3 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

3 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas swasta adalah salah satu bentuk perguruan tinggi swasta. Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba, misalnya yayasan. Perbedaannya dengan perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta tidak didirikan oleh pemerintah atau negara. Perguruan tinggi swasta dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, atau Universitas.Berikut Adalah 5 contoh Universitas Swasta Terbaik di Indonesia:

Contoh – Contoh Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

3 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

1.Telkom University

Telkom University , juga disebut dengan singkatan Tel-U, adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Bandung, Jawa Barat , Indonesia . Didirikan pada tahun 2013 dengan empat institusi, yang berada di bawah Telkom Indonesia melalui sayapnya yang berfokus pada pendidikan, Yayasan Pendidikan Telkom (sekarang Yayasan Telkom ), dilebur menjadi universitas.

Keempat institusi pembentuk tersebut adalah Institut Teknologi Telkom (IT Telkom – Institut Teknologi Telkom ), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom – Institut Manajemen Telkom ), Politeknik Telkom ( Politeknik Telkom ), dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Telkom Indonesia (STISI Telkom – Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom). Universitas, seperti institusi sebelumnya, memelihara hubungan dengan ratusan perusahaan, banyak di antaranya terlibat dalam sektor telekomunikasi.

Kampus utama Telkom University terbentang di atas lahan seluas 48 hektar di Bandung Technoplex (BT-Plex), di Jalan Telekomunikasi – Terusan Buahbatu, Kabupaten Bandung. Kampus lainnya terletak di kawasan Gegerkalong Hilir, sebelah utara kota Bandung, di kawasan perkantoran PT. Puslitbang Telkom dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center.
Telkom University meraih penghargaan sebagai Universitas Swasta terbaik nomor 1 di Indonesia dan Universitas 14 terbaik (Universitas Swasta dan Negeri) di Indonesia

Sejarah Telkom University

Telkom University didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbud) nomor 309/E/0/2013. Telkom University adalah universitas swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Didirikan dari penggabungan empat perguruan tinggi swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (berdiri sebagai STT Telkom, 1990), Institut Manajemen Telkom (berdiri sebagai STMB Telkom, 1990), Politeknik Telkom (Politel, 2007), dan Telkom Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI Telkom, 2011).

STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa Ir. Cacuk Sudarjanto, Direktur Utama PT. Telkom, perusahaan milik negara terbesar di Indonesia di bidang telekomunikasi. Kedua perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam bidang telekomunikasi dan teknologi informasi.

Kampus Telkom University di Bandung Technoplex awalnya merupakan situs kampus terpadu yang dikembangkan untuk STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Suharto pada 24 Maret 1994. Dulu, kawasan tersebut merupakan lokasi berdirinya radio tertua kedua. stasiun di Indonesia milik pemerintah kolonial Belanda. Stasiun radio ini kemudian membawa berita sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 ke dunia.

Telkom University terbentuk dari penggabungan empat institusi pendidikan tinggi. Keempat institusi tersebut adalah Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom dan Sekolah Seni Telkom. Masing-masing dari empat sekolah membentuk fakultas di dalam universitas.

Rencana penggabungan keempat institusi tersebut sudah ada sejak awal 2011.Pada awalnya direncanakan bahwa keempat institusi tersebut akan dilebur menjadi satu universitas pada tahun 2012. Namun karena beberapa masalah penggabungan tersebut ditunda hingga tahun 2013.
Akhirnya pada tanggal 31 Agustus 2013, Grand Launching Telkom University diresmikan oleh Profesor M. Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

baca juga : 5 Universitas Dengan Program Studi Terbanyak

Fakultas 

Sekolah Teknik Telkom 

Profil

Sekolah Teknik Telkom (TES) sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STTTelkom) didirikan pada tanggal 28 September 1990 oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan berganti nama menjadi Institut Teknologi Institut Teknologi Telkom pada tahun 2008 dan kemudian berubah menjadi Universitas Telkom pada tahun 2013. TES merupakan lembaga pertama di Indonesia yang khusus bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau infocomm.

Fasilitas

Sebagai Universitas di bidang Teknik, proses pembelajaran juga berlangsung di laboratorium. Saat ini. TES memiliki 4 laboratorium yang tersebar di 4 (empat) fakultas yaitu Fakultas Elektro dan Komunikasi, Teknik Industri. lntormasiTeknologi dan Ilmu Pengetahuan.

Program Sarjana:

Teknik Elektro
Teknik Komputer
Teknik Telekomunikasi
Teknik Informatika
Teknik Industri
Sistem Informasi
Fisika Teknik
Ilmu Komputasi / Ilmu Komputer

Program kelulusan:

Teknik Telekomunikasi
Teknik Informatika
Teknik Industri

Sekolah Ekonomi dan Bisnis Telkom 

Profil

Perjalanan Telkom Economic & Business School (TEBS) yang dulu bernama Institut Manajemen Telkomdimulai pada tahun 1990 dengan nama MBA Bandung yang kemudian menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) pada tahun 1994. Kemudian berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (SMBT) pada tahun 2004, dan akhirnya berubah menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008, akhirnya pada tahun 2013 berubah menjadi Telkom Economic & Business School (TEBS) Telkom University. TEBS merupakan salah satu fakultas Telkom University jurusan Ekonomi & Bisnis dan Telkom University dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Pengurus YPT secara ex officio adalah direksi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT Telkom). TEBS didirikan sebagai bentuk tanggung jawab PT. Telkom menjadi Good Corporate Citizen yang ingin berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa Indonesia.

Program Sarjana :

Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (Akreditasi A)
Bisnis ICT Internasional (Akreditasi A)
Akuntansi

Program kelulusan :
Pengelolaan

Sekolah Bisnis Komunikasi 

Administrasi Bisnis (Akreditasi A)
Ilmu Komunikasi (Akreditasi A)
Humas Digital

Sekolah Ilmu Terapan 

Saat ini di Sekolah Tinggi Ilmu Terapan terdapat tujuh program studi dengan jenjang pendidikan Diploma (D3) antara lain:

Komputerisasi Akuntansi (Akreditasi A)
Manajemen Informasi (Akreditasi A)
Teknik Komputer (Akreditasi A)
Manajemen Pemasaran (Akreditasi B)
Teknik Informatika (Akreditasi A)
Teknik Telekomunikasi (Akreditasi A)
Perhotelan (Proses Akreditasi)
Sistem Multimedia (Proses Akreditasi)

Untuk mendukung kegiatan penelitian, kami juga memiliki beberapa kelompok keahlian fakultas antara lain:

Instalasi Operasi & Pemeliharaan Telekomunikasi
Sistem Interaktif
Tata Kelola TI
Sistem Akuntansi & Informasi di Perusahaan
Pemrograman & Multimedia Interaktif
Manajemen Perdagangan
Sistem Tertanam dan Jaringan

Sekolah Industri Kreatif 

Fakultas Industri Kreatif memiliki lima program studi dengan jenjang sarjana (Stratum 1/S1) yang meliputi:

Seni Rupa (Akreditasi A)
Kerajinan (Akreditasi A)
Desain Produk (Akreditasi A)
Desain Interior (Akreditasi A)
Desain Komunikasi Visual (Akreditasi A)

2.Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara , juga dikenal sebagai Universitas BINUS , adalah sebuah universitas swasta di Indonesia . Kampus utama universitas ini terletak di Alam Sutera , Tangerang Selatan . Sebagian besar kampusnya berada di wilayah Jabodetabek . Ini juga memiliki kampus di Bandung dan Malang .

Sejarah

Universitas Bina Nusantara awalnya berevolusi dari lembaga pelatihan komputer, Kursus Komputer Modern, yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangannya, Kursus Komputer Modern kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan informatika dan manajemen informatika. Tiga tahun kemudian pada tanggal 13 Juli 1984 ATK memperoleh status terdaftar dan berganti nama menjadi AMIK Jakarta. Pada tanggal 1 Juli 1985, AMIK membuka mata kuliah komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.

AMIK mendapat penghargaan akademi komputer terbaik dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Maret 1986. AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara pada 1 Juli 1986. Lembaga ini kemudian menawarkan program studi sarjana (S1) manajemen informatika dan teknik informatika.

Universitas Bina Nusantara didirikan pada tanggal 8 Agustus 1996. STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara pada tanggal 20 Desember 1998. Saat ini Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Tinggi Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Ilmu Budaya, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen Bisnis, dan Doktor Penelitian Manajemen.

Pada tanggal 23 Oktober 2014, Binus University meresmikan kampus barunya dengan mengadakan grand launching Binus University di Alam Sutera , Serpong, Tangerang Selatan . [3] Kampus baru merupakan gedung 22 lantai dan menerapkan konsep kampus hijau, gedung ramah lingkungan dengan penggunaan fasilitas hemat energi. [4] Kampus seluas 25 ribu meter persegi ini dirancang oleh arsitek Indonesia, yaitu Budiman. Kampus Alam Sutera memiliki empat mata kuliah utama. Keempatnya adalah ilmu komputer, sekolah desain, bisnis dan manajemen sekolah, dan sistem informasi.

Pada tanggal 29 April 2015, Binus dan PT. Summarecon Agung Tbk. menandatangani perjanjian pembangunan kampus baru di Summarecon Bekasi. Kampus ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 36.400 m2 di Jalan Lingkar Summarecon Kota Bekasi Bulevar. Untuk tahap awal, pada bulan Maret 2016 Binus akan membuka fasilitas pembelajaran online: BINUS UNIVERSITY LEARNING COMMUNITY (BULC) di Summarecon City Bekasi dan tahap selanjutnya kampus Binus University akan beroperasi penuh pada tahun 2018. [5] Saat ini Binus memiliki 8 kampus di Indonesia, yang kesemuanya berada di Pulau Jawa . 4 berlokasi di Jakarta, sedangkan lainnya berada di Malang , Bandung , Bekasi , dan Tangerang .

1. Fakultas Ekonomi dan Komunikasi

Akuntansi
Keuangan
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Hotel (D4)

2. Fakultas Teknik

Arsitektur
Teknik Industri
Teknik Komputer
Teknik Sipil
Food Technology

3. Fakultas Teknik Informatika

Teknik Informatika
Teknologi dan Aplikasi Bergerak (Mobile Application and Technology)
Teknologi dan Aplikasi Permainan (Game Application and Technology)
Cyber Security

4. Fakultas Desain

Desain Interior
Desain Komunikasi Visual Animasi
Desain Komunikasi Visual Media Baru
Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif

5. Fakultas Sistem Informasi

Komputerisasi Akuntansi
Sistem Informasi
Sistem Informasi Audit

6. Sekolah Bisnis dan Manajemen

Bisnis & Manajemen Internasional
Manajemen
Pemasaran Internasional

7. Fakultas Humaniora

Hubungan Internasional
Hukum Bisnis
Psikologi
Sastra Cina
Sastra Inggris
Sastra Jepang

Program kuliah ganda untuk sarjana :
Teknik Industri dan Manajemen
Sistem Informasi dan Akuntansi
Sistem Informasi dan Manajemen
Sistem Informasi dan Teknik Industri
Teknik Informatika dan Matematika

Program untuk Magister / Strata 2 :

Magister Teknik Informatika
Magister Manajemen Sistem Informasi
Magister Industrial Engineering
Magister Manajemen/Sekolah Bisnis

3.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  disingkat UMY  adalah sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang berafiliasi dengan Muhammadiyah , organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia .

UMY diakui sebagai universitas terbaik ke-4 dan menjadi universitas swasta top di Indonesia oleh 4 International Colleges and Universities (4icu) World University Rankings and Review pada tahun 2013 [1] dan diakreditasi secara internasional oleh Quacquarelli Symonds (QS) Stars pada tahun 2015.

Peningkatan kualitas SDM pengelola mendapat prioritas utama dalam pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Oleh karena itu, setiap tahun universitas mengirimkan sekitar 20 hingga 30 staf pengajar untuk studi lanjutan, magister dan doktor , di dalam dan luar negeri.

Sejarah 

Prof. Dr. Kahar Muzakkir mulai melontarkan gagasan tentang perlunya pendirian Universitas Muhammadiyah. Ketika Pimpinan Pusat Dewan Pengajaran Muhammadiyah meresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1960, secara tegas piagam pendiriannya mencantumkannya sebagai bagian dari Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah.

Pada bulan Maret 1981, melalui perjuangan keras para aktivis Muhammadiyah seperti Drs. H. Mustafa Kamal Pasha, Drs. M.Alfian Darmawam, Hoemam Zainal, SH, Brig. TNI. (Purn.) Drs. H. Bakri Shahid, Azhar KHAhmad Basir, MA, Ir.HM Dasron Hamid, M.Si., HM Daim Saleh, Prof. Dr. H. Amien Rais , MA, HMH Mawardi, Drs. H. Hasan Basri, Drs. H.Abdul Rosyad Sholeh, Zuber Kohari, Ir. H. Basit Wahid, H Tubin Sakiman. Pencarian mahasiswa yang gigih didukung oleh Ketua UMY, KH AR Fakhrudin dan Ketua Muhammadiyah Wilayah Yogyakarta H. Mukhlas Abror. Secara resmi mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berkembang hingga saat ini.

Fakultas dan sekolah 

Fakultas Pertanian 

  • Departemen Agribisnis
  • Departemen Agroteknologi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

  • Departemen Manajemen
  • Departemen Akuntansi
  • Departemen Keuangan dan Perbankan Syariah (Pengembangan Ekonomi)

Fakultas Teknik 

  • Departemen Teknik Sipil
  • Departemen Teknik Elektro
  • Departemen Teknik Mesin
  • Departemen Teknologi Informasi

Fakultas Agama Islam 

  • Departemen Komunikasi dan Konseling Islam
  • Departemen Pendidikan Islam
  • Departemen Keuangan dan Perbankan Syariah (Muamalat)

Fakultas Pendidikan Bahasa 

  • Jurusan Bahasa Arab
  • Jurusan Bahasa Inggris
  • Jurusan Bahasa Jepang

Fakultas Hukum 

  • Departemen Hukum
  • Program Internasional untuk Hukum dan Syariah

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 

  • Departemen Kedokteran
  • Departemen Kedokteran Gigi
  • Departemen Farmasi
  • Departemen Pembibitan

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 

  • Jurusan Ilmu Komunikasi
  • Departemen Hubungan Internasional
  • Sekolah Pemerintahan Jusuf Kalla

Sekolah Kejuruan 

  • Akuntansi Terapan
  • Teknik Otomotif dan Manufaktur
  • Teknik Elektromedis

Program sarjana internasional 

  • Program Internasional Hubungan Internasional (IPIREL)
  • Program Internasional untuk Ekonomi dan Keuangan Islam (IPIEF)
  • Program Internasional Studi Pemerintahan (IGOV)
  • Program Internasional untuk Hukum dan Syariah (IPOLS)
  • Program Internasional Manajemen dan Bisnis (IMaBs)
  • Program Akuntansi Internasional (IPAcc)
  • Program Internasional Ilmu Komunikasi (IPCos)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *