Berkayak Menjelajah Pesisir Sumatera Barat : Pulau Pasumpahan


Ketakutan saya saat berada di pantai dan pulau-pulau kecil di Sumatera Barat adalah tsunami yang bisa datang tiba-tiba, ditambah suasana dan kondisi kawasan sungai pisang hujan turun cukup deras dan laut nampak bergolak karena hembusan angin yang cukup kencang. Namun rasa takut ini perlahan luruh saat hujan mulai reda dan nampak ditengah laut mulai terlihat sebuah pulau indah yang akan menjadi tujuan perjalanan kali ini. Pulau Pasumpahan, merupakan sebuah pulau indah yang letaknya tidak jauh dari Kota Padang, dengan keindahan air laut yang eksotis dipesisir pantai. Meskipun perjalanan ke Pulau Pasumpahan ini bukan yang pertama bagi saya, namun saya selalu terkesima dan kagum pada segala keindahannya.

Kawasan Sungai Pisang merupakan lokasi terdekat untuk mencapai Pulau Pasumpahan dan pulau-pulau lainnya yang semakin populer dikalangan wisatawan. Sungai Pisang memiliki potensi wisata bahari yang sangat potensial untuk dikembangkan dengan pulau-pulau yang membentang diperairan laut Sungai Pisang, seperti Pulau Setan, Pulau Pamutusan, Pulau Suwarnadwipa, Pulau Batu Jarang, dan Pulau Sikuai. Melihat perkembangan dan makin banyaknya wisatawan yang berkunjung, tidak tertutup kemungkinan kawasan Sungai Pisang menjadi destinasi wisata bahari unggulan Kota Padang dimasa akan datang. Dari Sungai Pisang inilah wisatawan yang ingin berkeliling pulau-pulau bisa menyewa perahu dari para nelayan.

Pulau Pamutusan

Pulau-pulau dikawasan Sungai Pisang ini mempunyai laut yang berwarna hijau kebiruan, dengan airnya yang tenang tanpa ombak hanya riak kecil saat angin bertiup. Perairannya yang berhadapan dengan daratan Sumatera dan dilindungi beberapa pulau disekitarnya, kaya akan terumbu karang dengan ratusan ikan pelagis yang menari-nari dipermukaan terumbu karang, dengan hamparan pasir yang membentang disepanjang pantai.

Keindahan Pulau Pasumpahan

Salah satu pulau indah di kawasan Sungai Pisang adalah Pulau Pasumpahan, yang merupakan pulau kecil namun memiliki keindahan pemandangan yang sangat eksotis dengan hamparan pasir putih mengelilingi pulau dan juga terdapat bukit-bukit kecil dengan panorama yang indah. Dari puncak bukit ini kita bisa melihat panorama yang sangat indah dengan bentangan laut yang terlihat warna hijau dan biru dipadu dengan deretan perbukitan yang menghijau. Pemandangan dari puncak bukit sangat eksotis sangat cocok bagi para pemburu lokasi yang instagramable.

Panorama dari Puncak Pulau terasa Sumatera Barat

Suasana alami yang jauh dari hingar bingar kota terasa hening dan menimbulkan sebuah rasa tenang dan romantis. Apalagi di Pulau Pasumpahan ini juga sangat cocok untuk kita melakukan camping, sehingga terasa dekat dengan alam. Namun bagi pengunjung yangtidak membawatenda, fasilitas dipulau ini bisa dikatakan sangat komplit, meskipun pulau kecil namun telah tersedia penginapan sederhana dengan berbagai fasilitas penunjang sehingga liburan menjadi terasa nyaman.

Lokasi camping Pulau Pasumpahan

Camping Ceria Pulau Pasumpahan

Menyelami Keindahan Bawah Laut

Bukan hanya panorama diatas laut dan perbukitan yang indah, namun di Pulau Pasumpahan juga sangat memanjakan para pecinta dunia bawah air. Di Pulau Pasumpahan kita bisa melakukan kegiatan penyelaman atau snorkeling. Alam bawah lautnya juga tidak kalah indah dengan lokasi penyelaman dilokasi lainnya yang sudah terkenal. Beragam jenis terumbu karang dan ikan warna-warni dapat kita jumpai disini dan menjadi pemandangan yang sangat langka. dan selepas kita melakukan penyelaman,rasa  lelah dan dahaga kita akan hilang dengan menikmati kesegaran kelapa muda yang banyak terdapat di Pulau Pasumpahan ini.

Tips Bagi Anda Yang Ingin Berlibur Ke Pasumpahan

Pulau Pasumpahan merupakan pulau yang tak berpenghuni, namun tidak perlu khawatir karena fasilitas dipulau kecil ini cukup lengkap, namun kita juga perlu persiapan jika ingin datang kesini.

  1. Usahakan datang berkunjung bukan pada bulan musim penghujan, apalagi yang suka mabuk laut, meskipun aman namun gelombang laut terkadang cukup tinggi, dan tentunya suasana mendung dan hujan mengganggu aktivitas wisata.
  2. Persiapkan diri dengan matang rencana perjalanannya
  3. Bawa barang secukupnya sehingga membuat nyaman selama berwisata
  4. Bagi yang ingin camping,persiapkan lotion nyamuk
  5. Karena untuk ke Pulau Pasumpahan harus naik perahu, usahakan memakai travel atau datang bersama rombongan sehingga bisa sharecost biaya sewa perahu dan tentunya tidak membuat anda kesepian.

Selamat menikmati liburan

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: