Categories
Universitas

Kenali Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Lebih Dekat

Kenali Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Lebih Dekat

Kenali Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Lebih Dekat

Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta – Pemeluk agama Katolik berjumlah banyak sehingga diantaranya menginginkan kampus berbasis agama katolik, seharusnya kenali lebih banyak  universitas katolik indonesia atma jaya. Dengan demikian memiliki referensi untuk mendapatkan informasi akan kampus berbasis katolik terbaik, khususnya bagi mereka yang baru lulus kelas XII.

Pentingnya mengetahui Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan kegiatannya karena mewajibkan mahasiswanya mengikuti UKM, yaitu salah satu kegiatan tambahan untuk mahasiswanya. Waktu penyelenggaraannya di luar perkuliahan. Khususnya untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat pada bidang lain. Misalnya, mengemban bakat dalam seni,olah raga, serta berbagai kegiatan sosial.

Program internal lainnya, tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa saja, tetapi juga untuk dosen.  Misalnya saja, pertukaran antar dosen dengan universitas lain yang telah menjalin kerja sama dengan universitas di luar negeri, seperti Malaysia, Jepang, Taiwan, Korea serta China. Termasuk melakukan penelitian bersama diantara para dosen tersebut.

Sadar akan kemajuan pendidikan Indonesia, sehingga banyak terlahir universitas terbaik berbasis agama. Dengan demikian, bagi siswa kelas XII beragama Katolik bisa dengan mudah mengemban ilmu di perguruan tinggi terbaik. Maka dari itu, pentingnya mengetahui Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta | Kampus

Universitas Atmajaya Yogyakarta yang dikenal dengan nama UAJY merupakan kampus yang istimewa dengan berbagai karakteristik di setiap bangunannya. Masing-masing gedung diberi nama santo atau santa sebagai pelindung dari gedung tersebut. Pada awalnya UAJY hanya memiliki satu kampus saja yang terletak di Mrican Baru.

Baca artikel lainnya : Keunggulan Universitas Gadjah Mada

Seiring dengan bertambahnya minat mahasiswa yang sekolah UAJY, UAJY mulai membangun kampus baru. Kampus dibangun di daerah Babarsari yang saat ini dikenal sebagai kampus 2, kampus 3, kampus 4.  Gedung UAJY di Babarsari ini memiliki karakter arstitektur yang hampir sama kecuali kampus 4. Kampus 4 dibangun dengan gaya lebih modern. Berikut pembahasan singkat mengenai ke empat kampus UAJY:

Kampus 1:

Gedung Santo Alfonsus. Gedung ini berada di Jl. Mrican baru no 28 Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta dan sering kita kenal sebagai kampus Fakultas Hukum. Kampus ini merupakan bangunan atau gedung yang paling tua pada sejarahnya. Gedung ini merupakan gedung pertama yang dibangun oleh Universitas Atma Jaya sebagai tempat mahasiswa untuk menuntut ilmu. Jika kita masuk ke dalam gedung atau kampus Fakultas Hukum ini terlihat dari arsitekturnya yang  berkesan klasik seperti bangunan tuat dan tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Hal ini di karenakan proses perawatan yang maksimal dan baik. Arsitektur bangunan yang membentuk seperti segi lima pada halaman tengah kampus memberikan kesan indah apalagi dengan tiga tangga yang mengepung bangunannya. Hal tersebut memberikan kesan kokoh dan tangguh dengan tangga sebagai pondasinya karena tangga yang mengepung bangunan tersebut seperti lekat dengan gedung dan taman yang berada di tengah tengahnya.  Di kampus ini terdapat 3 lantai saja yang jika kita menaiki tangga dari berbagai sudut seperti melingkar atau membentuk persegi lima. Tidak hanya itu, gedung ini juga memiliki aula yang berada di depan taman.

Kenali Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Lebih Dekat

Kampus 2:

Gedung Thomas Aquinas. Kampus ini berada di kawasan Babarsari tepat nya di Jalan Babarsari No.44  Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Gedung ini merupakan kampus ke dua. Gedung ini dijadikan tempat untuk melakukan pembayaran, penerimaan, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Dari segi arsitekturnya, kampus ini memiliki bentuk klasik. Nampak berkesan seperti ada unsur Bali.

Hal ini ditunjukan dengan tiang-tiang yang berdiri kokoh di setiap sudutnya dan terdapat ukiran-ukiran yang indah ditambah dengan ornamen-ornamen yang memiliki karakter seni yang kuat. Dengan adanya pembaruan di tahun 2016 lalu, penambahan dan perluasan lahan parkir kampus dua ini semakin luas dan semakin indah. Penambahan lift dengan  disain semi moderen menambah kesan elegan pada kampus ini. Bagian atas kampus ini dijadikan spot untuk berkarya para mahasiswa arsitektur dan mahasiswa lainnya sangat nyaman dan mudah untuk mendapatkan inspirasi.

Kampus 3:

Gedung Bonaventura. Sama dengan kampus dua, kampus ini berada di kawasan Babarsari tepatnya di Jl. Babarsari no 43 Yogyakarta. Ketika kita memasuki kampus ini sudah terlihat lobi kampus yang berada dekat pintu masuk. Lobi ini sangat bagus dan enak dipandang. Lobi ini biasanya digunakan mahasiswa untuk menunggu jemputan dan untuk duduk-duduk dan mengobrol sambil menunggu kelas berikutnya.
Ketika kita melanjutkan masuk ke dalam bangunan ini, kita akan melihat pohon-pohon yang tinggi dan rindang.  Hal tersebut menambah kesan sejuk dan teduh. Jika dilihat dari karakteristik bangunannya kampus ini tidak berbeda jauh dengan kampus 2, eetapi kampus ini lebih megah dan lebih menonjolkan sisi budaya Bali dengan ukiran-ukiran yang ada. Kampus ini memiliki halaman yang luas dan pepohonan  rindang, menambah kesan megah.

Kampus 4 :

Gedung Bunda Theresa. Kampus ini lebih dikenal dengan kampus FISIP. Terletak di Jl. Babarsri No 6 Yogyakarta, Kampus FISIP ini merupakan kampus yang berbeda dari kampus terdahulu, karena kampus ini bisa di katagorikan sebagai bangunan baru.
Disain arsitektur dari gedung ini bergaya moderen dengan tiang-tiang yang menjulang tinggi. Arsitektur bangunan ini berbeda dengan kampus-kampus UAJY yang lainnya. Bangunan ini terlihat kotak tidak simetri  dan terlihat apik, tetapi tidak kita jumpai ukiran seperti dikampus dua dan tiga. Gedung ini membuat mahasiswa merasa nyaman dan senang untuk melakukan kerja kelompok di kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.