Categories
Universitas

5 Universitas Dengan Program Studi Terbanyak

5 Universitas Dengan Program Studi Terbanyak

5 Universitas Dengan Program Studi Terbanyak

1.Universitas Gajah Mada
Universitas pertama di tanah air yang diketahui membuka prodi paling banyak adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Berbasis di Yogyakarta dan masuk ke dalam daftar universitas tertua di Indonesia. UGM pertama kali beroperasi di tahun 1949 dan memiliki sejarah yang sangat panjang mewarnai masa-masa kemerdekaan di Indonesia.

UGM saat ini tercatat membuka prodi sebanyak 285 prodi yang berasal dari berbagai fakultas. Universitas ini sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT untuk akreditasi institusi dan beberapa prodi juga sudah mengantongi akreditasi A. Tidak mengherankan, apalagi UGM menjadi pionir universitas di Indonesia yang masuk daftar universitas terbaik tingkat dunia.

Sebagai universitas dengan prodi terbanyak, sudah tentu UGM menjaring mahasiswa dari berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke. Tidak sedikit pula mahasiswa pertukaran pelajar asing menempuh pendidikan di UGM dan begitu pula sebaliknya. Kebanyakan prodi di UGM dikenal prestisius, sehingga peminatnya selalu tinggi setiap tahunnya.

2. Universitas Indonesia 
Pengisi daftar perguruan tinggi dengan prodi terbanyak berikutnya adalah UI atau Universitas Indonesia yang berada di Depok, Jawa Barat. UI menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia dan merupakan PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Saat ini sudah membuka 241 prodi dari berbagai bidang keilmuan atau fakultas.

baca artikel lainnya: Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada

UI yang dikenal sebagai universitas bergengsi kemudian memiliki banyak peminat. Salah satu alasan kenapa banyak mahasiswa memburu kesempatan kuliah di UI adalah karena jaringan alumni yang luas. Alumninya sudah bekerja di berbagai sektor perusahaan terkemuka Indonesia.

Fakta ini membantu setiap mahasiswa di UI untuk mendapatkan kemudahan mengakses informasi lowongan pekerjaan. Akreditasi A yang diterima UI dari BAN-PT kemudian memperkuat posisi alumni sebagai kandidat calon karyawan di berbagai perusahaan. Banyaknya prodi yang dibuka membantu kamu dan siapa saja menemukan prodi yang sesuai minat dan bakat.

3. Universitas Padjajaran
Berikutnya adala Universitas Padjadjaran atau Unpad yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Unpad juga menjadi pengisi daftar perguruan tinggi dengan prodi terbanyak dengan total ada 194 prodi yang sudah resmi dibuka dan terdaftar di PDDikti. Sehingga Unpad kemudian mampu menjaring mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai salah satu PTN dengan akreditasi A oleh BAN-PT, maka Unpad juga masuk daftar perguruan tinggi favorit. Setiap tahunnya ada ribuan calon mahasiswa yang adu peruntungan untuk bisa lolos seleksi dari berbagai jalur masuk mahasiswa baru. Banyaknya prodi yang tersedia memudahkan para mahasiswa menentukan prodi terbaik.

Selain itu, Unpad juga punya banyak kelebihan lainnya. Mulai dari lokasinya di kota Bandung yang dikenal punya iklim sejuk. Ditambah pula dengan biaya hidup yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kota besar lain di Indonesia. Sehingga mendukung mahasiswa dari berbagai kalangan untuk hidup layak dengan mudah.

4. Universitas Diponegoro
Undip atau Universitas Diponegoro yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah juga termasuk perguruan tinggi dengan prodi terbanyak. Saat ini Undip membuka 164 prodi yang membuatnya memiliki mahasiswa dari banyak wilayah di Indonesia. Ada juga pertukaran pelajar, sehingga banyak mahasiswa asing kuliah di Undip.

Undip termasuk PTN terkemuka dan lulusannya dikenal mudah mendapatkan pekerjaan, apalagi di kota Semarang. Berkat bimbingan dosen ahli di berbagai bidang kualitas alumninya tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, Undip menjadi PTN yang nyaris semua prodinya sudah punya akreditasi A.

Fakta ini tentu memperkuat posisi Undip sebagai penyedia tidak hanya prodi terbanyak namun juga prodi dengan akreditasi A terbanyak. Sehingga tidak hanya menang dari segi kuantitas atau jumlah, melainkan juga dari segi kualitas. Sebagai kampus favorit maka tidak heran butuh perjuangan dan prestasi unggul untuk bisa masuk kesini.

 

5. Universitas Airlangga
Masih di Jawa Timur, ada satu lagi pengisi daftar perguruan tinggi dengan prodi terbanyak yaitu Universitas Airlangga atau Unair. Unair berada di kota Surabaya dan nama universitas ini dikenal luas oleh masyarakat. Sebab memiliki segudang prestasi dan juga dikenal sebagai universitas yang punya rumah sakit sendiri.

Unair saat ini membuka prodi sebanyak 173 prodi yang membuatnya menjadi destinasi bagi banyak mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Unair juga menjadi kampus yang super ramah untuk mahasiswa. Berkat predikatnya sebagai kampus Excellent with Morality.

Jargon tersebut dibuktikan dengan dihapusnya Ospek yang diwarnai kekerasan, Digantikan oleh Ospek yang lebih ke arah spiritual, dimana mahasiswa baru akan dibimbing secara spiritual untuk menjadi pribadi yang berprestasi dan bermoral baik. Selain itu, Unair juga punya banyak program beasiswa sehingga siapa saja bisa kuliah disini meskipun tersandung masalah biaya.

Dan Berikut adalah Universitas Program Studi Terbanyak di Indonesia di tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.