Senja di Karimunjawa

Karimunjawa, Tempat Sejuta Pesona dan Panorama


 

Rasa syukur dan takjub rasanya tak henti-henti terucap dari mulut saya. Kembali saya diberikan kesempatan dan waktu untuk berkunjung ke Karimunjawa. Tentu, perjalanan ke tempat ini kembali melahirkan pengalaman baru yang tidak akan pernah terlupakan sampai saya tua nanti dan punya anak cucu. Untuk yang masih merasa asing, Karimunjawa merupakan sebuah Kepulauan di laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kamu yang mengaku pecinta alam dan suka dengan wisata alam, sebaiknya Karimunjawa juga menjadi agenda perjalananmu. Tak hanya dikenal sebagai tempat yang masih sangat asri dan alami, Karimunjawa juga memiliki banyak spot objek wisata yang keren, mulai dari situs budaya, situs sejarah, hingga spot foto yang hits di media sosial. 

camping ground Karimunjawa

camping ground Karimunjawa

Karimunjawa memiliki luas daratan seribu lima ratus hektare dan luas perairan seratus sepuluh ribu hektare. Melihat betapa luasnya perairan Karimunjawa, kepulauan ini kemudian dijadikan sebagai taman wisata laut yang banyak pula para wisatawan mancanegara yang datang dan tak sekadar untuk berwisata, melainkan juga untuk meneliti biota laut yang ada disini. Ternyata dari nama Karimunjawa juga terdapat kisah yang sangat unik dan mengesankan. Pulau Karimunjawa diyakini ditemukan oleh Sunan Muria. Al kisah bermula pada Sunan Muria yang merasa prihatin atas kenakalan puteranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik anaknya tersebut, Sunan Muria kemudian memerintahkan puteranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun” alias kabur dari Puncak Gunung Muria. Harapannya, agar puteranya tersebut bisa memperdalam dan mengembangkan ilmu agama.

Jika Korea Selatan memiliki Pulau Jeju sebagai pulau primadona, Indonesia juga punya Pulau Karimunjawa yang menawarkan pesona alam yang sangat cantik. Berlibur ke Karimunjawa, saya disuguhkan dengan pantai eksotis bernama Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini memiliki segudang panorama yang menawan dan membuat saya berulang kali merasa sangat takjub, mulai dari pasir putih hingga sunset yang mempesona. Kamu tak perlu khawatir, meski terletak di pulau utama, akses menuju pantai cantik ini lebih mudah dengan mengambil jalan memutar lewat laut. Jika kamu memilih untuk sampai ke pantai ini dengan menggunakan jalur darat, maka akan memakan waktu sekitar empat puluh lima menit dengan kendaraan bermotor.

Senja di Tanjung Gelam

Senja di Tanjung Gelam

Pantai ini memiliki terumbu-terumbu karang yang terlihat jelas saat kita berada di atas kapal. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir yang cukup halus dan bersih, kamu bisa juga mencobanya dengan merebahkan diri di atas pasir. Saat matahari terbenam, mata saya semakin dimanjakan dengan pantulan sinar matahari yang seolah-olah masuk ke dasar air laut. Melihat pemandangan ini, hati saya jadi terasa tenang dan bahagia, ternyata Indonesia sungguh sangat kaya, apalagi potensi wisata yang terbentang dari sabang sampai merauke. Menghabiskan waktu sunset, saya juga menikmati air kelapa asli yang langsung bisa diminum dari buahnya. Tubuh saya jadi terasa semakin segar dan fresh setelah seharian berada di perjalanan untuk sampai ke Pulau Karimunjawa. Hari semakin gelap dan sayapun memutuskan untuk pergi ke penginapan.

Sedikit informasi, bagi kamu yang sedang mencari penginapan yang terjangkau dan nyaman saat berada di Pulau Karimunjawa ini, kamu bisa mencoba menginap di Mangrove Inn. Penginapan ini memiliki konsep yang sangat alami, letaknya berada di tepi pantai, sehingga saat merasa jenuh berada di kamar, kita bisa berenang dengan bebas atau sambil duduk-duduk santai sambil menunggu sunset ditemani secangkir kopi. Namun untuk kamu yang menginap disini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi sendiri ya, sebab pihak Mangrove Inn tidak menyediakan perlengkapan mandi. Kamu juga harus membereskan kamar dan ranjangmu sendiri selama menginap, sebab petugas penginapan juga tidak akan membereskan kamarmu. Karena itulah, penginapan ini memberikan pengalaman senyaman di rumah sendiri, sebab kamar yang kamu pesan sepenuhnya menjadi urusanmu termasuk beres-beres.

Snorkeling

Snorkeling

 

Keesokan harinya, sayapun mencoba untuk menceburkan diri ke laut alias bersenorkeling. Salah satu spot yang sangat menarik untuk bersenorkeling adalah di Pulau Manjangan Kecil. Kamu bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan hias yang cantik dan berwarna-warni. Pulau Manjangan Kecil ini dikelola secara khusus untuk wisata dan pelestarian biota laut oleh PT Awani Dream. Di pulau ini juga kamu akan melihat kebun kelapa yang membentang panjang dan luas yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai salah satu mata pencaharian.

Pulau ini berada di sebalah barayt daya dari Pulau Utama Karimunjawa, bagi kamu yang juga ingin merasakan berenang ke laut dengan sensasi yang berbeda, di pulau ini kamu bisa menguji adrenaline kamu dengan berenang bersama hiu. Akan tetapi, untuk kamu yang belum terlalu piawai berenang lebih baik tidak usah mencobanya, ya! Karena bisa-bisa menjadi santapan segar bagi ikan hiu. Jika kamu ingin menginap, di pulau ini juga terdapatr resort bergaya alam. Karena saya baru pertama kali melakukan senorkeling, jadi badan terasa lelah dan nafas sedikit ngos-ngosan. Akhirnya sayapun memutuskan untuk bermalam di Pulau Manjangan Kecil.

Snorkeling berburu nemo di Kepulauan Karimunjawa menjadi agenda wajib saat ke pulau ini

Snorkeling berburu nemo di Kepulauan Karimunjawa menjadi agenda wajib saat ke pulau ini

Menurut informasi yang saya dapat, di sekitar pulau ini juga terdapat titik-titik destinasi wisata yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Seperti Pulau Cemara Kecil Karimunjawa. Disini kamu juga menyelam hingga ke dasar laut dan melihat keindahan bawah laut yang sangat memukau. Pulau ini juga biasanya dijadikan sebagai tmpat berpesta bagi para wisatawan mancanegara.

Memanjakan diri dengan menikmati keindahan pantai dan biota laut yang dimiliki oleh Karimunjawa, rasanya tak lengkap bila tidak menyempatkan diri pula untuk mencicipi beragam kuliner khas di pulau cantik ini. Untuk kamu penyuka ikan, kamu bisa coba Pindang Serani, yakni kuliner khas Jepara yang tersebar di Kawasan Karimunjawa. Kuah Pindang Serani berwarna kuning dan dilengkapi potongan tomat, daun kemangi dan belimbing wuluh. Ikan yang dipilih biasanya ikan bandeng, yang memiliki cita rasa gurih tiada duanya. Jika kamu ingin menikmatinya dengan rasa yang pedas, kamu bisa mencobanya dengan potongan cabe rawit yang segar dan pedas. Sajikan dengan nasi panas, dijamin selera makanmu akan meningkat seribu persen.

Jika kamu suka dengan seafood, tenang saja! Di Karimunjawa terdapat makanan khas Tongseng Cumi Kuah Kari. Masakan ini cukup unik dan kreatif ya, sebab saya pribadi biasanya menemukan olahan dengan kuah kari yang dipadupadankan dengan daging ayam atau sapi. Namun disini, bahan yang digunakan adalah cumi berkualitas premium yang kemudian dipotong-potong dengan ukuran sedang. Makanan ini juga biasanya memang dibuat oleh para penduduk pribumi untuk menjamu para wisatawan yang datang.

Dengan predikatnya taman biota laut, Pulau Karimunjawa diharapkan bisa tetap mempesona dan cantik untuk dikunjungi. Untuk mempertahankan kecantikan pulau ini, dibutuhkan juga peran para wisatawan dalam hal pelestarian biota laut dan alam sekitarnya, ya. Sehingga biota laut dan ekosistem di Pulau Karimunjawa akan tetap terjaga, hingga anak cucu kita nanti.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.