Profil Waseda University Jepang

Profil Waseda University Jepang

Profil Waseda University Jepang

Profil Waseda University Jepang | Universitas Waseda (早稲田大学 Waseda Daigaku; atau disingkat 早大 Soudai) adalah universitas swasta Jepang yang terletak di daerah Shinjuku, Tokyo. Waseda merupakan satu dari dua universitas swasta paling prestisius di Jepang, selain Universitas Keio, yang bersaing ketat dengan dua universitas negeri terbaik seperti Universitas Tokyo dan Universitas Kyoto. Waseda terletak di daerah Shinjuku di Tokyo.

Waseda terkenal dengan kalimat liberalnya yang disimbolkan dengan mottonya “Independence of Learning” atau “Kebebasan Belajar”. Didirikan oleh seorang samurai terpelajar bernama Okuma Shigenobu pada 1882, Waseda menjadi universitas penuh pada 1902. Hampir sebagian besar dari kampusnya hancur oleh serangan bom pada masa Perang Dunia II namun dibangun dan dibuka kembali pada 1949.

Universitas Waseda dikenal sebagai tempat lahirnya banyak politisi Jepang. Tujuh perdana menteri Jepang pasca-perang adalah lulusan Waseda: Tanzan Ishibashi (1956 – 1957), Noboru Takeshita (1987 – 1989), Toshiki Kaifu (1989 – 1991), Keizo Obuchi (1998-2000), Yoshiro Mori (2000-2001), Yasuo Fukuda (2007-2008), dan Fumio Kishida (2021-sekarang).

Alumninya juga termasuk bermacam pemimpin korporasi besar seperti Masaru Ibuka (salah satu pendiri Sony), Kenichi Ohmae (pendiri dan ex-Senior Partner dari McKinsey & Company, Lee Kun-hee (Chairman dari Samsung), Fukui Takeo (CEO dari Honda) dan lain-lain.

Program sastra Waseda sangat terkenal, lulusannya termasuk Haruki Murakami dan Tawara Machi. Siapa yang tidak mengenal sosok Jerome Polin. Content creator yang sedang naik daun di Indonesia ini merupakan jebolan universitas Waseda di Jepang. Waseda University adalah universitas riset komprehensif yang berbasis di pusat Tokyo 50 program gelar semua dalam bahasa Inggris. Pada artikel ini kita akan membahas 5 jurusan populer di Waseda University.

Sejarah Waseda University

Pertama kali didirikan sebagai Universitas Tokyo pada awal tahun 1882, institusi ini berganti nama menjadi Waseda Daigaku (Universitas Waseda) pada tahun 1902, setelah memperoleh penunjukan resmi. Perpustakaan universitas juga diselesaikan sekitar waktu ini, dan sekolah pendidikan, perdagangan dan teknik didirikan untuk melengkapi fakultas ilmu politik, hukum, bahasa Inggris, ilmu alam dan sastra.

Baca artikel lainnya : Universitas Sriwijaya

Pada periode antar-perang, auditorium dan museum teater baru didirikan di universitas tersebut dan, pada tahun 1939, mahasiswa perempuan diterima untuk pertama kalinya. Selama Perang Dunia II, banyak bagian kampus yang hancur akibat serangan udara Amerika. Rekonstruksi dan renovasi dimulai setelah perang selesai dan, pada tahun 1949, universitas dibuka kembali.

Hampir mencapai usia satu setengah abad, universitas ini berdiri pada 21 Oktober 1882. Pendirinya bernama Okuma Shigenobu, seorang negarawan yang juga merupakan perdana menteri Jepang (perdana menteri ke-5). Awalnya universitas ini bernama Universitas Tokyo dan baru berganti nama menjadi Waseda pada tahun 1902.

Pada awal pendiriannya, Universitas Waseda menerima 80 mahasiswa yang tersebar di 4 departemen: sosial politik, hukum, bahasa Inggris, dan ilmu fisika. Penambahan departemen dan program studi yang ditawarkan terus bertambah seiring berjalannya waktu, seperti departemen literatur yang berdiri tahun 1890.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *