Universitas Harvard

 Informasi Universitas Harvard

Universitas Harvard

Universitas Harvard  (bahasa Inggris:  Harvard University ) adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia.

Sejarah

Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan Ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai “universitas” dan bukan “college” yang terjadi pada tahun 1780.

Harvard didirikan pada 1636 melalui pemungutan suara dari Pengadilan Agung dan Umum Koloni Teluk Massachusetts . Pada tahun 1638, ia mengakuisisi mesin cetak pertama yang dikenal di Amerika Utara Inggris .  Pada tahun 1639, ia dipilih Harvard College setelah mendiang pendeta John Harvard, seorang alumnus Universitas Cambridge yang telah meninggalkan sekolah tersebut £779 dan perpustakaannya yang beroperasi sekitar 400 jilid.  Piagam menciptakan Harvard Corporation diberikan pada tahun 1650.

Sebuah tahun 1643 tujuan sekolah sebagai “untuk memajukan pembelajaran dan tidak memberikannya kepada anak cucu, takut untuk meninggalkan pelayanan buta huruf kepada gereja-gereja ketika kita sekarang akan berbaring dalam debu.”  Ini berdasarkan banyak pelatih Puritan di tahun-tahun awalnya  dan menawarkan kurikulum klasik model universitas Inggris‍—‌banyak pemimpin di koloni itu pernah kuliah di Universitas Cambridge —tetapi sesuai dengan prinsip Puritanisme . Harvard tidak pernah berafiliasi dengan denominasi tertentu, meskipun banyak lulusannya yang paling awal menjadi pendeta di gereja-gereja Puritan. 

peningkatan Mather sebagai presiden 1681-1701 Pada 1708, John Leverett menjadi presiden yang tidak juga seorang pendeta, salah satu perguruan tinggi dari Puritanisme dan menuju kemerdekaan intelektua

Institusi

Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan memperoleh pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat dariUniversitas Yale, pesaing terdekatnya).

Peringkat universitas Amerika Serikat keluaran  US News  tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings  juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama.

Fakultas

Universitas Harvard kini memiliki 9 Fakultas, diurutkan di bawah ini menurut masa didirikan:

  • Harvard Faculty of Arts and Sciences  dan subfakultasnya,  Harvard Division of Engineering and Applied Sciences]] , yang bersama-sama meliputi:
    • Harvard College , yang merupakan bagian pascasarjana Universitas ini (1636)
    • Sekolah Pascasarjana Seni dan Sains Harvard  (1872)
    • Harvard Division of Continuing Education , termasuk  Harvard Extension School  dan  Harvard Summer School
  • [ Termasuk  Harvard Medical School  (1782) dan  Harvard School of Dental Medicine  (1867)
  • Sekolah Ketuhanan Harvard  (1816)
  • Sekolah Hukum Harvard  (1817)
  • Sekolah Bisnis Harvard  (1908)
  • Sekolah Pascasarjana Desain Harvard  (1914)
  • Sekolah Pascasarjana Pendidikan Harvard  (1920)
  • Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard  (1922)
  • Sekolah Pemerintahan Kennedy  (1936)

baca juga : 5 Universitas Negeri di Indonesia

 

Fakta – Fakta Universitas hardvard

Penamaan Universitas Harvard digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar di universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.

Sejak pertama kali berdiri, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata ‘ university ‘, melainkan ‘ college ‘. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.

Di Universitas Harvard terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Universitas Harvard, yaitu John Harvard.

John Harvard memiliki sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.

Selain bangunan dan gedung tua, kampus ini juga meninggalkan banyak legenda. Konon, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang kuliah di sana, yaitu saat pertama kali kuliah di Universitas Harvard dan saat lulus dari sana. Gerbang yang dimaksud adalah gerbang tengah di Universitas Harvard. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka dipercaya akan mengalami  drop out . Apakah kamu mempercayai legend ini?

Perpustakaan Universitas Harvard memilki 9 lantai dengan 4 di antaranya adalah lantai  basement . Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul, dan koleksi foto mencapai 8 juta buah. Super lengkap

Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia, lho! Menyeramkan atau menakjubkan?

Tidak hanya luar biasa sarana dan prasarana yang luar biasa, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu membanggakan dan membanggakan

Jurnal – jurnal yang diterbitkan Universitas Harvard kerap dijadikan acuan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk mencapai hasil penelitian yang luar biasa di bidangnya.

Bagi kamu pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah kamu, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Universitas Harvard meski usianya sudah senja? Beliau mengajar dengan fokus pada manajemen pengelolaan tim, dalam hal ini adalah tim Manchester United.

Berikut adalah informasi tentang Universitas Harvard, universitas swasta terbaik didunia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *