Jembatan Cinta pulau Tidung

Mentari Tenggelam di Jembatan Cinta Pulau Tidung


Ombak bergulung tinggi di perairan Kepulauan Seribu pada musim angin timur ini. Kapal motor yang saya naiki berkali kali serasa terempas, dan terpaksa menurunkan kecepatannya agar mengurangi benturan keras dengan arus ombak yang menggila. Terlihat wajah-wajah penumpang menegang dan semuanya berpegangan pada sandaran kursi masing-masing.

Pada perjalanan kali ini saya mencoba naik kapal motor yang berangkat dari Dermaga 21 Pantai Marina Ancol jakarta Utara, sesuai jadwal kapal motor berangkat pukul 08.00. Untuk mengisi akhir pekan ini, Pulau Tidung menjadi pilihan saya utuk berlibur, tidak hanya melakukan snorkeling nantinya juga saya akan melihat burung diarea penangkaran Pulau Kotok.

Baca : Asyknya Menyelam di Perairan Pulau Cinta (Island of Love)

Baca : Menyelam di Perairan Indah Pulau Pelangi Kepulauan Seribu

Dermaga kapal

Dermaga kapal

Transportasi ke Pulau Pramuka dan Pulau Tidung

Untuk menuju Pulau Pramuka dan Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, kita dapat mencapai melalui tiga jalur. Naik speedboat dari Dermaga 21 Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, perahu kayu melalui dermaga pelabuhan rakyat Muara Angke, Jakarta Barat dan Kapal PELNI  di Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

  1. Dari Dermaga 21 Pantai Marina, Ancol Jakarta Utara, tersedia Kapal motor speedboat yang berangkat pukul 08.00 dengan rute marina – Pulau Bidadari – Pulau Untung Jawa – Pulau Pari – Pulau Pramuka/ Pulau Tidung. Kapal speedboat ini hanya memuat sekitar 28 orang penumpang, sehingga saat ombak tinggi akan berasa hempasan ombak lautnya, ini tentunya kurang nyaman bagi yang suka mabuk laut, namun kapal ini bisa cepat sampai ditujuan.
  2. Untuk kapal dari dermaga rakyat Muara Angke sendiri cukup banyak kapal yang akan menuju ke Pulau Pramuka atau Pulau Tidung. Kita tinggal datang ke dermaga dan membeli tiket kapal, nantinya kita akan diarahkan oleh orang-orang kapal untuk naik sesuai tujuannya maing-masing. Umumnya wisatawan yang lewat dermaga ini sudah punya kapal favorite masing-masing karena kenyamanan kapal kayu ini berbeda-beda sesuai kondisi kapalnya. Kapal kayu ini cukup besar dengan daya tampung lebih dari 50 orang, dengan tempat duduk lesehan sehingga kita bisa tiduran asal penumpang tidak sedang membludak.
  3. Kapal PELNI sendiri belum lama melayani pelayaran perintis ini, dengan harga tiket yang murah dan sangat terjangkau semestinya menjadi favorite apalagi kenyamanan yang sudah pasti didapatkan. Naun mungkin karena belum banyak masyarakat yang mengetahui atau terkadang jadwal yang tidak pasti sehingga tidak banyak yang berangkat melalui demaga Peabuhan Sunda Kelapa.

Baca : Sabuk Nusantara 46 Penyambung Pulau pelepas penat

Kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa

Kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa

Berlayar Antar Pulau di Kepulauan Seribu

Bukan hanya snorkeling aktivitas yang dilakukan di perairan kepulau Seribu, umumnya paket yang ditawarkan agen perjalanan atu paket dengan layanan kelilling pulau, tentunya dengan perahu kayu nelayan. Tapi jika kita ingin berlibur lebih santai  dan bebas menentukan tujuan, kita bisa menentukan jadwal dan rencana liburan bareg teman sendiri tanpa melalui agen perjalanan.

Dermaga pulau Tidung

Dermaga Cinta

Persewaan perahu kayu nelayan sangat mudah didapatkan, dengan biaya sewa Rp 450ribu kita sudah bisa mengunjungi 4 – 6 pulau. Nelayan akan mengantarkan kita berkeliling ke spot-spot snorkel yang sudah biasa dilakukan. Jika kita sudah mengenal dengan nelayan setempat, biasanya akan ada kejutan-kejutan dengan tujuan pulau yang tidak kita sangka yang bisa berbonus indah.

Senja Indah di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Kisah asmara ada di Pulau Tidung, makanya banyak pasangan yang berlibur ke pulau ini, fasilitas wisata di pulau ini juga terbilang sudah sangat komplit. lebel sebagai pulau asmara sendiri terletak pada jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan Cinta merupakan dermaga sepanjang sekitar 1 kilometer, dengan keunikan jembatan ini dengan struktur yang naik turun dan meliukliuk.

Jembatan Cinta pulau Tidung

Jembatan cinta pulau Tidung

Struktur jembatan yang naik turun sebetulnya karena dibawah jembatan juga digunakan untuk lalulintas perahu kapal nelayan, dengan tinggi jembatan 4 – 5 meter menjadi lokasi favorite pengunjung uji adrenalin dengan terjun bebas.

Mitos kuat beredar di sekitar jembatan ini, terutama untuk orang yang sedang kasmaran, konon jika berlibur bersama pasangannya ke jembatan cinta ini, hubungan mereka akan langgeng dan yang jomblo akan segera mendapatkan pasangannya. terlepas benar tdaknya mitos jembatan cinta, nyatanya banyak pengunjung yang hilir mudik di jemabatan cinta dengan pasangannya terutama menjelang sore hari. Melihat diujung cakrawala yang perlahan warna menjadi jingga, ku aduk kopi hitam mengenang nostalgia dan melupakan segenap prahara yang ada.

 

Iklan

One thought on “Mentari Tenggelam di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s