Wisata Alam Baturaden

Surga Dunia Wisata Alam Banyumas yang Aduhai


Surga dunia, Kalau sudah dengar kata itu pikiran orang akan mengembara ke awang awang, apalagi kalau sudah dikaitkan dengan Banyumas atau mungkin orang lebih familiar dengan Kota Purwokerto – nya. Jangan berkonotasi negatif dulu yah, karena kali ini melengkapi cerita perjalanan saya di Kota Ksatria, wisata alam masih menjadi andalan untuk saya kunjungi, Namun bukan itu saja, banyak hal yang bisa kita catat saat berkunjung ke Kota mendoan ini, bukan hanya soal makanannya saja, tapi disini juga kita akan mengenal budaya, bahasa dan juga kecantikan alam dari wilayah yang berada di kaki Gunung Slamet.  Memang ada apa sih di Purwokerto Banyumas  ini?

Cerita tentang Purwokerto juga ada di mari : Kota Mendoan Yang Bikin Betah

Karisidenan Banyumas ternyata memiliki simpanan surga wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya. Wisata alam yang tersebar di Kabupaten Banyumas sangat menarik perhatian pengunjung yang berada di sekitarnya seperti Cilacap, Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Pemerintah setempat kini mulai menggalakkan sektor pariwisata untuk menunjang strata perekonomian daerah masing-masing. Hal ini bertujuan agar pemuda tidak lari ke wilayah Ibukota dan bisa mengeksiskan wilayahnya sendiri melalui bisnis pariwisata.

curug ceheng banyumas

curug ceheng banyumas

Wisata alam yang bisa kita kunjungi diantaranya seperti:

  1. Baturaden

Wisata Baturaden yang menampilkan wisata alam yang memukau ini memiliki cerita legenda yang sangat terkenal. Dahulu konon dinamakan Baturaden karena terdapat seorang putri raja yang mencintai seorang abdi (pelayan istana) dan tidak direstui oleh sang raja. Namun, karena cinta yang besar maka mereka pergi dari istana dan bertempat di wilayah hingga akhir hayatnya maka wilayah tersebut dinamakan batur (pelayan) dan raden (priyayi). Wisata Baturaden ini berisi wahana air mancur dan outbond yang sering sekali digunakan untuk kemah. Baturaden berada 14 km dari pusat Kota Banyumas.

  1. Air Panas Pancuran Telu

Tidak jauh dari Wisata Baturaden, ada sebuah pemandian air panas yang berada 2,5 km dari Baturaden bernama Air Panas Pancuran Telu. Ketika saya mengunjungi air panas ini memang ada tiga pancuran yang mengalir dari sumber Gunung Slamet dan mengandung senyawa belerang. Senyawa Belerang ini digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Warna kuning keemasan yang menempel di bebatuan merupakan batuan belerang yang berasal dari inti bumi Gunung Slamet.

pancuran pitu baturaden

  1. Telaga Sunyi

Berjalan ke arah timur Wana Baturaden, saya menemukan tempat wisata lagi bernama Telaga Sunyi yang sangat tenang dan bening sekali airnya. Saya harus melalui jalan setapak yang naik dan dipenuhi dengan pohon Damar yang berjajar. Sesampainya di Telaga Sunyi, terbayar sudah rasa capai saat perjalanan, saya bisa berenang menikmati jernihnya air dan semburan air terjun kecil dari sela-sela bebatuan. Ketika saya sudah puas di Telaga Sunyi bisa beralih ke wisata air yang masih di area Baturaden yaitu Curug Gede, Pancuran Air Pitu dan Curug Jenggala.

  1. Museum Wayang Sendang Emas

Berwisata sambil belajar sejarah budaya Indonesia memang merupakan wisata kekinian. Saya berkunjung ke pusat Kota Banyumas tepatnya di museum wayang sendang emas, yang berisi berbagai koleksi wayang dari berbagai daerah seperti Wayang Yogyakarta, Wayang Gragag Banyumasan, dan Wayang Surakarta. Di museum ini terdapat beberapa peninggalan zaman purbakala megalitikum yang ditemukan oleh warga sekitar. Benda purbakala tersebut diawetkan dan disimpan sebagai aset negara sebagai bukti bahwa zaman dahulu kebudayaan pra sejarah memanglah ada.

  1. Goa Maria

Bagi pemeluk Agama Nasrani bisa beribadat di Goa Suci Maria yang berlokasi di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Akses menuju Goa Maria jangan kaget karena jalannya yang berkelok dan diselingi dengan hutan kopi sepanjang jalannya membuat perjalanan sejuk. Di sini juga terdapat Kapel Suci Ratu Soraga, Taman Rosario, dan Rumah Retret Maria Imakulata.

Ketika saya mengunjungi area Wisata alam tersebut tidaklah mahal dan ada pula yang gratis, hal ini bertujuan agar pengunjung semakin banyak yang menilik Keresidenan Banyumas yang terkenal pula dengan makanan khas mendoan tempe dan saos kecap pedas yang menggiurkan lidah. Ups, jangan salah ya mendoan tempe ini sangat besar lho sebesar piring.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.