Ke Padang? Jangan Lupa Berkunjung ke Pantai Taplau


“Dan senja membuat kita mengerti arti sebuah kata ‘rela’.”

Aku mulai menyadari betapa kamu adalah orang yang sangat berarti dan bersama hilangnya matahari, ternyata kehadiranmu hanyalah sebuah mimpi. Wajahnya sedari tadi hanya berusaha tak ingin luput menatap matahari senja yang perlahan menenggelamkan setengah paruhnya. Pada kelopak mata kecilnya terlihat mulaiberkaca-kaca.

“Senja-mu pasti selalu indah.” katanya, tanpa sedikit pun menggerakkan anggota tubuh-yang tampak begitu letih.

“Senja tidak pernah berubah, bukan?”

Siti Nurbaya menarik sedetik sudut bibirnya, membentuk simpul senyum sebelum menerawang ke arah awan yang lebih tinggi. “Senja memang tidak pernah berubah sejak kapan pun, namun tidak semua sempat berpikir untuk menikmatinya lebih mendalam, kan?”

Saya hanya mengangguk setuju. dan sosok itu pun pergi, “Kau hanyalah senja bagiku, hanya sebatas ada dan menarik perhatianku yang taka akan pernah ku miliki sampai kapanpun.”

Pantai Padang
Pantai Padang

Cerita Perjalanan serupa di Kota Padang colek disini

Kota Padang tidak hanya terkenal dengan rendang yang tersebar di seluruh Indonesia, Ibukota Sumatera Barat ini ternyata memiliki banyak sekali sumber daya alam yang luar biasa, juga berpotensi menjadi destinasi wisata yang sangat istimewa. Jika kamu ingin menikmati keindahan matahari terbenam, maka Pantai Padang merupakan lokasi yang direkomendasikan. Pantai Padang ini berlokasi di pusat kota, dan orang sering menyebut juga Taplau alias Tapi Lauik atau Tepi Laut.

Untuk menuju ke area ini, cukup mudah sekali karena memang berada di pusat kota dan banyak juga petunjuk arah menuju area ini. Jadi, lokasi pantai padang taplau sangat mudah ditemukan. Di sekitar lokasi Taplau terdapat banyak sekali hotel berbintang maupun penginapan sederhana yang memberikan pilihan untuk menginap kepada seluruh wisatawan yang datang.

Lokasi pantai taplau ini terletak pada kawasan padat perkotaan di Kecamatan Padang Barat, dan membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau. Pantai ini berjarak kurang lebih 23 kilometer dari Bandar Udara Internasional Minangkabau atau sekitar 30 menit perjalanan darat dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Senja Pantai Padang Taplau
Pantai Padang Taplau

Setelah sampai di sekitar Pantai Padang, kita akan menemukan tulisan PADANG berwarna merah. Ada beberapa bagian di pantai yang memiliki garis pantai yang cukup panjang ini. Pada sisi-sisi tertentu terdapat banyak penjual hasil tangkapan laut seperti udang, ikan, dan kepiting yang masih sangat segar. Adapun beberapa wisatawan yang membeli hasil tangkapan laut itu untuk dibakar menjadi santapan makan di malam hari. Di pantai ini saya begitu menikmati keindahan fenomena matahari yang perlahan-lahan mulai turun, dan menyentuh cakrawala juga menebar sinar terakhir yang sering kita sebut dengan sunset atau matahari terbenam di pantai taplau

Hampir setiap hari, lokasi ini sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama turis-turis dari berbagai macam negara. Selain menikmati keindahan pantai, kita juga bisa berkenalan untuk menambah teman dengan beberapa turis dan wisatawan yang berasal dari berbagai kota. Menyenangkan bukan?

Akses yang mudah dan lokasi yang indah, membuat pantai Taplau ini selalu ramai dipadati pengunjung yang ingin menyegarkan pikiran mereka dari segala aktivitas sehari-hari.Pantai Padang sendiri telah memiliki fasilitas seperti trotoar bagi para pejalan kaki, selain itu terdapattempat pemberhentian bus pariwisata gratis yang ditandai dengan adanya palang. Kemudian terdapat  juga musalla serta masjid yang dapat kita temukan di sepanjang pantai taplau. Ada juga sebuah lapangan bola basket yang terletak di jalan Samudera untuk para wisatawan yang ingin bermain basket disekitaran pantai taplau.

