Universitas Surabaya

 Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya, Jawa Timur. UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Hari jadi UBAYA ditetapkan pada 11 Maret 1968.

Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas ini memiliki tiga kampus, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut. Dan kampus 3 berada di Trawas. Kampus 1 lebih difokuskan untuk rektorat dan politeknik. Kampus 2 untuk pendidikan S1 dan pascasarjana, serta kampus 3 untuk kegiatan pembelajaran outdoor.

UBAYA memperoleh Akreditasi Institusi peringkat A dari BAN-PT pada tahun 2015 dan 2 bintang dalam QS World University Rankings. Universitas ini juga tercatat dalam 50 Promising Indonesian Universities. Selain itu, Ubaya menempati peringkat 70 dalam UI Green Matric World University. Selain itu, UBAYA meraih akreditasi A dan memiliki beberapa penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah penghargaan Indonesia Green Award (IGA) kategori Green Campus 2016.

Sejarah Singkat Universitas Surabaya (UBAYA)

Sejarah Universitas Surabaya disingkat UBAYA adalah kelanjutan dari Universitas Trisakti Surabaya yang dibentuk oleh Yayasan Trisakti Surabaya. Yang diprakarsai pendiriannya oleh tokoh-tokoh masyarakat, pendidik, pengusaha dan pemerintah. Atas prakarsa Ketua Umum Yayasan Universitas Trisakti Surabaya Raden Soekotjo yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Nama Universitas Trisakti Surabaya diganti menjadi Universitas Surabaya. Dengan pengukuhan melalui Akta Notaris Djoko Soepadmo, SH No. 25 tanggal 6 Maret 1968 sekaligus pembentukan dan penetapan Pengurus Yayasan Universitas Surabaya.

Dengan tokoh-tokoh antara lain R. Soekotjo ( Ketua ) Prof. A.G. Pringgodigdo (Wkl Ketua I) Prof. Mr. Boedisoesetya (Wkl Ketua II) Oe Siang Djie (Wkl Ketua III) Tan Hay Siang (Wkl Ketua IV) R. Achmad (Sekretaris) The Sik Lwan (Sekretaris Pengganti) Kwee Hong Tjwan (Bendahara) Soewarno (Bendahara II) sedangkan sg anggota: Drs. Kwee Kee You Achmat Jasir.

Yayasan Universitas Surabaya kemudian menunjuk Prof. Mr. Boedisoesetya sebagai Rektor Pertama. Pada saat awal UBAYA berdiri memiliki 3 fakultas yaitu Farmasi. Hukum dan Ekonomi dengan jumlah mahasiswa saat itu sekitar 850 orang. Pada tanggal 11 Maret 1968 pembangunan kampus UBAYA di jalan Ngagel Jaya Selatan yang sudah terhenti sekian lama. Karena kurangnya dana dilanjutkan kembali dan tanggal tersebut diperingati sebagai hari jadi Ubaya.

Akreditasi UBAYA

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) No. 2574/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IV/2022. Progam Studi Ilmu Hukum pada Progam Sarjana Universitas Surabaya memperoleh Akreditasi Unggul (Tertinggi). Keputusan ini ditetapkan di Jakarta.Hasil ini didapat setelah memenuhi berbagai persyaratan/ kriteria berdasarkan penilaian Instrumen Suplemen Konversi (ISK). ISK merupakan instrumen untuk pengambilan keputusan konversi dari peringkat terakreditasi yang diperoleh dari Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 7 Standar.

Menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APT 3.0. Pelaksanaan akreditasi ini sesuai dengan tindak lanjut atas terbitnya Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020. Dan Peraturan BANPT Nomor 1 Tahun 2020 sebagai peraturan terbaru terkait akreditasi Perguruan Tinggi. Surabaya (ANTARA) – Sebanyak sembilan program studi (prodi) di Universitas Surabaya memperoleh akreditasi unggul. Berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Dalam satu tahun atau tahun 2022, sembilan prodi di Ubaya telah memenuhi kriteria pencapaian akreditasi unggul dari BAN-PT,”. Kata Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal Ubaya Gunawan Ph.D., di Surabaya, Jumat.

Akreditasi unggul untuk jenjang strata 1 ada Prodi Akuntansi, Farmasi, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. Pada jenjang profesi ada Prodi Profesi Apoteker dan pada jenjang Strata 2 ada Prodi Magister Manajemen dan Magister Farmasi. Gunawan menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Mekanisme Akreditasi. Untuk Akreditasi yang Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi unggul merupakan konversi peringkat akreditasi A yang menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *