Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Mekarnya Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas


Bunga sakura, pastinya tidak asing ditelinga kita dan yang ada dibayangan kita adalah Jepang. Bunga sakura memang identik dengan Jepang, karena memang merupakan bunga nasional dari negara yang mempunyai julukan negara matahari terbit.

Banyak orang yang ingin ke Jepang hanya karena ingin melihat bunga sakura ini, tapi tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan dan yang pasti tidak semua orang bisa berlibur kesana dengan keterbatasan materi, lalu apa itu berarti mengubur harapan untuk bisa melihat indahnya bunga sakura?

Sungai Ciwalen di Tegah Taman Sakura

Sungai Ciwalen di Tegah Taman Sakura

Harapan untuk bisa melihat bunga sakura tidak harus terbang ke negari sakura, karena pohon bunga sakura juga ada di Indonesia. Tepatnya di Kebun Raya Taman Cibodas, kita bisa menyaksikan bunga-bunga sakura bermekaran.

Lokasi Taman Sakura Cibodas

Bunga Sakura yang dinegerinya hanya bersemi setiap satu tahun sekali ini memang indah, hingga banyak orang rela terbang meninggalkan negaranya hanya untuk bisa melihat keindahan bunga ini. Namun jangan salah, kini kita bisa melihat secara langsung Taman Sakura dengan bunga-bunga sakura bermekaran.

Pucuk Bunga Sakura Taman Sakura

Pucuk Bunga Sakura Taman Sakura

Secara tidak sengaja saya melihat informasi dari LIPI yang membahas tentang jenis-jenis bunga sakura, dari uraian tentang bunga sakura ternyata ada info tentang mekarnya bunga-bunga sakura di Kebun Raya Taman Cibodas Cianjur ini.

Mendapatkan info tentang mekarnya bunga ini, tentunya menarik perhatian saya untuk bisa melihatnya secara langsung, mengingat beberapa waktu yang lalu saya hanya bisa melihat pohonnya saja tanpa ada sepucuk bunga yang mekar.

Berangkat dari Jakarta saya lebih memilih menggunakan commuterline, namun sebelumnya saya sudah membooking rental motor yang ada di Kota Bogor. Saya memilih menyewa sepeda motor di Bogor lebih pada pertimbangan waktu, mengingat sering macetnya jalan raya Bogor yang harus saya lewati dan itu bikin menguras tenaga dan emosi.

Mejeng di tengah Sungai Ciwalen

Mejeng di tengah Sungai Ciwalen

Bagi yang tidak suka naik commuterline bisa menggunakan kendaraan bus, umumnya akan banyak kita temukan di Terminal Kampung Rambutan, pastikan anda naik bus yang akan melewati Cianjur via Puncak, sebelum RSUD Cianjur tepatnya di pertigaan Cibodas, turun dan berganti kendaraan angkutan yang sudah banyak ngetem di pertigaan Cibodas, selanjutnya bisa turun langsung di pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Namun saya lebih menyarankan pakai kendaraan, untuk ke Kebun Raya Cibodas, mengingat Kebun Raya ini luasnya mencapai 84. 99 hektar, mungkin jika niatnya sekalian olahraga mengitari kebun raya itu lain lagi. Dan Taman Sakura merupakan salah satu bagian dari taman-taman yang ada di kebun raya ini.

Harus dipahami dan dimengerti yang sejujurnya susah dipahami oleh saya, saat kita memasuki kawasan Kebun Raya Cibodas, akan menemukan gerbang pertama yang menarik tiket Rp 7.500,- per orang tanpa diberikan tiket, alasannya adalah tiket untuk masuk kawasan, entah kawasan apa yang dimaksudkan. Dan pada saat kita masuk Kebun Raya Cibodasnya kita akan kembali dikenakan tiket masuk Rp 9.500,- per orang (tapi kemaren saya dikenakan Rp 10.000,- karena tidak ada kembalian).

Bunga Sakura di Taman Sakura Cibodas

Untuk bisa melihat Bunga Sakura, begitu masuk Kebun Raya Cibodas kita bisa langsung menuju Taman Sakura yang terletak di sebuah lembah yang ditengahnya mengalir Sungai Ciwalen. Taman yang dibangun pada tahun 2007 ini mengambil konsep Japanese, sesuai dengan asal bunga sakura itu sendiri.

Bunga Sakura

Keberadaan Sungai Ciwalen yang mengalir ditengah Taman Sakura semakin menambah keindahan bunga-bunga sakura yang bermekaran dengan warna merah dan pink. Koleksi bunga sakura, yang ada di Taman Sakaura ini sendiri ada 4 jenis yaitu Prunus cerasoides D. Don, Prunus arborea (Blume) Kalkman, Prunus costata (Hemsl) Kalkman, dan Prunus Sp.

Salah satu perbedaan Bunga Sakura yang ada di Taman Sakura ini adalah pada jenis Prunus Cerasoides karena bisa berbunga 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus, karena mekarnya bunga sakura ini sangat dipengaruhi oleh hujan dan suhu udara.

Tunas Bunga Sakura

Tunas Bunga Sakura

Selain di Taman Sakura, Bunga Sakura juga bisa temukan di kolam besar atau biasa disebut danau, yang letaknya di sekitar Kafe Kebun Raya Cibodas tidak jauh dari Rumah Kaca. Pohon bunga sakura yang disini, konon merupakan yang pertama kali ditanam pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1938 oleh peneliti Belanda.

Keindahan mekarnya Bunga Sakura ini, hanya bisa kita nikmati sekitar 4 hari, dan untuk pembungaanya sendiri dari mulai bunga menguncup hanya sekitar seminggu, jadi jika ingin melihat keindahan bunga sakura, kita harus bergegas atau harus menunggu 6 bulan lagi.

 

 

 

Iklan

One thought on “Mekarnya Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s