Categories
Universitas

Apa Saja Jurusan Di Universitas Sumatera Utara ?

Apa Saja Jurusan Di Universitas Sumatera Utara ?

Apa Saja Jurusan Di Universitas Sumatera Utara ?

Jurusan Di Universitas Sumatera Utara – Universitas Sumatera Utara memiliki agenda besar dengan mengusung visi menjadi “World Class University”. Segala program dipersiapkan dengan matang dalam mencapai target tersebut. Berbagai program yang dirancang antara lain yaitu “EXIST Program” (Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance dan Sustainable Funding), yang bertujuan agar para lulusan USU dapat bersaing di tengah persaingan global pada era Revolusi Industri 4.0.

Selain itu, untuk mencapai target menjadi top 500 universitas terbaik dunia pada akhir tahun 2024, rektor USU menggulirkan 6 program prioritas yang terdiri dari Kelembagaan & Tata Kelola Adaptif, Adaptasi Tugas Tri-Dharma, Penataan Infrastruktur, Digitalisasi Kampus, Enterprise Kampus, dan Kerjasama.

Untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di kampus ini, Quipperian dapat mengikuti seleksi masuk SBMPTN maupun SNMPTN. Selain itu, pada 2021 USU juga membuka Seleksi Mahasiswa Mandiri dengan jumlah kuota mencapai 9.863 mahasiswa.

PROFIL DAN SEJARAH | Jurusan Di Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 20 November 1957. Universitas ini didirikan atas keinginan masyarakat Sumatra Utara untuk memiliki sebuah perguruan tinggi di daerah mereka. Berdasarkan hal tersebut, pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuk panitia pendiri perguruan tinggi yang dipimpin oleh Dr.Soemarsono. Dari hasil kerja sama seluruh masyarakat Sumatra Utara, yang saat itu juga meliputi daerah Aceh, berhasil didirikan beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Kedokteran pada tahun 1952, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada 1954, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 1956, serta Fakultas Pertanian 1956.

Setelah didirikannya beberapa fakultas tersebut, diresmikan pendirian Universitas Sumatera Utara sebagai perguruan tinggi negeri ke-7 di Indonesia pada tanggal 20 November 1957 oleh Presiden Ir.Soekarno. USU membuka Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Banda Aceh pada tahun 1959 serta Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan di Banda Aceh pada 1960. Didirikannya tiga fakultas baru tersebut menjadikan USU memiliki sebanyak tujuh fakultas, yang terdiri dari lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh.

Baca juga artikel lainnya : Keunggulan Universitas Harvard

Universitas Sumatera Utara sejak saat itu terus mengalami perkembangan dengan membuka kembali beberapa fakultas baru, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi pada tahun 1961, Fakultas Sastra pada tahun 1965, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 1965, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 1982, Sekolah Pascasarjana pada tahun 1992, Fakultas Kesehatan Masyarakat pada tahun 1993, Fakultas Farmasi pada tahun 2006, Fakultas Psikologi pada tahun 2007, Fakultas Keperawatan pada tahun 2009, serta Fakultas Kehutanan pada tahun 2014. Kini USU memiliki 15 fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana dengan 15 Program Diploma, 47 Program Sarjana, 42 Program Magister, 23 Program doktor, 7 Program Profesi, serta 22 Program Spesialis.

Pada tahun 2003, Universitas Sumatera Utara mengalami perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Milik Negara (PTN BHMN). USU menjadi perguruan tinggi kelima di Indonesia yang mendapatkan status ini. Meskipun telah banyak mengalami perkembangan, USU saat ini masih terus berusaha meningkatkan dan mengembangkan institusinya. Salah satu cara yang dilakukan USU adalah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga asing, seperti UMC Goettingen Jerman, University of Twente Belanda, London School of hygene & tropical Medicine, UNESCO, Newton Fund, Erasmus+, dan JICA Japan. Bentuk kerja sama yang dilakukan USU dengan lembaga pendidikan dari luar negeri berupa pertukaran pelajar, pertukaran tenaga pengajar, konferensi internasional bersama, serta penelitian bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.