Wisata Kekinian Pantai Tanjung Tinggi Belitung


Sesaat sebelum mendarat di Belitung, tampak lahan sawit terhampar luas dan lubang lubang besar menganga bekas galian galian tambang, yang kini telah ditinggalka, tercampakan setelah diambil timahnya oleh para pengusaha pengusaha serakah penambang timah. Dari dalam pesawat lewat jendela, nampak garis pantai yang memanjang dengan warna biru lautnya yang berkilau terkena cercah sinar matahari pagi. 

Pulau Belitung, tidak banyak orang mengenal Kota ini, mungkin dalam pelajaran IPS pernah tertulis sebagai Kota penghasil timah terbesar, namun entahlah saya sendiri lupa dan tidak pernah mengingatnya. Belitung merupakan destinasi wisata yang tersembunyi sebelum munculnya film yang berjudul ’’Laskar Pelangi”. Tidak banyak orang tahu akan keindahan pulau misterius ini, tetapi sekarang pulau ini sudah terkenal oleh masyarakat luas, dikarenakan dalam film tersebut menampilkan keindahan yang begitu menakjubkan.

Pulau Lengkuas Belitong
Pulau Lengkuas Belitong

Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung merupakan objek wisata yang tidak kalah populer. Sejak film laskar pelangi itu muncul, banyak sekali wisatawan berlibur datang ke pulau ini untuk menikmati keindahannya secara langsung. Ada banyak sekali pantai di Pulau Belitung ini. Salah satu pantai di pulau ini yang wajib kalian kunjungi saat berlibur ke pulau Belitung  adalah pantai Tanjung Tinggi Belitung. Pantai ini merupakan destinasi wisata yang masih termasuk wilayah Pulau Belitung, karena lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pantai Tanjung Kelayang yang hanya berjarak kurang lebih 30 kilometer dari Kota Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung.

Beberapa waktu lalu saya sangat beruntung karena kebetulan ada keponakan yang dinas di Bandar Udara International HAS Hanandjoedin, menyunting salah satu putri dari wilayah Badau. Kesempatan ini tentunya tidak saya lewatkan untuk berlibur ke pantai, meskipun cuaca panas dan langit biru cerah. Terkadang cuaca di Sumatera memang sulit diprediksi. Nah, saat ini saya berlibur ke Belitung dengan cuaca sedang sangat bersahabat, sehingga begitu cantik saat difoto.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung ini mempunyai luas tidak kurang dari 81 hektar terdapat pasir putih yang sangat indah. Disana terdapat juga banyak sekali bebatuan granit yang berukuran cukup besar yang tersebar di sekitaran pantai.

Pantai Tanjung Tinggi Belitong
Pantai Tanjung Tinggi Belitong

Beraneka ragam ukuran bebatuan granit tersebut bahkan ada yang mencapai ratusan kubik hingga ukurannya lebih besar dari rumah. Pantai Tanjung Tinggi berlokasi tepatnya di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.  Ombak yang tenang di pantai Tanjung Tinggi ini adalah karena tempatnya yang merupakan sebuah teluk kecil yang diapit oleh 2 semenanjung. Tumpukan batu-batu granitnya membentuk seperti bukit-bukit di sepanjang pantai Tanjung Tinggi serta lorong-lorong dan juga goa-goa kecil yang menyekat pantai Tanjung Tinggi sendiri.

Sahabat travelers, selain dari bermain dengan pasir putihnya yang lembut kita juga bisa berenang di pantainya dengan melewati lorong-lorong batu granit raksasa dan kita juga bisa memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi dengan begitu jelas. Ombak di pantai Belitung ini tidak terlalu besar, selain itu air lautnya yang sangat jernih dengan permukaan dasar laut yang berpasir. Setelah masuk di kawasan Pantai Tanjung Tinggi ini, saya begitu takjub melihat batu-batu yang sangat besar, terutama bentuk-bentuknya yang cekung mirip seperti gua lalu bertumpuk sampai ke batu-batu yang terdampar di tepi laut.

Literacy Bumi di Museum Andrea Hirata
Literacy Bumi di Museum Andrea Hirata

Ada beberapa versi yang saya ketahui tentang asal-usul batu granit tersebut, salah satunya yaitu teori tentang meletusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda. Karena saking dahsyatnya letusan tersebut, bebatuaannya pun terbang hingga ke Belitung. Disana juga ada salah satu batu yang sangat menarik yaitu batu terjepit yang dimana batu itu menunjukkan suatu sudut di antara bebatuan. Ada juga suatu batu yang dimana ketika saya berfoto di dalam celah batunya, sesaat tubuh saya seperti menghilang.

