Categories
Universitas

Profil Singkat Universitas Hasanuddin

Profil Singkat Universitas Hasanuddin

Profil Singkat Universitas Hasanuddin

Profil Singkat Universitas Hasanuddin – Universitas Hasanuddin, atau disingkat Unhas, merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 10 September 1956 di Makassar, Sulawesi Selatan. Sekitar sembilan tahun sebelum Unhas didirikan, tepatnya pada tanggal 23 Juli 1947, dibentuk cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Fakultas ini sempat dibekukan sebelum dibuka kembali tanggal pada 7 Oktober 1953 hingga menjadi cikal bakal dari pendirian Universitas Hasanuddin. Penutupan sementara fakultas tersebut terjadi karena ketidakpastian serta kekacauan yang terjadi di Makassar dan sekitarnya pada saat itu.

Selama pembekuan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, didirikan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading yang kemudian membentuk Panitia Pejuang Universitas Negeri pada bulan Maret 1950. Panitia ini berhasil membuka Fakultas Hukum dan Ilmu Warga cabang Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 3 Maret 1952. Fakultas ini berhasil memisahkan diri dari Universitas Indonesia seiring dengan berdirinya Universitas Hasanuddin. Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading juga berusaha mendirikan Fakultas Kedokteran dengan membentuk Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran di Makassar. Pendirian Fakultas Kedokteran Makassar berhasil diwujudkan pada tanggal 28 Januari 1956. Dengan didirikannya Fakultas Kedokteran tersebut, Universitas Hasanuddin pada awal pendidriannya memiliki tiga fakultas, yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kedokteran.

Setelah resmi didirikan, Universitas Hasanuddin terus berusaha mengembangkan pendidikannya dengan membuka beberapa fakultas dan program studi baru. Unhas saat ini telah memiliki 1 Program Pascasarjana dan 15 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Hukum budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Ilmu Alam, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Warga, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kehutanan, serta Fakultas Keperawatan.

Profil Singkat Universitas Hasanuddin – Sejarah

Berdirinya Universitas Hasanuddin secara resmi tahun 1956. Sebelumnya pada tahun 1947 Universitas Hasanuddin merupakan cabang fakultas ekonomi miliki Universitas Indonesia. Karena ketidakpastian dan kekacauan yang terjadi di daerah Makassar dan sekitarnya maka fakultas yang dipimpin oleh Drs. LA Enthoven ini dibekukan dan dibuka secara resmi kembali pada tahun 1953 dibawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk

Baca juga : Kenali Profil Universitas Atma Jaya Yogyakarta Lebih Dekat

Saat terjadimya stagnasi pada tahun 1950 Prof. Drs G.J Wolhoff, dan kawan-kawan mempersiapkan diri untuk membangun fakultas hukum swasta yang kemudian berkembang menjadi Perguruan Tinggi Sawerigading. Mereka terus mewujudkan diri untuk menciptakan universitas negeri sampai terbentuk panitia Pejuang Universitas Negeri tahun 1950. Perjalanan awal dari terbentuknya universitas negeri adalah dengan membuka  fakultas Hukum dan pengetahuan masyarakat atas dasar cabang dari Universitas Indonesia dengan dekan pertama Prof. M. Djokosoetono yang juga sebagai dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kemudian dibukanya Fakultas Kedokteran atas kesepakatan pihak yayasan dengan kementrian PP dan K yang telah diresmikan. Dalam kurun waktu selama 4 tahun atas dasar kegigihan dan kerja keras tinggi akhirnya terbentuklah Universitas Negeri yang diberi nama Universitas Hasanuddin dengan keluarnya PP no.23 tahun 1956.

Leave a Reply

Your email address will not be published.