Categories
Universitas

5 Universitas Negeri di Indonesia

5 Universitas Negeri di Indonesia

5 Universitas Negeri di Indonesia

Banyak yang mempertanyakan ada berapa jumlah universitas negeri di Indonesia? Dilansir dari data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, terdapat kurang lebih 122 unit universitas negeri atau perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas negeri menjadi PTN terfavorit yang dipilih oleh masyarakat. Selain biaya yang disubsidi oleh pemerintah, kuliah di universitas negeri umumnya memberikan kualitas terbaik.

Maka tak mengherankan bila jajaran 10 universitas terbaik di Indonesia 2021 disebut oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Apalagi sejumlah universitas negeri di Jakarta beserta jurusannya juga memberikan kualitas yang baik untuk mahasiswanya.

baca juga : 10 Daftar Perguruan Tinggi di Indonesia

 

1. Institut Teknologi Bandung

Berada di ranking pertama adalah ITB yang pada tingkat internasional berada di urutan ke 331 sebagai kampus terbaik dunia versi Top Universities. Sejak didirikan di tahun 1959 ITB saat ini menawarkan 27 program studi yang telah mengantongi akreditasi internasional, antara lain dari ABET dan ASIIN.

Jurusan ITB:
– Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – 2.752 peminat
– Sekolah Bisnis dan Manajemen – 2.214 peminat
– Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan – 1.813 peminat
– Fakultas Seni Rupa dan Desain – 1.618 peminat
– Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Kampus Ganesa – 1.588 peminat

2. Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi yang berada di kota Yogyakarta ini berdiri tahun 1949 yang pada awalnya merupakan upaya penggabungan beberapa sekolah tinggi. Saat ini UGM mempunyai 18 fakultas, Pendidikan Pascasarjana, serta studi vokasi dengan puluhan jurusan.

Hampir semua prodi UGM telah terakreditasi A BAN PT dan sebagian besar bahkan memiliki akreditasi internasional. Jurusan favoritnya, yaitu Kedokteran, Hukum, Psikologi, Manajemen, dan Farmasi

Jurusan UGM
-Psikologi – 3.655 peminat
-Hukum – 3.575 peminat
-Kedokteran –3.565 peminat
-Manajemen – 3.119 peminat
-Ilmu Komunikasi 2.205 peminat

3. Institut Pertanian Bogor

Universitas terbaik di Indonesia 2020 versi Dikti di urutan ketiga adalah Institut Pertanian Bogor dengan konsentrasi utamanya adalah bidang pertanian. Walaupun begitu saat ini IPB juga banyak menyediakan jurusan non pertanian, biosains, atau bidang lain yang berkaitan.

Sama seperti ITB dan UGM, cukup banyak prodi di IPB telah diakui secara internasional. Jurusan-jurusan favoritnya yaitu, Ilmu Gizi, Teknologi Pangan, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Manajemen, dan Agronomi Hortikultura.

Jurusan IPB:
-Ilmu Gizi – 1.119 peminat
-Manajemen – 995 peminat
-Bisnis – 948 peminat
-Ilmu Komputer – 889 peminat
-Agronomi dan Hortikultura – 864 peminat

4.Institut Teknologi Sepuluh November

Kampus ITS secara resmi berdiri pada tahun 1957 di Surabaya dan berkonsentrasi pada pengembangan keilmuan di bidang teknologi serta kelautan (maritime). Kelebihan kampus ini adalah berbagai terobosan terbarunya melalui riset-riset aktif dan inovatif hingga sekarang.

4 Jurusan favoritnya yang mungkin dapat menginspirasi putra-putri Parent Pinters, adalah, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Sipil.

Jurusan ITS:
-Teknik Informatika – 2.049 peminat
-Teknik Industri – 1.435 peminat
-Teknik Mesin – 1.279 peminat
-Teknik Sipil – 1.247 peminat
-Teknik Elektro – 1.160 peminat

5. Universitas Indonesia

Kampus ini juga merupakan salah satu icon pendidikan di Ibukota. UI menampilkan citra sebagai perguruan tinggi yang modern, terbuka, dan komprehensif tanpa melupakan sisi humanis dan multikultur.

Universitas ini selain menawarkan disiplin keilmuan yang cukup beragam, juga sangat mendukung aktivitas penelitian. Jurusan-jurusan favorit saintek dengan tingkat kompetisi ujian masuk yang ketat adalah: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Geologi, dan Ilmu Komputer.

Jurusan UI:
-Ilmu Hukum – 3.370 peminat
-Pendidikan Dokter – 3.045 peminat
-Manajemen – 3.037 peminat
-Ilmu Komunikasi – 2.988 peminat
-Ilmu Psikologi – 2.797 peminat

Leave a Reply

Your email address will not be published.