Categories
Universitas

Keunggulan Universitas Gadjah Mada

Keunggulan Universitas Gadjah Mada

Keunggulan Universitas Gadjah Mada

Keunggulan Universitas Gadjah Mada – Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu PTN populer yang terletak di Yogyakarta. PTN ini berhasil masuk dalam kategori perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Ranking. Selain itu, UGM juga menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak awal periode kemerdekaan. Melihat rekam jejak kampus ini, wajar saja kalau banyak pelajar ingin kuliah di UGM.

Hampir setiap tahun ribuan calon mahasiswa baru mengincar UGM sebagai kampus impian. Apakah Pahamifren termasuk salah satunya? Apa sih keunggulan UGM yang membuatmu tertarik berkuliah di PTN ini? Nah, Mipi telah merangkum beberapa alasan yang dapat membulatkan tekadmu memilih UGM sebagai tempat kuliah.

1.  Keunggulan dan kekuatan SPs

  1. Sekolah Pascasarjana memiliki karakter lintas disiplin ilmu yang menarik minat stakeholders dan membedakannya dalam “pasar” PT.
  2. Sekolah Pascasarjana memiliki dosen yang minimal bergelar doktor yang memiiki latar
  3. Karakter lintas disiplin dalam Sekolah Pascasarjana memungkinkan pemberian respons pada masalah kongkret masyarakat, yang tidak terkotak-kotak pada disiplin ilmu tertentu.
  4. Sekolah Pascasarjana telah memiliki sistem informasi yang relatif cukup terintegrasi dengan sistem informasi universitas dan mampu memenuhi tuntutan informasi penggunanya.
  5. Sekolah Pascasarjana telah cukup mendapat kepercayaan pemerintah, swasta, lembaga donor, maupun masyarakat pada umumnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas.
  6. Sekolah Pascasarjana telah memiliki kampus dengan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kegiatan-kegiatan akademik dan non-akademik.
  7. Sekolah Pascasarjana memiliki tenaga pengajar yang semuanya  bergelar minimal doktor yang memiliki kualifikasi unggul di bidangnya.
  8. Sekolah Pascasarjana memiliki jaringan kelembagaan yang cukup kuat dengan beragam lembaga maupun alumninya di tingkat nasional (pemerintahan dan lembaga donor) dan internasional.

Keunggulan Universitas Gadjah Mada Sebagai Tujuan Kuliah

Universitas Berkualitas

Mahasiswa UGM pun ketika ditanya “Mengapa UGM?” rata-rata pasti akan menjawab karena menilai baik kualitasnya. “UGM itu universitas yang bagus kualitasnya,” ungkap Lenny Aggitya (Pendidikan Dokter Gigi 2012). Mahasiswa lain juga mengatakan hal sama. Seperti Doni Achsan (Teknik Industri 2013) yang dengan mantap berkata, “alasan masuk UGM jelas karena kualitasnya.” Begitu juga dengan Dewi Kusuma Ratih, mahasiswi Manajemen 2013 yang mengatakan kalau dirinya nggak menyesal memilih UGM. Ia menilai UGM memiliki kualitas yang unggul, baik dari profil pengajarnya maupun segala fasilitas yang ditawarkan.

Baca juga artikel lainnya : Profil Universitas Negeri Yogyakarta

Kualitas ini salah satunya bisa dilihat dari hasil pemeringkatan PTN yang dikeluarkan oleh Kementerian Ristek Dikti secara berkala. Tahun 2015, UGM memperoleh skor total 3,69 dan tahun 2016 dengan skor 3,72. Pemeringkatan ini didasarkan pada aspek sumber daya manusia (SDM), manajemen dan akreditasi, kegiatan kemahasiswaan, serta penelitian dan publikasi. Tak heran hal itu menjadikan UGM sebagai unggulan di Indonesia, yang konsisten berada di posisi 3 besar nasional. Jadi, kalau kamu bisa UGM, kenapa tidak, Quipperian?

Berada di Kota Pelajar, Budaya, sekaligus Wisata

Sebagai kota pelajar, Jogja menjadi salah satu kota tujuan untuk menimba ilmu yang selalu dipertimbangkan oleh (calon mantan) pelajar SMA. Tak heran jika pemuda-pemudi dari seluruh penjuru Nusantara datang untuk melanjutkan studi di Jogja. Hal ini tentu bisa menambah khasanah ke-Bhinneka-an kita sebagai generasi penerus.

Sebagai kota budaya, Jogja memiliki kultur yang begitu kental. Dengan kuliah di UGM, kamu tidak hanya mempelajari bidang akademis, melainkan juga akan belajar budaya Jogja.

Nah, sebagai kota wisata, Jogja menawarkan beragam ikon yang dapat kamu kunjungi di sela-sela kuliah atau saat libur. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata budaya juga sejarah sampai wisata alam pantai dan pegunungan ada di Jogja. Meski begitu, jangan khawatir Quipperian soal biaya hidup di Jogja. Di sini semua bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.