Categories
Universitas

10 Daftar Perguruan Tinggi di Indonesia

10 Daftar Perguruan Tinggi di Indonesia

Ada banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditawarkan pemerintah untuk melanjutkan pendidikan.pendidikan adalah hal penting untuk siapapun.
Apalagi di saat Indonesia mengalami keterpurukan, pendidikan menjadi hal utama yang dapat menyelamatkan kondisi tersebut. Karena itu, jangan pernah berhenti belajar.

Menristek Mohamad Nasir terus menghimbau perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, agar bisa meningkatkan kualitas agar memperoleh akreditasi A.
“Hal ini  sebagai respons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0,” kata Nasir saat menghadiri Wisuda dan Dies Natalis ke-70 Univeristas Nasional di Jakarta Convention Center akhir pekan lalu.

Nasir mengatakan, jika dibanding awal masa dirinya menjadi menteri, terjadi lonjakan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang meraih akreditasi A. Saat ini sudah ada 95 perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A.
Berdasarkan data resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terdapat setidaknya 2.288 perguruan tinggi (PT) mendapat akreditasi A sampai C.
Berikut adalah universitas-universitas terbaik di Indonesia.

Inilah 10 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

10 Daftar Perguruan Tinggi di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas terbaik nomor satu di Indonesia. UGM juga menempati urutan 781 dalam ranking dunia. Universitas ini berada di Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya ranking satu, UGM juga merupakan universitas terbesar di Indonesia yaitu memiliki 18 fakultas dan satu sekolah vokasi.

2. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) menempati sebagai universitas terbaik peringkat enam di Indonesia. UNDIP berlokasi di Tembalang, daerah Semarang, Jawa Tengah. Peringkat dunia untuk UNDIP adalah urutan 1528.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas terbaik kedua di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung. ITB menempati posisi 819 dalam ranking dunia. Lokasi ITB di Bandung, tentunya tidak hanya membanggakan dari segi akademisnya saja, melainkan suasana kehidupan yang sejuk dan nyaman.

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan universitas terbaik ketujuh di Indonesia. Lokasi IPB berada di Bogor, Jawa Barat. IPB berada di urutan 1554 pada ranking dunia. Tentunya universitas ini juga memiliki keunggulan dalam hal kondisi kota yang sejuk melebihi kawasan ITB. Karena bogor terkenal dengan puncak sehingga IPB membudidayakan daerahnya melalui keunggulan studi pertanian.

5. Universitas Indonesia (UI)

UI terpilih sebagai universitas terbaik ketiga di Indonesia. UI berada di dua lokasi, yakni daerah Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta. UI menempati urutan 909 pada ranking dunia. Wah selain sebagai urutan ketiga terbaik di Indonesia, universitas ini sungguh terkenal karena lokasinya di ibukota.

6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Duduk di peringkat delapan adalah ITS yang berlokasi di Surabaya. Universitas ini menempati urutan ke-1887 ranking dunia. Kekhasan universitas ini adalah memiliki banyak karya teknologi unggul di Indonesia.

7. Universitas Airlangga (UNAIR)

UNAIR merupakan universitas yang berlokasi di kota Surabaya, Jawa Timur. Perhatian utama universitas ini adalah kredibilitas, kewirausahaan dan kemoralitasan. Dalam urutan ranking dunia, UNAIR menempati urutan ke-1440.

8. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran (UNPAD) merupakan universitas terbaik kesembilan di Indonesia. UNPAD berlokasi di dua tempat, yaitu Bandung dan Jatinangor. Universitas ini menempati posisi ke 1913 ranking dunia.

9. Universitas Brawijaya

Universitas terbaik kelima dipegang oleh Universitas Brawijaya (UNIBRAW). Universitas ini terletak di kota Malang, Jawa Timur. Hebatnya, dua dari lima besar universitas terbaik di Indonesia terletak di Jawa Timur.

10. Universitas Lampung

Universitas Lampung (UNILA) merupakan universitas terbaik ke-10 di Indonesia. Universitas ini berlokasi di kota Lampung. Kini, UNILA adalah universitas terbaik di pulau Sumatera yang menempati urutan ke 2078 ranking dunia.

Menteri Nasir mengharapkan kampus bisa menjadi penggerak inovasi dalam membangun negeri, sumber daya manusia (SDM), serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan akan menjadi kekayaan yang tidak ternilai menjadi modal bangsa dalam persaingan global di era industri 4.0 .
Untuk tahu informasi lebih lanjut jika kalian ingin mengetahui perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia silahkan baca tentang 3 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia .

Leave a Reply

Your email address will not be published.