Menikmati senja di Pulau Karimunjawa

Menikmati Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa (bag 1)


Gerimis menyambut kedatangan saya di kota kelahiran Ibu RA Kartini, Rembang, Jawa Tengah, suasana malam cukup meriah bahkan gerimis seakan tidak mengusik hilir mudik orang dikeramaian pasar malam Kota Rembang. Waktu baru menunjukan pukul 20.10 wib, dan teman yang saya tunggu, kabar terakhir masih terjebak kemacetan di Kota Gresik.

Bersama beberapa teman yang berbeda-beda kota, kami hari itu akan melakukan trip ke Kepulauan Karimunjawa tentunya tidak melalui agen perjalanan, bukan karena ga mampu bayar biaya trip tapi tentunya alasan lebih leluasa untuk mengeksplorasi destinasi wisata bahari di Pulau Jawa ini yang menyajikan keindahan serta kekayaan keanekaragaman hayati laut.

Snorkeling berburu nemo di Kepulauan Karimunjawa menjadi agenda wajib saat ke pulau ini

Snorkeling berburu nemo di Kepulauan Karimunjawa menjadi agenda wajib saat ke pulau ini

Menjelang tengah malam, setelah rombongan yang janji ketemu di Kota Rembang komplit, kami melanjutkan kembali perjalanan ke Kota Jepara, mengunakan kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Sesampainya di pelabuhan Kartini, hari masih terlalu gelap dan pelabuhan belumm dibuka,  ada beberapa jam sampai loket dibuka.

Baca juga ya : Pesona Karimunjawa : Dari perburuan ‘ngoto’ hingga legenda batu pengantin

Meskipun loket baru akan buka beberapa jam lagi, namun didepan loket sudah banyak yang mengantri dengan duduk-duduk atau tiduran, saya dan rombongan pun mengambil posisi istirahat didalam barisan antrian tiket, meskipun sebetulnya tidak perlu semua rombongan ikutan antri.

Arah Dermaga pelabuhan dan Panati kartini

Arah Dermaga Pelabuhan dan Pantai Kartini

Tips dan Trik ke Karimunjawa

“Loket ditutup lagi, tiket sudah habis terjual,” gerutu teman yang sudah mengantri beberapa jam namun akhirnya gagal mendapatkan tiket kapal penumpang untuk ke Karimunjawa.

“Baru 15 menit tiket sudah habis terjual!” Rasa kesal, kecewa dan marah menghinggapi perasaan kami, tentunya perjuangan dari beberapa kota yang jauh-jauh tidak ingin sia-sia, kamipun mencari cara agar dapat terangkut kapal.

Baca ya : Sejuta Keindahan Karimunjawa

Akhirnya kamipun berpencar disekitar pelabuhan, apalagi kalau bukan mencari calo yang biasanya ada disekitar pelabuhan, sebenarnya kesal jika harus melalui calo namun apa boleh buat karena tidak ada cara lain, dan akhirnya tidak lama kamipun mendapatkannya disekitar kapal.

Untuk ke Karimunjawa sebetulnya bukan hanya mengunakan KMP Siginjai saja, memang kapal feri ini favorite mengingat tarifnya yang murah meskipun kita dikapal bisa 6 jam perjalanan untuk sampai Karimunjawa. Dari Pelabuhan Pantai Kartini KMP Signjai berangkat setiap dua hari sekali, dengan jadwal dari Jepara Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 09.00 wib.

KMP Siginjai Jepara - Karimunjawa

KMP Siginjai Jepara – Karimunjawa

Namun bagi yang ingin segera cepat sampai ke Karimunjawa bisa menggunakan KM Express Bahari dengan jadwal keberangkatan Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu dan waktu tempuh hanya 1 jam 45 menit.

Bukan hanya lewat Jepara saja akses menuju Karimunjawa, dari Pelabuhan Tanjung Mas dan Kenal juga melayani penyebrangan dan waktu tempuh yang lumayan lebih cepat dari KMP Siginjay Jepara.

Menikmati Senja Indah di Pantai Tanjung Gelam

Menumpang pelayaran KMP Siginjay dari pelabuhan Jepara, maka kita harus menyiapkan bekal dan mental jika perlu kipas sate dibawa tentunya bukan untuk bakar sate tapi kipas kipas biar tidak kepanasan selama di kapal. Di KMP ini selain berhimpitan bahkan untuk duduk juga susah ditambah jika sedang musim angin barat dimulai akan sangat mengganggu pelayaran.

Pantai Ujung Gelam atau Tanjung Gelam

Pantai Ujung Gelam atau Tanjung Gelam dengan pantai yang landa, pasir putih dan Pohon Kelapa

Sesekali kapal terempas ombak, terkadang hujan turun dengan derasnya, kemudian menghilang tiba-tiba kayak kamu, yang datang tak diundang pergi tak diantar. Terkadang hempasan ombak besar membawa air laut masuk ke dalam geladak yang membuat penumpang panik, namun itu semua menjadi sebuah perjalanan yang luar biasa.

Dan hingga akirnya semua penumpang bernafas lega saat kapal berhasil membuang sauh dan merapat ke dermaga, wajah wajah yang tadinya letih menjadi cerah dengan penuh senyuman.

Turun dari kapal rombongan langsung menuju ke lokasi penjemputan, karena sebelumnya kami sudah memesan homestay yang agak jauh dari pelabuhan, sehingga harus dijemput menggunakan mobil bak terbuka. Di sekitar pelabuhan juga banyak rumah penduduk yang dijadikan homestay, atau jika ingin lebih romantis bisa memesan rumah apung yang sekelilingnya banyak ikan hiu, hiiii serem yah 🙂

Setelah cukup istirahat dan makan siang, hari itu kami belum ada rencana keliling pulau untuk snorkeling, maka untuk mengisi waktu kami mengunjungi Tanjung Gelam. Dengan menggunakan mobil bak terbuka kami menyusuri jalanan pulau yang beraspal meskipun dibeberapa lokasi mendapati jalanan tanah yang licin, becek terkadang mendaki dan menurun dengan curam.

Menikmati senja di Tanjung Gelam

Menikmati senja di Tanjung Gelam

Sekitar 20 menit kami menyusuri jalanan yang cukup memacu adrenalin, lalu kami berjalan kaki 5 menit. Dan akhirnya, kamipun menemukan bibir pantai yang eksotis, air laut biru terang dengan riak tenang gelombang dipadu dengan hamparan pasir putih.

Tanjung Gelam atau Ujung Gelam, terletak disebelah barat Pulau Karimunjawa ini memiliki pantai yang landai dan menjadi spot favorite untuk menikmati matahari tenggelam. Disekitar pantai banyak pohon kelapa dengan daunnya yang melambai karena hembusan angin laut menambah keindahan pantai.

Menikmati pantai dengan berenang atau snorkeling juga bisa dilakukan disini. Bagi yang belum terbiasa snorkeling lokasi pantai Ujung Gelam sangat cocok untuk pemanasan atau belajar, agar esok saat keliling pulau untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa tidak kaget lagi.

Iklan

One thought on “Menikmati Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa (bag 1)

  1. Ping balik: Asyknya Berenang Bersama Hiu di Kepulauan Karimunjawa (Bag 2) – Petouring

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s