merupakan pulau konservasi dengan luas 8 hektare yang tidak berpenghuni. Memiliki pantai pasir putih yang bersih, indah dan nyaman buat berenang karena ladai, menjadikan Pulau Semak Daun sebagai favorite untuk menghabiskan liburan dengan mendirikan tenda (camping) di pulau ini.

Baca : Camping Asyk Pulau Semak Daun

Baca : Tips Camping Murdah Semak Daun

Dermaga Semak daun

Dermaga pantai Pulau Semak Daun

Spot snorkeling paling bagus di sekitar Pulau Pramuka adalah di sekitar Pulau Semak Daun, sekitar 500 meter dari lepas pantainya yang merupakan zona koral dengan kedalaman 3 – 10 meter. Untuk peralata snorkeling jika kita tidak membawa, bisa disewa disekitar Pulau Pramuka atau menanyakan langsung pada nelayan perahu kayu yang banyak disekitar dermaga Pulau Pramuka. Dengan harga sewa rata-rata Rp 35ribu kita sudah bisa mendapatkan satu set lengkap peralatan snorkeling.

Menyelam di Soft Coral Pulau Panggang

Pulau Panggang terletak disebrang Pulau Pramuka, untuk mencapai pulau ini tidak susah karena dari dermaga Pulau Pramuka ada angkutan perahu kayu yang khusus melayani warga sekitar pulau untuk menyebrang.  Seperti lazimnya angkutan kota, perahu kayu nelayan ini juga melayani ke beberapa pulau sekitaran Pulau Pramuka.

Pulau Panggang sendiri merupakan pulau dengan jumlah pemukiman terpadat dikawasan Kepulauan Seribu. Di pulau ini sejak jaman era penjajahan sudah merupakan lokasi tempat tinggal residen yang membawahi kawasan Kepulauan Seribu. Bekas bangunan residen jaman dulu,  kini masih bisa kita lihat dan beralih fungsi menjadi Kantor Kelurahan Pulau Panggang.

Snorkeling di pantai

Kegiatan snorkeling merupakan aktivitas favorite di pulau

Di Pulau Panggang sendiri disamping sebagai kawasan pemukiman, terletak sekitar 1 km dari bibir pantai, terdapat spot menyelam soft coral dengan kedalaman 20 meter.  DI area ini terdapat sekitar 144 jenis ikan hias laut, seperti anemone fish, sweetlips fish dll.

Snorkeling di Pulau Karang Beras

Kepulauan Seribu mempunyai banyak pulau-pulau dengan spot snorkeling terbaik, salah satunya adalah di Pulau Karang Beras. Untuk mencapai pulau ini bisa diakses melalui Pulau Pramuka dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dengan menggunakan perahu kayu.

Spot snorkeling disekitar Pulau  Karang Beras biasanya akan satu rute dengan Pulau Aer dan Pulau Payung, disini banyak terdapat beraneka koral yang berbentuk seperti lembaran meja dan koral yang berjari-jari. Aneka ikan warna warni semakin melengkapi keindahan bawah laut Pulau Karang Beras.

v

Hamparan pasir putih di Bawah air.png

Pulau Karang Beras sendiri juga merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni, dipantai yang landai terhampar pasirputih yang lembut sehinggga lokasi ini juga menjadi favorite untuk dijadikan lokasi camping. Namun untuk camping disini harus menyiapkan banyak persediaan air minum dikarenakan tidak adanya sumber air yang bisa digunakan.

Iklan

2 thoughts on “Asyknya Menyelam di Perairan Pulau Cinta (Island of Love)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s