Masjid Raya Kota Padang
Masjid Raya Kota Padang

Begitu tiba disana kita bisa menemukan warung-warung yang menyajikan berbagai macam jenis kuliner khas Ranah Minang, membuat satu dari sekian banyak alasan wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini selalu ramai  dipadati, tidak hanya saat hari libur saja, namun hampir setiap pagi, sore hingga malam. Bahkan lokasi Taplau kini sudah menjadi lokasi favorit bagi warga untuk berolahraga dan menikmati kuliner sambil menikmati keindahan alam pantai taplau.

Di sekitar kawasan pantai taplau juga terdapat beragam jenis makanan dan minuman sederhana seperti, Sala lauak, pisang dan jagung bakar, kacang rebus, es kelapa muda, langkitang, kerupuk kuah, satu dari sekian banyak kuliner yang siap menanti kedatanganmu. Sekali datang, dipastikan kamu ingin kembali lagi.

Jika kita ingin bermain pasir dan ombak di Pantai Taplau ini tersedia area yang aman. Terdapat juga penyewaan beberapa kendaraan untuk bermain di sekitar pantai seperti mobil-mobilan, otoped, motor-motoran, untuk anak-anak. Sementara itu untuk berfoto juga ada area yang banyak batu-batu besar yang tersusun. Jadi, jangan ragu-ragu, guys, abadikan momen berhargamu sebanyak mungkin

Di sepanjang bentangan Pantai Taplau, selain kamu dapat melihat keindahan pantai dan menikmati sajian kuliner yang dijajakan oleh para pedagang, kamu juga dapat melihat secara langsung kawasan kota tua Padang dan jembatan bersejarah yaitu jembatan Siti Nurbaya yang lokasi nya tidak jauh dari area pantai

Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya

Tidak hanya itu, menyeberang sedikit melalui jembatan Siti Nurbaya, kamu akan sampai di kawasan Gunung Padang, di mana konon tempat tersebut terdapat makam Siti Nurbaya, tokoh legenda percintaan asal Minangkabau.

Dan guna memberikan sensasi lebih kepada wisatawan, Pemerintah kota Padang, beberapa waktu lalu meluncurkan paket wisata menggunakan moda transportasi tradisional bendi atau delman. Kurang lebih, 40 kusir bendi hingga saat ini sudah dikumpulkan.

Bendi saat ini sudah semakin ditinggalkan, seiring dengan banyaknya modal transportasi lain yang lebih canggih, cepat dan nyaman. termasuk transportasi online. Padahal, bendi pada zaman dahulu merupakan alat transportasi yang sangat diminati karena bendi merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan.

Karena itu, Pemerintah kota Padang mencoba menyelamatkan dan membantu mencarikan pangsa pasar baru untuk kelangsungan bendi. Selain itu, bendi diyakini mampu menjadi daya tarik wisatawan, khususnya turis mancanegara. Seluruh kusir bendi ini akan membawa wisatawan berkeliling Pantai Taplau dengan tarif terjangkau yang telah disepakati bersama, yakni Rp50 ribu per 30 menit.

Jadi, tidak salah jika berada di Kota Padang, sisihkan sedikit waktu luang untuk berkunjung ke kawasan pantai Taplau. Dijamin, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan ketika kamu berada di objek wisata lainnya.

Taman Siti Nurbaya Gunung Padang
Taman Siti Nurbaya Gunung Padang

Walaupun memiliki keindahan dan fasilitas yang cukup sebagai obyek wisata, untuk saat ini Pantai Padang Taplau memiliki sedikit kekurangan, yaitu tidak berpasir. Kalaupun masih memiliki tanah berpasir, ini merupakan sedikit dari sisa di beberapa bagian. Pantai Padang Taplau yang indah ini memiliki permasalahan abrasi yang cukup parah.

Tembok batu kini telah menjadi pemisah antara laut dengan tepi jalan. Tembok batu juga berfungsi untuk memecahkan ombak. Batu-batu karang dengan ukuran yang besar di sekitar bibir pantai padang Taplau juga berfungsi sebagai pemecah ombak sekaligus menambah keindahan panta taplau ini.

Menjaga keindahan pantai Indonesia merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat.  Kelestarian lingkungan dan keharmonisasian alam juga harus kita jaga. Karena Jika kita tidak menjaga kelestarian lingkungan dan keharmonisan alam, abrasi yang terjadi akan semakin parah. Tentu sangat menyedihkan jika nantinya Pasir di Pantai Padang Taplau lenyap tanpa sisa, karena kita membiarkan pasir-pasir tersebut lenyap karena abrasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: