Belajar Mengenal dan Meracik Teh Bersama Teh 2 Tang

Untuk hasil teh terbaik, merupakan hasil dari teh yang dipetik dari pucuk teh termuda, yang juga tentunya harus diikuti dengan cara pengolahan yang baik.


Sebagai orang yang lahir dari desa wilayah pantura, tentunya ada kebiasaan- kebiasaan yang umumnya dilakukan orang desa, ngumpul bareng temen dan tentunya tidak lupa adalah Teh Poci dengan tambahan gula batu. Nge-teh dengan campuran gula batu memberikan citarasa tersendiri, bukan hanya karena aroma tehnya saja namun juga poci sebagai wadah merupakan kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar sehingga menimbulkan aroma yang berbeda.

Namun saya yakin tidak semua orang mengetahui tentang ragam serta jenis teh, karena seperti umumnya orang hanyalah sekedar penikmat dan tidak mau mengetahui lebih jauh tentang teh itu sendiri. Hingga akhirnya detikfood mengundang workshop “Belajar Mengenal dan Meracik Teh Bersama Teh 2 Tang” saya pun menjadi penasaran ingin mengetahui lebih jauh tentang teh.

belajar meracik teh
Green Tea Experience

Kelas Teh yang diadakan di sebuah restoran Nusa Indonesia Gastronomy kawasan Kemang ini menghadirkan narasumber yang bisa dibilang master teh nya Indonesia, Ratna Somantri. Pengetahuannya tentang teh sudah tidak diragukan lagi, terbukti dengan sudah banyaknya buku-buku tentang teh yang diterbitkannya.

Diawali dengan pengenalan teh secara umum, dari fisiologi hingga tentunya sejarah kapan tanaman teh mulai masuk di Indonesia. Berbeda dengan workshop lainnya yang lebih mendeskripsikan pada gambaran teoritis, disni peserta langsung dikenalkan secara langsung bentuk fisik, warna juga aroma teh. Dari setiap proses dan jenis teh juga dikenalkan secara berbeda, peserta disajikan secara langsung untuk bisa mencicipi perbedaaan rasa dan aroma teh yang dibuat.

Interaksi Narasumber dengan peserta
Interaksi yang akrab antara narasumber dan peserta

Jika selama ini pemahaman saya tentang green tea, white tea, oolong ataupun black tea adalah pada jenis tanamannya, ternyata yang membedakan jenis teh adalah pada proses pengolahan yang terjadi pada saat daun teh mulai dipetik. Daun teh yang diproses dengan sangrai makan akan menjadikan daun teh menjadi gelap atau biasa disebut black tea. Sementara jika dilakukan melalui proses steaming, warna teh akan menjadi hijau.

Untuk hasil teh terbaik, merupakan hasil dari teh yang dipetik dari pucuk teh termuda, yang juga tentunya harus diikuti dengan cara pengolahan yang baik. Pada sesi pengenalan, narasumber juga memberikan contoh secara langsung teh yang aromanya sangat lembut banget, banyak peserta yang mengira itu adalah jenis teh dari negara Jepang atau China. Tak saya duga ternyata teh dengan aroma yang sangat soft tersebut berasal dari Indonesia asli, produksi Teh 2 Tang.

Setiap teh akan menyajikan rasa yang berbeda
Teh yang nikmat warnanya kuning keemasan

Dalam proses untuk menyeduh teh juga diperlukan tehnik tidak asal menyeduh karena akan berpengaruh pada rasa teh itu sendiri, termasuk juga pada saat kita ingin menyeduh teh hijau celup. Menyeduh teh hijau celup yang baik tidak sekedar mencelupkan teh ke dalam cangkir, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terutama suhu air dan waktu penyeduhannya.

Teh Hijau Celup 2 Tang yang diproses dengan teh hijau alami, dibuat dengan menggunakan daun teh pucuk pilihan diproduksi tidak menggunakan bahan pengawet dan zat pewarna diproses secara higienis sehingga bukan saja menghasilkan aroma alami juga menghasilkan rasa teh yang nikmat, serta bagus untuk kesehatan.

Teh terbaik
Bentuk Teh terbaik bisa dilihat secara fisik

Untuk menyeduh Teh Hijau Celup 2 Tang, kita bisa menggunakan air panas dengan suhu 70 – 80 derajat, untuk teh celup sebaiknya hanya digunakan untuk satu kali penyajian, sehingga akan menghasilkan rasa teh yang maksimal. Letakan teh celup ke dalam cangkir terlebih dahulu, kemudian baru tuangkan air panas, biarkan teh celup larut dengan sendirinya.

Biarkan teh celup didalam seduhan selama 2 – 3 menit, kemudian ambil teh celup dari cangkir, jangan biarkan teh celup terlalu lama di dalam seduhan air karena semakin lama diseduh rasa teh akan menjadi alami. Karena rasa teh yang baik adalah air berwarna kuning bukan hitam pekat yang rasanya menjadi pahit, nammun masih menyisakan rasa manis.

 

 

 

Iklan

Penulis: thoriqalfatah

Hai , I'm Thoriq, bukan penulis cuma suka iseng nyoret nyoret, kesukaan touring dan kegiatan sosial lainya, kontak saya on azollamexicana@gmail.com :) wa 08159687872

8 tanggapan untuk “Belajar Mengenal dan Meracik Teh Bersama Teh 2 Tang”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s