Panorama Pantai belitung ini menciptakan keindahan yang sempurna disebabkan oleh perpadauan hamparan pasir putih, batuan granit, serta air laut yang tenang. Hal tersebut yang menjadikan Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi lokasi wisata favorit di Pulau Belitung. Memang kalau difoto dari darat semua akan tampak sama, semua batu juga terlihat sama. Tetapi ketika saya memotret menggunakan drone baru terlihat pantai di Pulau Belitung ini punya karakteristik yang berbeda beda.

Dulunya pantai Tanjung Tinggi ini dijadikan pelabuhan untuk para nelayan dari masyarakat sekitar. Pantai ini tergolong aman bagi para wisatawan, tetapi kita harus tetap waspada karena  bisa saja terserangan sengatan ubur-ubur, terutama bagi para pengunjung yang punya hobi diving.

Sunset di Panta Tanjung Tinggi Belitung
Sunset di Panta Tanjung Tinggi Belitung

Jika dibandingkan dengan pantai lain, Pantai Tanjung Tinggi ini terdapat pasir putih dengan air yang paling jernih. Di sini kita akan tetap aman jika ingin berenang karena ombaknya kecil dan tenang. Bahkan ketika air laut sedang pasang naik dan pasang surut perbedaannya sangat kecil.

Memotret saat pagi hari menjelang sunset merupakan momen sangat indah di Pantai Tanjung Tinggi Belitung, sangat terlihat pesona kecantikan pantai yang begitu luar biasa dengan cahaya redup yang menerangi air laut sehingga membiaskan warna keperakan. Tunggu apalagi jangan lewatkan liburanmu untuk datang ke pantai ini ketika berkunjung ke pulau belitung yaa.

Pantai Tanjung Tinggi ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film fenomenal “Laskar Pelangi”. Sejak saat itu banyak wisatawan yang menyebut Pantai Tanjung Tinggi dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi. Banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan Di Pantai Tanjung Tinggi ini. Jika kita menyelam dan melihat pemandangan dibawah laut kita akan disambut dengan ribuan jenis ikan. Selain dari itu, aktivitas yang saya lakukan saat berada di Pulau ini yang tak kalah menyenangkan yaitu bermain dan naik di batu-batu granit raksasa.

Seperti yang disebutkan diawal pantai Tanjung tinggi ini memang memiliki banyak sekali batuan granit yangberukuran besar sehingga sangat tepat untuk memotret landscape. Saya tidak pernah bosan datang ke Pantai Tanjung Tinggi ini. terutama wilayahnya yang begitu luas. Jika ingin memotret dan mengeksplor bisa seharian kita berjalan, naik batu di pesisir pantai sampai puas. Terutama lagi jika sudah bertemu cuaca yang bersahabat, menjelajahi Pantai Tanjung Tinggi ini tidak akan pernah puas.

Di pantai  Tanjung Tinggi ini telah menyediakan berbagai fasilitas serta akomodasi yang disediakan bagi para wisatawan, seperti toilet, hotel-hotel berbintang, warung makan yang menjajakan berbagai aneka masakan khas pulau Belitung.  Selain itu, di pantai ini juga terdapat warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.

Berbagai sarana dan prasarana seperti kano dan jetski yang menambahkan fasilitas dan akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi ini kini makin lengkap. Untuk kamu yang akan bermalam di sekitar pantai Tanjung Tinggi, ada beberapa penginapan yang telah tersediadimulai dari homestay hingga hotel berbintang.Jangan khawatir juga bagi sahabat travelers dengan low budget traveling, penginapan murah juga banyak di berbagai penjuru kota.

Jalanan legan di Tanjung Pandan Belitung
Jalanan legan di Tanjung Pandan Belitung

Harga rata-rata penginapan di daerah pantai Belitung ini dibandrol dengan harga Rp.150.000 sampai  Rp.250.000. Untuk kamar dengan harga Rp. 150.000 biasanya diisi dengan kapasitas maksimal untuk 2 orang. Fasilitas yang adadidalam kamar itu sendiri biasanya terdiri dari AC, kamar mandi didalam, dan TV. Beberapa hotel juga menyediakan fasilitas WiFi sehingga kamu bisa tetap bisa berinternet.

Kamu bisa langsung menuju Bandara H.A.S Hanandjoeddin Untuk dapat sampai ke Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Belitung. kemudian kamu juga dapat menyewa kendaraan roda empat untuk  menuju Pantai Laskar Pelangi ini dengan waktu tempuh sekitar 30 sampai 45 menit.

Yuk agendakan liburan kamu sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: