Categories
Universitas

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Universitas Dipoengoro

 

Universitas Diponegoro disingkat sebagai Undip adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Saat ini Undip telah memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah. Kampus utama Undip terletak di daerah Tembalang, dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan. Undip didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tanggal 9 Januari 1960. Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

 

baca juga : Universitsas Airlangga

Sejarah

FISIP Undip kampus Pleburan. Kini kampus Pleburan hanya menjadi lokasi program Pascasarjana, sementara program Sarjana terpusat di kampus Tembalang.

Sekitar awal tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran tinggi. Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menangani dan melaksanakan pembangunan di segala bidang khususnya bidang pendidikan. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gadjah Mada yang berstatus sebagai universitas negeri.

Sementara jumlah lulusan sekolah menengah atas di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di universitas makin meningkat, namun karena masih sangat terbatasnya universitas yang ada, maka tidak semua lulusan dapat tertampung. Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin mendesak, kemudian dibentuk Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah awal didirikannya universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang yang secara resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957, dengan Presiden Universitas (sekarang disebut rektor) yang pertama adalah Mr. Imam Bardjo.

Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan nama ini merupakan penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Keputusan Presiden ini kemudian dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No 101247/UU tanggal 3 Desember 1960.

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro di kampus Tembalang.

Keputusan tersebut berlaku surut mulai tanggal 15 Oktober 1957 dengan ketentuan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Dies Natalis Undip mengingat pada tanggal tersebut terjadi “Pertempuran Lima Hari” revolusi fisik di kota Semarang. UNDIP memilih tanggal ini untuk meneruskan cita-cita pejuang kemerdekaan bangsa dalam mengisi kemerdekaan dengan mencerdaskan bangsa. UNDIP adalah bentuk sumbangsih para penerus bangsa atas amanah yang ditinggalkan para pejuang kemerdekaan.

Tahun 1957 ditetapkan sebagai tahun berdirinya Undip, dengan memperhatikan realitas sejarah bahwa Universitas Semarang sebagai universitas swasta – yang berdiri tahun 1957 merupakan embrio Universitas Diponegoro. Penetapan Dies Natalis Undip tanggal 15 Oktober 1957 telah dinyatakan dalam laporan rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13.

Perjalanan panjang Undip, telah menghantarkan universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

  1. Status Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
    • Universitas Diponegoro (UNDIP) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961 merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah
  2. Status Badan Layanan Umum (BLU)
    • Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan nomor 259/KMK.05./2008 tanggal 15 September 2008 tentang Penetapan Universitas Diponegoro pada Departemen Pendidikan Nasional sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Selanjutnya Universitas Diponegoro dalam pengelolaan keuangan mengikuti pola Pengelolaan Badan Layanan Umum
  3. Status Perguruan Tinggi Negeri – Berbadan Hukum (PTN-BH)
    • Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Diponegoro, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Akademik

Penerimaan mahasiswa

Di tingkat nasional, menurut hasil SBMPTN tahun 2020, Undip menduduki peringkat kelima pada rumpun ilmu Sains-Teknologi (Saintek) dengan nilai rataan tertinggi mahasiswa yang diterima sebesar 592,55 dan peringkat kelima pada rumpun ilmu Sosial-Humaniora (Soshum) dengan nilai rataan tertinggi mahasiswa yang diterima sebesar 583,80.

Seleksi Nasional

  • Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi ini ditujukan untuk para siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten di SMA/SMK/MA. Data dari prestasi yang akan digunakan adalah nilai rapor dan portofolio akademik dari semester 1 hingga semester 5 selama sekolah.

  • Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuk PTN melalui tahap tes / ujian tertulis. Ujian yang dilakukan sekarang sudah menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seleksi Mandiri

  • Jalur SBUB

Jalur SBUB atau Seleksi Bibit Unggul Berprestasi merupakan kesempatan masuk Undip yang diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat yang memiliki potensi bakat dan prestasi unggul (di bidang olah raga, seni, atau ilmu pengetahuan dan teknologi, minimal pernah juara 1, 2, atau 3 tingkat nasional).

  • Jalur IUP

Jalur IUP (International Undergraduate Program) dirancang sebagai kelas khusus dengan Bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus. Kelas IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional. Sejauh ini, 6 fakultas di Undip telah membuka kelas internasional/program IUP.

  • Jalur Ujian Mandiri

Jalur UM atau Ujian Mandiri merupakan kesempatan masuk Undip yang diberikan melalui ujian tertulis yang diseleggarakan oleh pihak Undip sendiri. Waktu pendaftaran Ujian Mandiri bisanya diadakan setelah SBMPTN. Ujian Mandiri ini dibuka dalam 2 gelombang.

Fakultas dan Sekolah

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah, dengan rincian 21 program studi Diploma (D3), 11 program studi Diploma 4 (D4), 58 program studi Sarjana (S1), 38 program studi Magister (S2), 19 program pendidikan Dokter Spesialis, 4 Program Profesi, dan 15 program studi Doktor (S3).

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sains-Teknologi (Saintek)

  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Sains dan Matematika
  • Fakultas Peternakan dan Pertanian
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Sosial-Humaniora (Soshum)

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Psikologi

Vokasi/Kejuruan

  • Sekolah Vokasi

Pascasarjana

  • Sekolah Pascasarjana

Akreditasi

Institusi

Universitas Diponegoro Terakreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) sebagai A (Amat Baik) dengan SK No 13/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Beberapa indikator penilaian akreditasi meliputi: mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola, mutu produktivitas luaran dan capaian, mutu proses pendidikan, dan mutu input.

Program Studi

Sejumlah program studi di Universitas Diponegoro telah mendapatkan akreditasi internasional. Program studi yang telah mendapatkan akreditasi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) diantaranya adalah Teknik Kimia, Teknik Mesin, Kesehatan Masyarakat, dan Ekonomi Pembangunan. Lalu beberapa program studi yang telah terakreditasi ABEST21 (Alliance On Business Education and Scholarship For Tomorrow, a 21st Century) antara lain adalah Manajemen dan Akuntansi. Kemudian, beberapa program studi yang telah terakreditasi IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) meliputi Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, dan Teknik Elektro.[14][15] Selain itu 15 program studi lain juga telah terakreditasi FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation).

Peringkat Nasional dan Internasional

Kemenristekdikti 2019

Universitas Diponegoro menempati peringkat 6 dari 13 Perguruan Tinggi terbaik (Klaster I) tahun 2019 kelompok non-politeknik.

SCOPUS

4ICU Web/Domain

Universitas Diponegoro (Undip) menempati posisi papan atas 5 besar kampus terbaik di Indonesia dalam rilis terbaru yang dikeluarkan oleh lembaga 4ICU, pada bulan Januari 2021. Sebagaimana dimuat dalam situs resmi 4ICU, Undip menempati ranking ke-3 kampus terbaik di Indonesia.

World Greenmetrics Ranking

Universitas Diponegoro menempati peringkat 39 dengan skor 8025 (peringkat 2 di Indonesia).

QS

Universitas Diponegoro menempati peringkat 8 se-Indonesia dalam QS World University Ranking, dan menempati peringkat 9 se-Indonesia dalam QS Asian University Ranking. Secara global, Undip menempati ranking di kisaran 801-1000 teratas dunia.

THE

Hasil pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2021, UNDIP berada di posisi ke-4 dari 9 universitas di Indonesia yang diakui THE WUR masuk dalam posisi terhormat di tingkat internasional. Secara global, Undip menempati peringkat di kisaran 1000+ teratas dunia.

Reputasi dan Prestasi

Universitas Diponegoro (Undip) meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2016. Undip memperoleh penghargaan ini untuk pilar Academician khususnya dalam bidang penelitian (research). Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi serta komitmen Undip dalam mendukung kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh prestasi yang diraih mahasiswa Undip antara lain:

  • Juara 3 dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-32 tahun 2019 di Bali.
  • Juara 1 dalam IEI & WIIF (The 10th International Exhibition of Inventions and The 3rd World Invention and Innovation Forum) di Tiongkok.
  • Juara 1 dalam Japan Design and Invention Expo (JDIE) 2018, Tokyo, Jepang.
  • Juara 2 dalam International Engineering Invention and Innovation Exhibition 2018 (i-ENVEX 2018).
  • Juara 1 dalam 2018 Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPTEX 2018).
  • Juara 3 dalam Malaysia Technology Expo 2018.
  • Juara 2 dalam World Young International Exhibition (WYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia.Juara 1 dalam World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2018.
  • Juara 1 dalam Lomba Debat Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Nasional 2018.
  • Juara 1 dalam LKTI Muria Scientific Competition 2018.Pusat Studi dan Pusat Layanan

Terdapat beberapa Pusat Penelitian dan Pusat Layanan di Universitas Diponegoro yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro, antara lain:[27][28][29][30]

  • Pusat Penelitian Gender
  • Pusat Penelitian Kesehatan
  • Pusat Penelitian Kajian Pembangunan
  • Pusat Program Pelayanan Pelatihan
  • Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata
  • Pusat Program Pelayanan Pengabdian Umum
  • Pusat Promosi dan Publikasi Hasil Penelitian dan layanan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI)
  • Pusat Studi Kajian Bencana
  • Pusat Kajian Kebijakan dan Manajemen Pembangunan
  • Pusat Penelitian Obat Alam
  • Pusat Studi Kajian Kebijakan Energi (Pusaka Energia)
  • Pusat Studi Biomassa dan Energi Terbarukan
  • Pusat Kajian Anti-Korupsi
  • Pusat Kajian Kelautan
  • Diponegoro Disaster Response Team (D-DART Undip)
  • Pusat Kajian Keolahragaan dan Kepemudaan
  • Pusat Studi Asia
  • Centre of ASEAN Study
  • Centre of Trade & WTO Policy
  • Centre of International Human Rights & Humanitarian Law Studies
  • Centre for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics, and Bio Signal Processing (CBIOM3S)
  • Centre for Coastal Rehabilitation and Disaster Mitigation Studies (CoREM)
  • Environmental Research Centre (PPLH)
  • Halal Study Centre
  • Laboratorium Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY)
  • Pusat Studi Kusta
  • Medical Education Unit (MEDU Diponegoro)
  • Centre of Epidemiology and Biostatistics Unit (CEBU Diponegoro)
  • Centre of Avian Influenza, Molecular and Clinical Microbiology
  • Centre of Tropical Infectious Diseases (CENTRID)
  • Centre of Biomedical Research (CEBIOR)
  • Centre of Nutrition Research (CENURE)
  • Centre for Geothermal Research (Pusat Penelitian Geothermal)
  • Centre of Marine Ecology and Biomonitoring for Sustainable Aquaculture (Ce-MEBSA)
  • Centre for Plasma Research (CPR)
  • Pusat Pemberdayaan Keluarga (PPK)
  • Aging Research Centre (ARC)
  • Centre for Experiment and Psychometric Studies (CEPS)

Lambang

Universitas Diponegoro mempunyai lambang yang digambarkan dalam bentuk dasar segi lima berbingkai lengku dan sisi lima yang berisi kuncup bunga melati yang sedang berkembang, berkelopak 10 helai, berdaun bunga 15 helai. Dalam kuncup bunga melati terdapat keris dan siluet Pangeran Diponegoro dan kupel (kubah) dengan 8 pancaran sinar. Tulisan Universitas Diponegoro terletak pada sisi kiri atas melengkung ke arah sisi kanan atas bunga melati, tulisan Semarang terletak dibawah kelopak bunga melati.

Lambang segi lima melambangkan dasar negara Pancasila. Kuncup bunga melati bermakna sebagai lembang pendidikan tinggi. Keris melambangkan ketajaman analisis yang menjamin kemandirian, ketepatan, presisi, dan akurasi serta kegunaan. Siluet Pangeran Diponegoro melambangkan jiwa kepahlawanan yang dimiliki oleh Pangeran Diponegoro yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tinggi rasa tanggung jawab, peka dan tanggap terhadap lingkungan dan sekaligus merupakan menifestasi jati diri Universitas Diponegoro. Kubah melambangkan religiusitas warga kampus, ketakwaan dan kepatuhan pada agama yang dianutnya. Pancaran 8 sinar melambangkan pencerahan dan penerangan kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta melambangkan penyebaran hasil Tri Dharma Perguruan Tinggi ke segala penjuru. Daun bunga yang berjumlah 15 helai dan kelopak bunga yang berjumlah 10 helai melambangkan tanggal dan bulan kelahiran Universitas Diponegoro, 15 Oktober.

Warna hitam pada warna dasar, inti dari keris dan pegangannya melambangkan kepribadian. Warna kuning emas (prada) pada warna bingkai dan siluet Pangeran Diponegoro melambangkan keagungan. Warna merah pada pancaran 8 sinar di belakang siluet Pangeran Diponegoro melambangkan keberanian. Warna putih pada kelopak dan daun bunga serta tulisan Universitas Diponegoro Semarang melambangkan kesucian.

Lokasi

Lokasi Universitas Diponegoro tersebar di beberapa lokasi di Kota Semarang, Kabupaten Batang dan Jepara dengan perincian 8 lokasi kampus dan 1 lokasi perumahan dinas.

Kampus utama

Kampus Pleburan

Kampus Undip Pleburan merupakan kampus tertua dan kampus pertama Undip, didirikan pada tahun 1957 yang terletak di Pleburan, Semarang. Kini kampus Pleburan hanya menjadi tempat untuk program pascasarjana dan beberapa pusat administrasi. Sementara semua program sarjana telah terpusat di kampus Tembalang.

Kampus Tembalang

Kampus Tembalang merupakan kampus utama Undip yang terletak di Tembalang, Semarang, dibangun pada tahun 1980-an. Semua program studi sarjana dari semua fakultas (Hukum, Ekonomika dan Bisnis, Teknik, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Psikologi, Kedokteran) dan pusat administrasi di Undip berada di kampus Tembalang yang menempati lahan sebesar 180 hektar ini. Program Vokasi juga telah berada di kampus Tembalang. Pascasarjana Fakultas Teknik adalah satu-satunya program pascasarjana yang terletak di Kampus Tembalang, sementara program pascasarjana lainnya tetap berada di Kampus Pleburan.

Kampus utama Undip Tembalang juga dilewati oleh layanan transportasi umum Trans Semarang koridor 6 yang menghubungkan Universitas Diponegoro dengan Universitas Negeri Semarang.

Selain itu di Kampus Tembalang terdapat pula fasilitas lain seperti Rektorat, SA-MWA, Student Centre, laboratorium terpadu, stadion universitas, rusunawa (asrama mahasiswa), masjid kampus, SPBU kampus, hutan kampus, serta waduk kampus.

Kampus PSDKU

Alamat kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Undip:

  • Kampus PSDKU Kabupaten Pekalongan (D3 Akuntansi, D3 Perencanaan Wilayah dan Kota).
  • Kampus PSDKU Kabupaten Batang (D3 Administrasi Pajak, D3 Hubungan Masyarakat).
  • Kampus PSDKU Kabupaten Demak (D3 Akuntansi, D4 Rekayasa Perancangan Mesin)
  • Kampus PSDKU Kabupaten Rembang (D3 Manajemen).

Kampus lainnya

  • Kampus Jl. dr. Sutomo 14, Zona Pendidikan RSUP dr. Kariadi, Semarang (Fakultas Kedokteran: Ilmu Gizi dan Pasca Sarjana, Laboratorium Fakultas Kedokteran)
  • Kampus Jl. Ade Irma Suryani Jepara (Laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
  • Kampus Mlonggo Jepara (Fakultas Kedokteran)
  • Kampus Teluk Awur Jepara (Fakultas Ilmu Kelautan: Laboratorium Kelautan, Ruang Kuliah, Asrama, Perpustakaan, Rumah Dinas, Ruang Fasilitas Selam)
  • Perumahan Dinas Kagok Semarang, Jawa Tengah

Fasilitas

Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa)

Universitas Diponegoro memiliki 5 twinblok bangunan untuk Asrama Mahasiswa yang disebut Rusunawa (Rumah Susun Sewa bagi Mahasiswa), yang merupakan fasilitas asrama bagi mahasiswa Universitas Diponegoro. Rusunawa Undip terletak di antara LPPU Undip dan Stadion Undip.

Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa), mempunyai 5 twinblok, yaitu:

  • Gedung A mempunyai 84 kamar dengan daya tampung 252 orang.
  • Gedung B mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang.
  • Gedung C mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang.
  • Gedung D mempunyai 96 kamar dengan daya tampung 288 orang.
  • Gedung E mempunyai 114 kamar.

Fasilitas dan sarana olahraga

Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiki Undip antara lain:

  • Stadion Universitas Diponegoro
    • Lapangan sepak bola & futsal
    • Atletik
    • Pusat kebugaran
    • Jogging track
  • International Indoor Stadium Undip
  • Lapangan tenis & bulu tangkis
  • Lapangan basket

Gedung Auditorium Profesor Soedarto S.H.

Gedung Prof. Soedarto S.H merupakan salah satu gedung yang dimiliki kampus Undip di Tembalang dan menjadi salah satu gedung yang paling sering digunakan untuk acara-acara penting. Seperti daftar ulang verifikasi registrasi calon mahasiswa baru, seminar, workshop, pengukuhan guru besar, wisuda, dan acara besar lainnya.

Perpustakaan Widya Puraya

Perpustakaan Undip merupakan sebuah Unit Pelaksana Teknis di Universitas Diponegoro yang memberikan layanan perpustakaan. Selain itu UPT Perpustakaan Undip juga didukung oleh Perpustakaan yang ada di masing-masing fakultas dan jurusan. Perpustakaan Undip menempati sebuah gedung berlantai 5 di kompleks Widya Puraya.

Student Centre

Student Centre (SC) Universitas Diponegoro adalah gedung pusat kegiatan mahasiswa Undip. Student Centre ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan tempat mereka menuangkan kreativitas dan meningkatkan prestasi sesuai UKM dan tupoksi masing-masing. Student Centre memiliki beberapa ruang, yakni satu pendopo, 40 ruang bagi UKM, satu mushola, satu kantin, dan dua ruang transit.

Undip Inn

Hotel Undip Inn adalah fasilitas di Universitas Diponegoro yang terletak di Gedung Training Centre II (TCII). Bangunan tersebut memiliki luas 3.000 m2 dengan tinggi 8 lantai. Lantai pertama adalah lobby dan fasilitas umum, lantai dua adalah ruang pengelola dan ruang pelatihan, lantai 3 hingga 7 adalah fasilitas penginapan dengan jumlah kamar ada 50 sekelas dengan fasilitas kamar hotel bintang tiga, serta lantai 8 adalah ruang convention dan ruang penunjang. Fasilitas ini untuk memfasilitasi dan mengakomodasi kegiatan seperti pelatihan atau seminar yang ada di Undip, dan terbuka untuk umum.

Fasilitas lainnya

Beberapa fasilitas umum dan penunjang akademik lainnya di lingkungan kampus Universitas Diponegoro antara lain:

  • Masjid Kampus Universitas Diponegoro
  • ICT Centre International Office
  • Waduk Pendidikan Universitas Diponegoro
  • Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND)
  • Klinik Pratama Diponegoro
  • Taman Inspirasi
  • Taman Rumah Kita
  • Training Centre I & Training Centre II
  • Undip Career Centre
  • Laboratorium Terpadu
  • Auditorium tiap fakultas
  • Halte bus Trans Semarang di beberapa fakultas (BNI Undip, FPsi, FEB, RSND, FK, Taman Rusa FPP, Rusunawa, dan Polines)
  • Radio Pro Alma Undip
  • Gedung Serba Guna
  • Wi-Fi area 24 jam (UndipConnect, Eduroam)
  • Sarana ATM dan Bank (BTN, BNI, Mandiri, BRI)
  • Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina Undip
  • Bus Undip

Leave a Reply

Your email address will not be published.