Beasiswa University of Tokyo, Jepang

Beasiswa University of Tokyo

Beasiswa University of Tokyo, Jepang

Beasiswa University of Tokyo, Jepang

Beasiswa University of Tokyo | Di Asia, University of Tokyo merupakan universitas terbaik dalam pemeringkatan yang dilakukan Times Higher Education. Secara global kampus ini berada di urutan 11, di atasnya ada Yale University (8), California Institute of Technology (9), dan University of California, Los Angeles (10). Lihat daftar universitas terbaik dunia. Bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di sana, University of Tokyo tiap tahun juga menyediakan beasiswa internasional.
Salah satu beasiswa yang dapat diikuti adalah Graduate School of Science Scholarship for International Students (GSS Scholarship). Selain dimaksudkan membantu keuangan mahasiswa internasional berprestasi, beasiswa ini untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang belajar di University of Tokyo. GSS Scholarship merupakan beasiswa master untuk studi S2 sains di Graduate School of Science, University of Tokyo. Penerimanya akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar 150 ribu Yen.

Persyaratan:

1. Mahasiswa internasional dengan dukungan dana sendiri. Tidak sedang menerima beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT) atau beasiswa pemerintah di tanah air.
2. Memiliki nilai memuaskan serta lulus ujian masuk pada program master di Graduate School of Science.
3. Prioritas diberikan bagi pelamar UTRIP (University of Tokyo Research Internship Program).
Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Surat rekomendasi dari dosen fakultas dari universitas/perguruan tinggi
Pendaftaran:
Dokumen aplikasi diserahkan ke Graduate School of Science di waktu pendaftaran program master.  Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 30 April 2015 untuk perkuliahan yang dimulai Oktober 2015. Komite seleksi akan menilai dan menyeleksi kandidat berdasarkan aplikasi yang dikirim. Kemudian Dekan akan memutuskan penerima beasiswa yang berhasil berdasarkan nominasi dari komite seleksi. Selanjutnya akan dikirim pemberitahuan via pos bersamaan dengan surat penerimaan (acceptance letter) ke program master.

Beasiswa S1 di Jepang oleh Tokyo International University

E-Track Program merupakan program beasiswa di Jepang dengan program pendidikan berbasis bahasa Inggris untuk mempersiapkan sumber daya manusia global di jenjang perguruan tinggi. Program ini tidak mensyaratkan keahlian bahasa Jepang bagi mahasiswanya dan terbuka untuk seluruh pelajar internasional dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Sampai dengan hari ini, terdapat 200 mahasiswa yang berasal dari 50 negara berbeda dari seluruh dunia.
Program studi yang ditawarkan meliputi Ekonomi Bisnis dan Hubungan Internasional. Tersedia pula program Double Degree serta pertukaran mahasiswa yang bekerja sama dengan Willamete University di Amerika Serikat.

Baca juga : Kenali Profil Universitas Oxford Sebelum Memasukinya

Persyaratan untuk mengikuti beasiswa S1 di Jepang oleh E-Track Program adalah sebagai berikut:
1. Pelamar telah menyelesaikan studi SMA/SMK/sederajat
2. Berusia minimal 18 tahun
3. Menguasai bahasa Inggris dengan skor kecakapan bahasa Inggris TOEFL iBT min. 61/ TOEIC min. 700/ IELTS min. 5.5/ EIKEN min. Pre-1

Program apa saja yang ditawarkan pada beasiswa ini?

Beasiswa ini disediakan untuk program dengan gelar S2 dan S3 yang disediakan di Graduate School of Science di The University of Tokyo.

Apa saja keuntungan yang diberikan oleh beasiswa ini?

  • Uang saku bulanan
  • Biaya transportasi pulang pergi ke Jepang
  • Uang pendaftaran kuliah
  • Biaya kuliah

Berapa lama durasi beasiswa ini?

  • Keuntungan beasiswa akan diberikan di waktu program kuliah berlangsung yaitu selama 2 tahun untuk program S2 dan 3 tahun untuk program S3
  • Beasiswa mungkin akan diberhentikan apabila penerima beasiswa melanggar ketentuan yang diberikan oleh pemberi beasiswa
  • Beasiswa mungkin akan diperpanjang dalam kasus-kasus tertentu

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *