Atraksi Wisata Air Sungai Musi Palembang


Apabila terpelihara mata, sedikitlah cita-cita.

Apabila terpelihara kuping, khabar yang jahat tiadalah damping.

Apabila terpelihara lidah, niscaya dapat daripadanya paedah.

Gurindam Duabelas Raja Ali Haji Pasal 3

Legenda Sungai Musi Palembang

Rasa kantuk masih terasa, berat rasanya mata untuk dibuka setelah tertidur beberapa saat di pesawat, ku coba menatap keluar jendela terlihat kerlap kerlip lampu di daratan, artinya sebentar lagi pesawat akan segera mendarat. Terlihat samar sebuah aliran sungai besar membelah Kota, nampak sebuah kapal besar meliuk liuk melawan arus deras sebuah sungai.

Kapal besar itu diisi sekelompok perompak besar yang dipimpin seorang kapitan, nampak mata sang kapitan menatap hilir mudik kapal kapal besar para pedagang yang lalu lalang dengan membawa barang dagangan. Sang kapitan meyakini klo wilayah ini pastilah sangat subur dn makmur sehingga banyak yang berniaga. Sang kapitan akhirnya memutuskan untuk menetap di wilayah itu, lewat peta kumal yang selalu dibawanya, sang kapitan melingkari lokasi tersebut, namun di peta belum terlihat nama di wilayah tersebut.

Senja di Sungai Musi
Senja diatas Jembatan Ampera

Kapitan berkata “kita sekarang berada di daerah ini , dan ternyata daerah ini belum ada namanya di peta , sudah ku pikir – pikir kita akan menamakan daerah ini Mu Ci (dalam bahasa tua cina HAN, Mu Ci berarti ayam betina , dan mu ci adalah nama bagi dewi ayam betina yang memberikan keberuntungan pada manusia). Semenjak saat itu sang kapitan menuliskan mu ci di peta nya untuk menamai wilayah sungai musi palembang , dari sang kapitan tersebar keberadaan wilayah ini dan juga nama mu ci sesuai yg tertulis di peta nya .

Menyusuri Sungai Musi  Menikmati Keindahan Sungai Terpanjang

Bagi yang tidak akrab dengan transportasi jalur air, Musi Tour mungkin adalah objek wisata paling menarik di Palembang, ibukota Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Sungai Musi adalah salah satu sungai utama di Indonesia dan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Ini membagi Palembang, ibu kota Provinsi Sumatra Selatan, ke Daerah Hulu (Ulu) dan Daerah Bawah (Ilir) Palembang. Di sungai ini membentang salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, Jembatan Ampera, yang menghubungkan Area Atas dan Daerah Bawah Palembang.

Gambar dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva

Ada beberapa cara sebetulnya untuk mengeksplorasi Sungai Musi dari atas ke bagian bawah sungai. Jika merasa ingin nyaman tanpa gangguan orang lain, kita bisa menyewa ingin melakukannya secara individual, Anda dapat menggunakan speedboat atau perahu biasa yang disebut jukung. Tetapi jika datang berombongan atau ingin ramai ramai lebih dari 40 orang, tentu  sebaiknya menyewa kapal bernama KMP. Putri Kembang Dadar. Tur Musi di KMP. Putri Kembang Dadar adalah tur 4 jam dimulai di pelabuhan dekat Benteng Kuto Besak (KBF) atau lebih populer disebut Benteng Kuto Besak (BKB) oleh penduduk setempat.Kisah cinta Pulau Kemaro

 

Apa sih yang bisa dilihat selama tur? Tur ini menawarkan pemandangan kehidupan yang panjang di kedua sisi sungai Sungai Musi dan transportasi di Sungai Musi itu sendiri. KIta dapat melihat bagaimana penduduk setempat memanfaatkan Sungai Musi tidak hanya sebagai sumber air minum mereka, seperti yang dilakukan sebagian besar warga Palembang, tetapi juga bagaimana mereka menggunakan sungai sebagai sumber pendapatan mereka untuk mendukung kehidupan mereka.

Destinasi yang paling mencolok dari tur tersebut, antara lain adalah Home on the Raft (Rumah di Rakit), Pabrik Pupuk PT. Pusri, Pabrik Kilang Minyak Pertamina, Kawasan Bagus Kuning, Masjid Lawang Kidul (Mesjid Lawang Kidul), Ki Merogan (Mesjid Ki Merogan), Benteng Kuto Besak (Benteng Kuto Besak), dan Pulau Kemaro (Pulau Kemaro) dengan cerita cinta legendarisnya.

Pempek Goyang Sungai Musi
Menikmati Pempek Goyang diatas Jukung

Namun jika perjalanan air itu adalah sebuah hal menakutkan, tidak perlu khawatir karena menikmati keindahan sungai musi bisa dari pinggiran sungai atau sambil menikmati jajanan rasa Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan yang menyajikan makanan tradisional, Empek-empek Palembang dan buah lokal populer dari Provinsi Sumatera Selatan, yaitu buah Duku yang manis. Rasanya sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan ketika kita bisa menikmati pempek sambil merasakan goyangan perahu yang diterjang ombak besar Sungai Musi

 

 

Komentar ditutup.

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: