Keunggulan Universitas Harvard, Alasan Banyak Diminati Para Sarjana Indonesia

Keunggulan Universitas Harvard, Alasan Banyak Diminati Para Sarjana Indonesia

Keunggulan Universitas Harvard, Alasan Banyak Diminati Para Sarjana Indonesia

Keunggulan Universitas Harvard, Alasan Banyak Diminati Para Sarjana Indonesia
Keunggulan Universitas Harvard – Siapa sih, yang tidak pernah mendengar tentang Universitas Harvard? Pastinya sebagaian besar orang sudah mengetahuinya. Hardvard University merupakan universitas swasta di Cambridge, Masschusetts, Amerika Serikat dan salah satu anggota dari Iy League. Universitas Harvard merupakan salah satu dari universitas terbaik, yang menempati posisi terbaik ke-2 di dunia.
Tanggal 18 September 1636 adalah hari di mana didirikannya Universitas Harvard. Universitas ini adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Sebelum kita mengenal nama Harvard dulunya, universitas ini bernama “New College”, kemudian diganti menjadi “Harvard College”, dan menjadi Harvard University kembali pada tanggal 13 Maret 1639. Nama Harvard University ini diambil dari penyumbang donasi terbesarnya, Jhon Hardvard, di mana beliau adalah mantan mahasiswa Universitas Cambridge.
Universitas Harvard mengkhususkan diri pada keunggulan penelitian, pengajaran dan pembelajaran serta mengembangkan seorang pemimpin yang disiplin ilmu dan dapat menciptakan perbedaan yang signifikan secara global. Fakultas Harvard sering menjadi tempat dan terlibatnya sebuah penelitian yang mendorong keterbatasan ilmu manusia. Universitas ini sangat cocok sekali untuk kamu yang sangat tertarik dan antusisas untuk meneliti masalah kekinian di abad ke-21 ini. Maka dari itu, Universitas Harverd tidak tanggung-tanggung untuk menawarkan program bantuan keuangan (beasiswa) yang besar, dengan nilai yang besar lebih dari $160 juta diberikan kepada 60%  bagi mahasiswa Harvard University.

10 Fakta Tentang Universitas Harvard | Keunggulan Universitas Harvard

Fakta ke-1

Penamaan Universitas Harvard digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar pada universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.

Fakta ke-2

Sejak pertama kali berdiri, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata ‘university’, melainkan ‘college’. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.

Fakta ke-3

Di Universitas Harvard terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Universitas Harvard, yaitu John Harvard.

Fakta ke-4

John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.

Fakta ke-5

Selain bangunan dan gedung tua, kampus ini juga meninggalkan banyak legenda. Konon, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah di sana, yaitu saat pertama kali kuliah di Universitas Harvard dan saat lulus dari sana. Gerbang yang dimaksud tersebut adalah gerbang tengah di Universitas Harvard. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka dipercaya akan mengalami drop out. Apakah kamu mempercayai legenda ini?

Fakta ke-6

Perpustakaan Universitas Harvard memilki 9 lantai dengan 4 di antaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul, dan koleksi foto mencapai 8 juta buah. Super lengkap!

Fakta ke-7

Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia, lho! Menyeramkan atau menakjubkan?

Baca juga artikel lainnya : Jurusan Binus University

Fakta ke-8

Tidak hanya mengedepankan unsur sarana dan prasarana yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.

Fakta ke-9

Jurnal – jurnal yang diterbitkan Universitas Harvard kerap dijadikan acuan oleh banyak orang di belahan dunia untuk mencapai hasil penelitian yang luar biasa di bidangnya.

Fakta ke-10

Bagi kamu pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah kamu, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University meski usianya sudah senja? Beliau mengajar dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, dalam hal ini ialah tim Manchester United.

Itu tadi 10 fakta menarik tentang Universitas Harvard. Setelah mengetahuinya, apakah membuatmu semakin tertarik untuk berkuliah di sana? Temukan berbagai pilihan beasiswa yang dapat kamu gunakan untuk melanjutkan studi ke Universitas Harvard. Yuk, cari tahu beasiswa yang cocok untukmu di sini! 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *